Cerita Apa Saja Tentang Kita

INI DIA 8 REKOMENDASI MAKANAN KHAS PONTIANAK


makanan khas
gambar sotong pangkong dari pinterest Guai Shu Shu


Sebagai ibu kota dari Kalimantan Barat, Pontianak tentu menjadi salah satu daerah yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi liburan kamu. Pontianak memiliki beragam destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, dan tentunya beragam wisata kuliner lezat dan nikmat yang menjadi khas Pontianak. Beragam wisata kuliner ini tentu wajib untuk dicicipi ketika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Pontianak.

Makanan khas dari Pontianak mendapatkan pengaruh dari kombinasi budaya Indonesia lokal dan Tionghoa yang membuat kuliner khas daerah tersebut terlihat unik dan memiliki cita rasa khas tersendiri. Para wisatawan lokal hingga mancanegara tentu meramaikan tempat-tempat makan yang menyajikan kuliner khas dari Pontianak.

Sangat disayangkan jika melewatkan berbagai makanan khas tersebut jika kamu sedang berkunjung ke Pontianak. Sudahkah kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke Pontianak? Jangan lupa untuk persiapkan segala akomodasi perjalanan kamu ke Pontianak menggunakan aplikasi Traveloka. Traveloka membantu kamu untuk memesan tiket pesawat dari berbagai maskapai, salah satunya adalah Pelita Air. Selain itu, Traveloka juga membantu kamu untuk mempersiapkan keperluan lainnya seperti memesan tiket kereta, tiket bus, reservasi hotel, sewa mobil, dan masih banyak lagi.

Macam Makanan Khas Pontianak Yang Direkomendasikan


Berikut ini adalah 8 rekomendasi makanan khas Pontianak yang populer dan wajib dicoba. Simak ulasan selengkapnya!

Sotong Pangkong

  
sotong pangkong pontianak
Sotong Pangkong (source pinterest Guai Shu Shu)


Berbahan dasar sotong, Sotong Pangkong ini merupakan salah satu kuliner khas Pontianak yang populer. Biasanya Sotong Pangkong ini disajikan bersama sambal kacang. Sebelum diolah menjadi hidangan, sotong dibersihkan dan dipanggang terlebih dahulu. Setelah itu, daging sotong dipipihkan menggunakan palu. Setelah menjadi pipih, sotong disuwir-suwir dan sudah siap untuk disajikan.

Bubur Pedas

  
bubur pedas
Bubur Pedas Pontianak (source pinterest Femina)

Bubur Pedas ini merupakan salah satu kuliner khas Pontianak yang kaya akan bumbu dan rempah. Bubur Pedas ini banyak sekali digemari oleh masyarakat Pontianak dan sekitarnya. Saking populernya, tentunya kamu wajib untuk mencobanya ketika sedang berada di Pontianak.

Biasanya, Bubur Pedas ini bisa disantap ketika sarapan. Dilengkapi dengan taburan kacang goreng dan teri goreng akan menambah kelezatan pada Bubur Pedas khas Pontianak ini.

Pengkang


Pengkang merupakan makanan khas Pontianak yang mengolah beras ketan. Beras ketan tersebut dibungkus dengan daun pisang bersama ebi. Selanjutnya melewati proses pembakaran terlebih dahulu.

Setelah matang dan siap disajikan, biasanya Pengkang ini dinikmati bersama sambal kerang sebagai pelengkap. Aromanya yang khas dan cita rasanya yang lezat membuat kamu akan merasa ketagihan ketika mencicipi kuliner khas Pontianak yang satu ini.

Choi Pan

  
choi pan
Choi Pan (Source : Pinterest Julia Spinx Lim


Sekilas terlihat seperti pangsit, makanan khas dari Pontianak yang satu ini disebut sebagai Choi Pan. Choi Pan terbuat dari tepung beras dan tepung maizena sehingga teksturnya terasa kenyal. Untuk isiannya juga sangatlah beragam dan bervariasi.

Biasanya isiannya diisi dengan rebung, bengkuang, kacang, talas, dan lain-lain. Choi Pan bisa disajikan dalam dua jenis hidangan, bisa dengan digoreng dan dikukus. Choi Pan akan lebih nikmat jika dihidangkan dengan minyak bawang putih. Penasaran ingin mencoba kuliner khas Pontianak yang satu ini?

Kue Bingka


Setelah mencicipi berbagai kudapan khas Pontianak yang memiliki rasa gurih dan manis, kini kamu coba kuliner yang rasanya manis. Kue Bingka merupakan kuliner khas Pontianak yang terbuat dari adonan tepung beras dan telur.

Kue Bingka ini memiliki bentuk yang sangat unik, yaitu bentuknya seperti bunga. Kue Bingka ini disajikan dalam dua pilihan, yaitu kue bingka original tanpa kuah dan kue bingka dengan kuah. Kuah untuk Kue Bingka disini terbuat dari gula aren yang dicampur dengan putih telur.

Es Krim Petrus


Kuliner khas Pontianak yang satu ini menyajikan es krim homemade yang populer di kalangan masyarakat Pontianak dan sekitarnya. Es Krim Petrus ini sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup ataupun sekedar camilan.

Ada beberapa varian rasa dari es krim ini, seperti rasa vanilla, cokelat, dan nangka. Es Krim Petrus ini juga disajikan dengan berbagai topping, seperti kacang merah, cincau, cokelat cair, agar-agar dan masih banyak lagi. Es Krim Petrus disajikan dengan cara yang sangat unik, yaitu disajikan menggunakan batok kelapa. Namun, kamu juga bisa meminta disajikan menggunakan gelas atau roti.

Che Hun Tiau

  
che hun tiau
che hun tiau (source : idntimes)

Satu lagi kuliner khas Pontianak yang menyajikan hidangan yang manis dan segar. Sangat cocok untuk dicoba sebagai makanan penutup ataupun camilan. Che Hun Tiau aslinya merupakan kuliner khas Pontianak dengan kombinasi kuliner Tionghoa. Sekilas kamu akan melihatnya seperti es cendol.

Che Hun Tiau ini mencampurkan berbagai komponen seperti cincau, ketan hitam, kacang merah, bongko, kuah santan dan gula merah.

Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng memang kuliner yang mudah untuk dibuat. Namun, di Pontianak ada kuliner yang menyajikan pisang goreng yang beda dari biasanya. Pisang Goreng di Pontianak ini menggunakan pisang nipah yang hanya bisa ditemukan di Pontianak.

Selain itu, pisang goreng ini disajikan dengan topping selai srikaya yang manis dan lezat. Jadilah kuliner khas Pontianak yang disebut sebagai Pisang Goreng Srikaya.

Demikian rekomendasi makanan khas Pontianak yang populer dan tentunya wajib untuk kamu coba ketika sedang berkunjung ke Pontianak. Segera rencanakan perjalanan kamu ke Pontianak dan pesan tiket pesawat melalui aplikasi Traveloka. Dapatkan berbagai promo menarik dari Traveloka untuk kamu.



Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

Posting Komentar