Cerita Apa Saja Tentang Kita

INI LHO, CIRI LEMBAGA ZAKAT ONLINE TERPERCAYA


  
Website Sinergi Foundation

Membayar zakat melalui lembaga zakat online terpercaya menjadi kebutuhan bagi sebagian umat muslim saat ini. Hanya, ada keraguan yang kadang menjadi halangan untuk memutuskan berzakat secara online. Nggak heran kan, karena yang namanya online, nggak bisa ketemu langsung, wajar kalau ada keraguan disitu.

Teman-teman, sadar nggak sih, kalau saat Ramadhan menjelang hingga menuju akhir, salah satu yang paling banyak menjadi pembahasan adalah mengenai zakat. Bisa jadi, karena salah satu zakat ada yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim di ujung bulan Ramadhan, tepatnya hingga sebelum sholat idul fitri didirikan. Sudah bisa tebak kan, zakat apa yang dimaksud? Bener banget. Zakat fitrah namanya. 

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perkataan sia-sia dan perkataan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (Idul Fitri), berarti ini merupakan zakat yang diterima, dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat (idul fitri) berarti hal itu merupakan sedekah biasa”. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Daruquthni)

Selain itu, di bulan suci biasanya orang berlomba-lomba untuk beramal saleh, misalnya dengan memperbanyak sholat sunnah, memperbanyak tilawah, juga memperbanyak sedekah, infaq, dan zakat. Nah, kan, jadi ketemu lagi salah satu sebab kenapa di bulan Ramadhan banyak dibahas tentang zakat.

Biasanya, orang akan berduyun-duyun berdatangan ke masjid, atau menyalurkannya langsung kepada yang membutuhkan. Sayangnya, untuk Ramadhan tahun ini, kondisi masih sama dengan tahun lalu, yaitu masih ada pembatasan sosial akibat pandemi. Jadi selain karena memang dilarang untuk kumpul-kumpul, kita juga khawatir dong ya kalau mau ikut berjubelan setor zakat seperti tahun-tahun yang lalu.

Untungnya, sekarang urusan bayar-bayar zakat sudah makin canggih. Nggak cuma urusan belanja saja yang bisa online. Zakat pun sekarang bisa dibayarkan secara online. Tapi tetap waspada ya, Teman, karena tidak semua lembaga zakat online itu kredibel atau bisa dipercaya. 

Ciri Lembaga Amil Zakat yang Terpercaya


Menurut UU Zakat yakni Undang-undang no 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, yang namanya Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah lembaga yang dibentuk masyarakat yang memiliki tugas membantu pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat. Nah, pembentukannya sendiri harus berdasarkan izin dari Menteri Agama atau pejabat lain yang ditunjuk menteri agar bisa legal secara hukum.

Untuk mendapatkan ijin pun bukan sesuatu yang mudah, karena harus memenuhi beberapa syarat, antara lain :

1. Terdaftar sebagai organisasi kemasyarakatan Islam yang mengelola bidang pendidikan, dakwah, dan sosial yang harus mendapat izin dari pejabat yang berwenang. Sedangkan bagi perkumpulan orang, perseorangan tokoh umat Islam (alim ulama), atau pengurus/takmir masjid/musala di suatu komunitas atau wilayah yang belum terjangkau oleh BAZNAS dan LAZ, cukup dengan memberitahukan kegiatan pengelolaan zakat ke pejabat yang berwenang;

2.   Berbentuk lembaga berbadan hukum;

3.   Mendapat rekomendasi dari BAZNAS;

4.   Memiliki pengawas syariat, baik internal maupun eksternal;

5. Memiliki kemampuan teknis, administratif, dan keuangan untuk melaksanakan kegiatannya;

6.   Bersifat nirlaba;

7.   Memiliki program untuk mendayagunakan zakat bagi kesejahteraan umat; dan

8.   Bersedia diaudit syariat dan keuangan secara berkala.

LAZ Berijin
http://pid.baznas.go.id/pengelola-zakat/


Hmm, rumit juga ya ternyata untuk bisa mendapatkan ijin dari pihak terkait. Tapi nggak usah khawatir, karena secara nasional sudah ada beberapa LAZ yang sudah berijin resmi. Salah satunya adalah Sinergi Foundation yang berada di bawah Yayasan Semai Sinergi Umat yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat. 

Karena sudah mengantongi ijin, tentu syarat-syarat sebagai LAZ yang kredibel sudah terpenuhi dong ya. Jadi, insyaAllah Sinergi Foundation bisa menjadi salah satu lembaga zakat online terpercaya di Indonesia yang bisa jadi alternatif buat kita yang masih bingung mau menyalurkan zakat dan sedekahnya kemana. 

Keuntungannya nih kalau mau berzakat melalui Sinergi, yang pertama tentu karena praktis. Iyakan, karena semua serba online, jadi nggak usah sibuk kemana-mana, cukup transaksi melalui gawai sudah bisa tuh bayar zakat atau infak sedekahnya. Selain praktis, programnya juga variatif, mulai dari membantu ibu dhuafa melahirkan secara gratis, sampai pemberdayaan petani. Tuh, mantep kan. Dan, faktor yang paling penting, karena Sinergi sudah resmi mendapatkan ijin dari BAZNAZ, jadi nggak khawatir uang zakat kita bakal disalahgunakan, insyaAllah akan disampaikan kepada yang berhak. 


Zakat Digital Sinergi


Gimana, sudah nggak bingung lagi kan bayar zakat infak dan sedekahnya mau kemana? Kalau mau mencari lembaga zakat online terpercaya, pilih saja Sinergi Foundation, insyaAllah amanah dan berkah. Selamat berzakat ya, Teman-teman...
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

14 komentar

  1. Alhamdulillah sekarang banyak lembaga-lembaga amilin yang memfasilitasi membayar zakat, bahkan bisa on line yang mempermudah sistem pembayarannya ya

    BalasHapus
  2. Iya, sekarang badan untuk membayar zakat banyak. Bingung pilih yang mana. Ujung²nya ke mushola komplek rumah, deh. Tapi sekarang jadi jelas harus pilih badan amil zakat yang mana setelah baca artikel ini. Terima kasih Bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang risky juga sih mbak, kalau bayar zakat kr yg belum jelas kredibilitasnya, kan kita nggak tahu duitnya bakal dikemanain.

      Hapus
  3. Sekarang bayar zakat nggak usah pusing-pusing ya bu bisa online gini. Kayaknya sempat ada yang ngeluh di medsos bingung bayar zakatnya gimana deh. Mungkin kurang informasi soal bayar zakat online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, sayang banget belum dapet infonya, padahal banyak pilihannya kan, sinetgi bisa jadi salah satu alternatif pilihan, karena sudah resmi dapat ijin.

      Hapus
  4. Ini nih yang namanya teknologi yang bermanfaat. Teknologi yang memudahkan ummat. Semoga Sinergi dan lembaga zakat online lainnya bisa amanah dan istiqomah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Tentu itu yang kita harap ya mbak, amanah gedhe tu pegang uang umat kan ya. InsyaAllah lembaga yang sudah kredibel macam Sinergi akan lebih akuntabel lah ya.

      Hapus
  5. zaman semakin maju dan kebutuhan juga semakn banyak. alhamdulillah teknologi bisa memudahkan kebutuhan manusia ya termasuk umat islam saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul mbak, meski kadang pisau bermata dua juga ya kalau tidak bijak2 memanfaatkan teknologi

      Hapus
  6. Karena kemudahan teknologi, bayar zakat juga lebih praktis. Sama mudahnya dengan belanja online. Semoga lembaga pengumpul zakatnya tetap amanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, emang jadi enak buat umat muslim untuk berzakat, semoga lembaga2 yang sudah ada bisa menjaga amanahnya.

      Hapus
  7. Masya Allah ada aplikasi sinergi yang membantu masyarakat muslim untuk zakat, infaq, sedekah dan untuk menyisihkan rezeki yang diterimanya. Jadi banyak saudara kita yang membutuhkan tersalurkan bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, makin modern, makin mudah urusan kita, tp tantangan juga makin kompleks ya

      Hapus

Posting Komentar