Cerita Apa Saja Tentang Kita

TIPS AGAR BAYI WANGI SEPANJANG HARI



Tips Agar Bayi Wangi


Teman, kali ini aku mau sharing tentang tips agar bayi wangi sepanjang hari. Pada dasarnya, bayi itu kan memang sudah bawaan dari sananya beraroma wangi lembut ya, bener nggak. Konon, aroma asli bayi yang muncul itulah yang membantu seorang ibu, atau siapapun, yang berada di dekat bayi menjadi merasa nyaman dan memunculkan rasa sayang. Ada teori yang mengatakan bahwa wangi bayi itu muncul dari kelenjar keringat bayi, sebagaimana dilansir oleh Women’s Health pada Jumat 24/4/2015. 

Aroma asli bayi yang muncul itulah yang membantu seorang ibu, atau siapapun, yang berada di dekat bayi menjadi merasa nyaman dan memunculkan rasa sayang

Sayangnya, wangi alami ini tidak bisa bertahan lama, seiring dengan variasi makanan yang diasup oleh bayi. Apalagi, kalau ditambah dengan perawatan bayi yang kurang pas, bayi yang seharusnya wangi menggemaskan, bisa mengeluarkan aroma amis, apek, atau aroma kurang menyenangkan lainnya. 

Sebagai seorang ibu dari 5 anak yang semuanya pernah bayi ( ya iyalah, mosok lahir langsung gede, serem dong, wkwk..), perkara merawat bayi kayak gini jadi satu challenge tersendiri buat aku. Apalagi hidungku termasuk yang cukup sensitif sama yang namanya bau-bauan. Paling nggak suka kalau bayiku bau pesing, kecut, apalagi sampai amis. Duh, jangan sampai deh.

Tips Agar Bayi Wangi Sepanjang Hari


Biasanya ini beberapa hal yang aku lakukan agar bayiku tetap wangi:
Pertama, rajin membersihkan badan bayi. Apakah itu dengan mandi, atau cukup diseka dengan lap basah. Untuk yang rutin setiap pagi sore, bayi dimandikan. Tapi ada kalanya bayi muntah (gumoh, bahasa Jawanya), sampai membasahi badannya. Maka perlu segera dibersihkan dengan cara diseka. Bisa pakai lap ataupun tisu basah. Selain agar sisa muntahannya tidak bau amis, juga menghindari iritasi kulit, utamanya bagian leher.

Kedua, jangan malas mengganti baju. Setelah mandi atau dilap badannya, tentu sebaiknya bayi diganti bajunya. Karena dari baju juga bisa menjadi sumber bau, juga kulit bayi yang sensitif akan mudah ruam jika baju yang dikenakan kurang bersih.

Ketiga, sering-sering mengganti popok. Salah satu penyebab bayi bau adalah dari popoknya. Apalagi kalau yang digunakan adalah popok kain, karena baunya lebih menyengat dibandingkan dengan popok sekali pakai. Idealnya setiap kali pipis atau basah langsung diganti. Jangan lupa dibersihkan juga bekas ompol yang menempel di kulit, jadi hilang sumber baunya. Lain halnya dengan popok sekali pakai, karena biasanya cairan terserap dan berubah jadi gel, maka bau agak berkurang, jadi bisa untuk beberapa kali pipis. Apapun pilihannya, yang penting sering-sering cek saja, segera ganti saat memang sudah waktunya ganti.

Keempat, jangan lupa oleskan minyak telon setiap selesai membersihkan badan bayi. Minyak selain menghangatkan juga memberi aroma khas bayi yang segar.

Kelima, sebagai sentuhan akhir, usapkan bedak bayi di bagian muka dan lipatan tubuh bayi. Untuk bedak ini, dari dulu aku paling suka pakai bedaknya Cusson’s Baby. Karena wanginya lembut segar. Selain itu, bedaknya tidak mudah menggumpal dan lembut teksturnya. Kan kesel kalau mau pakai bedak tapi sudah menggumpal, jadi nggak bisa rata diusapinnya. Juga, dari sisi harga bersahabat sama dompet emak. Penting banget kan ya urusan harga ini, hehe..

Nah, Teman-teman sudah tahu belum, kalau baru-baru ini Cusson ngeluarin bedak dengan tiga wewangian baru yaitu Sakura, Vanilla dan Mixed Berry. Produk baru ini diformulasikan dengan inovasi Moodscent™, yang merupakan produk berkualitas untuk membantu mendukung kenyamanan dan kesegaran pada bayi, lho. 



Cussons Baby Powder
Cussons Baby Indonesia


Aroma MoodScent™ Sakura menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta. Ada juga aroma MoodScent™ Vanilla menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman. Sedangkan aroma Mixed Berry menghadirkan MoodScent™ JOY, yang membantu bayi lebih ceria. Wah, pas banget ini sama kebutuhan bayi. 

Lebih lanjut, ibu Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids dalam press release nya  menyatakan, “Dengan misi dan komitmen yang kuat untuk membantu mendampingi Ibu dan si kecil dengan sepenuh hati, Cussons hadir dengan produk inovatif terkini yang menawarkan bedak bayi berkualitas tinggi. Apabila dipadukan dengan sentuhan lembut dalam pengaplikasiannya, Cussons Baby Powder baru terbukti bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati bayi sekaligus memberikan rasa tenang bagi orang tua. Kami menyebutnya sentuhan khas ala Cussons.”

Kalau bayinya wangi, pastinya akan lebih nyaman buat dicium-cium dan disentuh, ya kan. Jangan lupa, Teman, kalau sentuhan itu penting banget buat pertumbuhan bayi. Menurut penelitian, sentuhan lembut pada bayi akan menjadikan syaraf-syaraf di seluruh tubuh bayi berfungsi lebih optimal. Selain itu, bayi yang lebih sering diusap kepalanya dipercaya akan lebih pandai secara emosional, kognitif, bahasa, dan kemampuan sosialnya. Berikut ini beberapa fakta tentang sentuhan pada bayi yang penting banget buat kita tahu :

       Penelitian membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang

       Neurofibre banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan juga area perut

       Secara jangka panjang, efek sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih mengendalikan stress di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya 


bagian tubuh bayi yang banyak terdapat neuro fibre dan membutuhkan lebih banyak sentuhan


Bahkan nih ya, seorang profesor bernama Francis McGlone, pakar Neuroscience terkemuka yang sudah bekerjasama dengan para ahli dari tim riset Cussons, mengatakan bahwa sentuhan yang lembut dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orang tuanya.


Sentuhan itu penting banget buat pertumbuhan bayi

Luar biasa ya, usapan seorang ibu, yang sudah pasti dibarengi dengan luapan kasih sayang, ternyata punya efek yang sangat signifikan buat pertumbuhan bayi. Kata Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, seorang dokter pediatri, pijatan lembut pada bayi akan meningkatkan rasa keamanan, kenyamanan, serta bonding orangtua dan anak, lho. Apalagi jika ditambah dengan penggunaan produk yang terbukti aman dan nyaman. Yuk, kita peluk-peluk dan sering-sering menyentuh si adek bayi. Jangan lupa, usapin Cussons Baby Powdernya, biar makin wangiii...
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

18 komentar

  1. Terima kasih sudah berbagi Kak :)

    BalasHapus
  2. Wah samaan bu Rita. Anak saya juga biasa pake Cusson baby powder

    BalasHapus
  3. Anak kedua saya juga dulu pakai cussons. Malah saya juga suka pakai cussons buat bedak wajah kalau habis mandi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat bedakan emang enak sih, halus di muka, aman seger juga wanginya

      Hapus
  4. Wangi bayi emang menyenangkan ya Bu. Aku juga suka nih pakai beda bayi walaupun sekarang jarang pakai kerena di rumah aja. Kapan-kapan deh aku coba cussons varian barunya :D

    BalasHapus
  5. Wajah dedek nya ngegemesyin bund hehe, tips2 nya sederhana tapi penting ya bund

    BalasHapus
  6. Dari dulu langganan banget sama si Cusson ini, wanginya enak bangettt..

    BalasHapus
  7. Cussons ini produk udah lama banget yaa.. masih bertahan sampai sekarang. Dulu adikku pakai ini, pas punya anak juga pakai ini juga... wanginya macam2 pula.. jadi bisa ganti-ganti hehe.

    BalasHapus
  8. noted. perispaan buat nanti kalau punya anak mbak :)

    BalasHapus
  9. aku paling suka pake minyak telon agar wangi dan badan lebih hangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak telon bikin bayi makin sedap ya, kalau aku suka banget yang ada tambahan anti nyamuknya.

      Hapus

Posting Komentar