Cerita Apa Saja Tentang Kita

MENGENAL SOSOK DI BALIK UMMARY

  
Mengenal Ummary
www.ritakana.com


Hai Temans,

Kali ini aku berpartner dengan Annisa, seorang perempuan lembut di balik blog Ummary untuk selesaikan tugas ke dua masih di Blogspedia Coaching for Newbie by Kak Marita.

Kita akan kulik lebih dalam tentang sosok di balik Ummary, siapa dia dan bagaimana. Yuk, langsung cuss aja…

Aktivitas 


Annisa Dian Savitri nama lengkapnya. Saat ditanya tentang aktivitas hariannya, jawaban Mb Nisa membuatku kagum. Sebagai ibu rumah tangga, umminya Maryama ini lebih banyak memanfaatkan waktunya dengan bermain bersama dua balitanya. Duh, beruntung banget deh putra putrinya. Jadi inget anak-anakku, hiks…

Kenapa jawaban itu membuatku kagum, karena hari gini, ada perempuan yang dengan penuh kesadaran dan suka cita berdiam di rumah 'hanya' untuk mengurus anak-anaknya. Nggak banyak kan, yang mau dan mampu seperti ini. Makanya aku bilang beruntung banget Kakak Maryama dan Dek Hisham, dua balitanya mbak Nisa.
    
Peran Ibu bagi Anak
www.ritakana.com


Bermain, belajar, bercerita, bahkan juga memperkenalkan dan meminta anak-anak berpartisipasi melakukan pekerjaan rumah tangga yang sesuai kemampuan mereka, adalah salah satu cara perempuan yang berdomisili di Purwokerto ini mengajarkan kemandirian kepada anak-anak.
  
Kolase Bermain Bersama Anak
Bermain Bersama Anak



Jadi, meski banyak di rumah, waktu-waktunya efisien. Pemilik blog Ummary ini passion banget dengan tholabul ilmi, alias mencari ilmu. Mulai dari tahsin, parenting islami, sampai gaya hidup sehat, semua dipelajari dengan antusias.

Mbak Nisa bilang, saat ini dia sedang sangat senang mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan Islamic parenting atau dunia pengasuhan anak secara islami, home education, dan gaya hidup sehat. Dengan cara mengikuti kelas belajar online, membaca buku, bergabung dengan komunitas, serta menyimak kajian.

Selain itu, setelah belajar ilmu tahsin, atau ilmu membaguskan bacaan Al Quran, mbak Nisa juga mengajarkan kembali kepada anak-anak di perumahan, untuk mengikat ilmu itu. MasyaAllah, keren banget ya.
  
HSI Abdullah Roy
Lembaga tempat Ummary belajar


Awalnya, mbak Nisa sempat bisnis online jual buku anak, baju muslimah plus aksesoriesnya. Tapi, karena kesibukan mengasuh anak, apalagi masih ada bayi yang berusia dua bulan saat itu, jadi memutuskan untuk berhenti dulu.

Saat ditanya apa saja kegiatan paling banyak dilakukan bersama keluarga, mbak Nisa bilang dia lebih suka main bareng, mengerjakan worksheet, baca buku, ngobrol. Bener-bener ibu sejati deh.

Alasan Menulis Blog


Menulis, adalah salah satu kebiasaan lama yang ingin dikembangkan lagi oleh Mbak Nisa. Blognya sudah dibuat dari setahun lalu, namun belum digarap dengan serius. Karena awalnya menulis di blog hanya untuk mengerjakan tugas belajar saja.

Nah, hasil tulisannya ternyata disukai oleh teman-teman yang mengatakan kalau tulisan Mbak Nisa bagus dan sayang jika tidak dipublikasikan. Itulah kemudian yang memotivasi dirinya sekaligus menantang untuk terus mengembangkan kemampuan menulisnya melalui blog. 

Why Ummary


Menurutku nama Ummary itu unik. Singkat, anti mainstream alias tidak pasaran, plus mudah diingat. Nggak salah pilih nama deh Mbak Nisa.

Ummary, berasal dari kata Ummi dan Maryama. Ummi artinya ibu. Maryama adalah nama putrinya mbak Nisa yang pertama. Jadi Ummary artinya adalah ibunya Maryama. 

Dalam Bahasa Arab yang dijelaskan oleh Wikipedia, nama semacam itu disebut nama kun-yah, sebuah nama panggilan yang biasa digunakan oleh masyarakat Arab untuk panggilan kehormatan atau gelar kepada seseorang, sebagai pengganti atas nama asli orang tersebut. Bentuk nama kun-yah adalah seperti "abu" ("abi") dan "ibnu" untuk laki-laki, dan "ummu" dan "bintu" untuk perempuan, dan kemudian ditambahkan nama anak laki-laki pertamanya, atau bisa juga ditambahkan mengenai kebiasaannya.

Nah, sudah tahu kan, kenapa namanya Ummary :D. Dan harapan Mbak Nisa agar orang mudah mengingat nama blognya sepertinya bakal tercapai nih. 

Niche dan Tagline


Kalau dari yang sudah diceritakan Mbak Nisa di atas, kayaknya udah ketebak ya, bakalan ambil niche apa blog Ummary nya. Karena passionnya di ilmu kepengasuhan maka Ummary akan lebih banyak berisi tentang parenting. Ini keren aku bilang. Biasanya orang mau pilih niche itu masih bingung mau spesifik di bidang apa. Makanya kebanyakan memilih niche lifestyle yang lebih fleksibel isinya mau tentang apa saja. Dari awal membuat blog Ummi Maryama sudah mantep banget ambil tema parenting. Itu artinya, blog Ummary akan berkisah banyak tentang ilmu-ilmu kepengasuhan,

Blog akan dikhususkan membahas seputar pengasuhan anak secara islami. Tertarik untuk belajar dan berbagi lebih banyak terkait dunia parenting, khususnya yang sesuai ajaran Al Qur'an dan Sunnah, dan juga karena dalam blog Ummary sudah terisi dengan artikel-artikel berupa tugas dari grup pengasuhan, makin mantaplah Mbak Nisa dengan pilihan untuk niche spesifik ini.

Kelembutan dalam Logo, Header, dan Template


Kalau menengok ke blog Ummary, maka yang muncul bagiku adalah kesan lembut dan feminin. Logo imut seorang anak perempuan sedang berpelukan dengan ibunya pada header menggambarkan kasih sayang dan kelembutan. Lalu warna merah muda lembut, membuat tampilan blog makin manis minimalis. 
  
Header Ummary
https://ummary.blogspot.com/


Bukan cuma logo, untuk urusan template, sang pemilik blog juga lebih memilih template yang simpel dan minimalis. Pemilihan warna pastel dan pemberian aksen manis berupa daun dan bebungaan mungil bertujuan menunjukkan kelembutan dan kasih sayang orang tua pada anak. Selain itu, alasan dipilihnya warna lembut ini agar pengunjung blog bisa nyaman membaca dan terhindar dari kelelahan mata. Baik banget deh, beneran.

Menyenangkan sekali ya profil tamu kita kali ini. Aku jadi pengen ketemu langsung sama Ummary, Umminya Maryama, sosok shalihah yang tergambar lembut, keibuan, namun tetap cerdas dan antusias ini. Semoga Allah berikan rejeki bertemu kelak. Aamiin...







Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

8 komentar

  1. masyaaAllah terharu ibuu... semoga Allah mempertemukan kita suatu saat nanti amiinn

    BalasHapus
  2. Blognya Ummi Maryama hangat sekali seperti dekapan ibu. Munhkin ini berasal dari jiwanya yang sangat keibuan

    BalasHapus
  3. Loh, aku juga ikut HSI mbak masyaa Allaah

    BalasHapus
  4. BTW, blog mbak rita juga ramah di mataku terus rapi juga, selalu aja membuatku pingin berbenah rumah sendiri. hiks

    BalasHapus

Posting Komentar