About Me

Assalamu'alaikum Teman-teman, terimakasih sudah mampir di blogku. Alhamdulillah, setelah lama pengen punya blog, akhirnya kesampaian. Seneng banget. Kita kenalan dulu yuk.

Aku dan Keluarga

      
Keluargaku Kebanggaanku
Keluarga yang bercita-cita masuk surga Firdaus


Namaku Rita Rhoy Kana. Hayo, siapa yang kepo pengen tahu artinya :D. Iya, dari dulu sering orang penasaran dengan namaku, ada yang mengira aku keturunan India, haha..

Aku asli Jawa, Temans. Tepatnya dari dusun kecil di Kabupaten Magelang, dusun yang sejuk dan damai, sebelum akhirnya diserbu oleh industri. Lahir di tahun 1979, saat ini aku sudah dikaruniai 2 putri dan 3 putra, alhamdulillah.

Aku lulus dari SMUN 1 Magelang tahun 1997, dan melanjutkan kuliah di Universitas Diponegoro Semarang Fakultas Sastra jurusan Sastra Inggris. Satu hari menjelang wisuda, atas ijin Allah aku lepas masa lajangku. Jadilah wisuda bukan ditemani orangtua, tapi ditemani suami yang baru sehari jd suami.

Kami berdua, aku dan suami, sama-sama dari UNDIP. Karena suamiku lulus langsung mengabdi di DPRD Kota Semarang, maka sampai hari ini kami masih setia tinggal di Semarang.

Aku dan Aktivitasku

    
Masjidil Aqsa
Mengunjungi Masjidil Aqsa


Menjalani kehidupan sebagai aktivis sosial dan politik sudah sejak kuliah, dan kemudian ditakdirkan mendampingi seorang wakil rakyat, maka aktivitaskupun jadi makin padat.

Pernah menjadi pengurus di KAMMI Daerah Semarang, KMMS Fak Sastra, juga berkolaborasi dengan beberapa teman menginisiasi sebuah LSM bernama Bunda dan Buah Hati yang masih eksis hingga hari ini. Saat ini masih menyelesaikan amanah di DPD PKS Kota Semarang sebagai Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga hingga akhir 2020 nanti. 

    
ALISA ICMI JATENG
ALISA ICMI JATENG

    
Sharing On Air Radio
Sharing On Air Radio Elshinta




Selain itu aku bergabung menjadi pengurus di beberapa organisasi pengusaha, antara lain di ALISA KHADIJAH ICMI Jateng, GENPRO chapter Semarang, dan mengelola Paguyuban Usaha Kuliner Semarang (PUKS) serta bergabung juga dengan Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI). Dan di sela-sela itu semua aku masih aktif membina beberapa kelompok pengajian remaja dan ibu-ibu.

Aku dan Bisnis


Darah bisnis sudah mengalir sejak aku masih TK. Sudah bawa dagangan ke sekolah, titip ke guru. Begitu terus sampai SMA, dan saat kuliah. Mengawali serius bisnis dengan jualan jilbab dan baju muslim Khadeeja Collection, perjalanan bisnisku masih panjang hingga saat ini. Selain mengelola sebuah kantor cabang biro haji umroh, aku juga membuka usaha repacking nasi India instan, seperti nasi kabuli, briyani, mandhi, dan kabsah dengan brand Madeena Food. 


Logo Hasanah Tour



Tidak lama setelah itu aku membuat toko online Beli Tekno yang menyediakan kebutuhan rumah dan perkantoran. Dan yang masih dalam persiapan aku bantu suami membuka bisnis angkringan sebagai bisnis penyelamat akibat pandemi yang menghentikan seluruh perjalanan haji dan umroh. Doakan ya, Temans.

Aku dan Blog


Waktu diminta bikin rencana blog yang aku mau itu yang kayak gimana, rasanya sudah excited banget.
Kemarin masih bingung, mau aku kasih nama apa ya blogku. Karena belum ngerti bedanya domain sama judul blog jadi iseng wae lah buka niagahoster, ngecek availabilities nya. Aku ada dua pilihan domain, ritarhoy.com yang jelas available banget, satunya lagi ceritarita.com, yang kebetulan juga masih available.

Tapi lalu aku pilih ritakana.com buat jadi domain. Terus Cerita Rita jadi nama blogku. Nah, karena untuk memenuhi syarat agar ramah SEO, judul blog aku tambahin jadi Cerita Rita : tempat cerita apa saja tentang kita. Meta deskripsinya : Seribu satu cerita tentang keluarga, pengasuhan, keislaman, perdapuran, dan perjalanan. Hihi, agak-agak malu juga sih, jangan-jangan kebaca alay-alay. Ah, tapi biarin aja lah, orang baru belajar juga. Besok-besok dibaca lagi terasa alaynya gak papa, buat tanda perjalanan belajarku.

Kenapa aku pilih ritakana.com, karena aku mau orang yang baca langsung ngerti kalo itu tulisanku. Terus kenapa Cerit aRita, ya karena nantinya isi blogku akan banyak berisi tentang cerita-ceritaku. Tambahan judulnya menguatkan akan berisi apa besok blogku ini. Gado-gado lah. Namanya juga cerita. Kadang cerita tentang kerjaan, tentang rumah, tentang kerjaan yang gak habis-habis, anything I want to.

Sepertinya pilihan niche lifestyle akan aku ambil di awal blogging ini. Sebab utamanya karena aku belum firmed banget mau punya kekhususan di bidang apa. Jadi sepertinya akan lebih oke buat aku untuk ambil lifestyle sebagai niche-ku. Kelak, jika sudah berkembang,( insya Allah, doain ya, Teman-teman) mungkin aku akan buat blog lagi yang punya kekhususan.

Blog yang akan aku buat ini, jadi bagian penting catatan perjalanan kehidupanku.

Kira-kira, dengan apa yang aku mau seperti itu, logo apa yang tepat untuk mewakili ya? Sempat bingung juga. Terus aku buat logo simpel saja mewakili personaliti pemiliknya, coretan biru dengan inisal namaku, RRK.

Untuk header, belum dapet yang pas sesuai keinginan, jadi mungkin akan aku ganti.

  




What about Labels?

Seperti untaian warna, merah, kuning, hijau, biru, bahkan hitam, hitam kelam, yang ketika sendirian nampak gelap, perih. Namun ketika sudah diracik dalam satu bingkai episode hidup, nampak begitu harmoni, indah. Seperti itu kehidupan bagiku dengan penggalan-penggalan kisahnya. Rasanya terlalu sayang, kalau sesuatu yang indah ini berlalu begitu saja tanpa prasasti. Jadi, aku ingin membingkai kesemuanya itu ke dalam beberapa label atau kategori seperti ini :

  1. Rumah, akan berisi tentang pernak-pernik rumah tangga. Parenting alias pengasuhan masuk sini juga. Cerita sehari-hari gitu.
  2. Ruang Tamu, berisi profil-profil tertentu
  3. Pawon, isinya resep-resep masakan. Sharing tentang perdapuran.
  4. Jalan-Jalan, nantinya akan bercerita tentang travelling. Pengalamannya, review akomodasinya, review makanannya. All about travelling.
  5. Ruang Belajar, isinya materi-materi kajian yang sudah pernah didapat ataupun yang akan disampaikan. Seringnya membuat materi kajian, menulis cepat, tapi tidak ada dokumentasinya. 

Terbayang blogku pakai template yang sesimpel mungkin, kayak aku yang nggak suka ribet. Warna yang akan aku pakai :

  • Dominan putih, untuk background tulisan. Putih, ini warna yang aman, netral, bersahabat sama mata yang membacanya, karena tulisan akan nampak jelas.
  • Merah muda. Merah muda itu warna yang hangat, lembut, tanpa kehilangan cerianya.
  • Hitam. Untuk tulisannya hitam, kontras dengan dinding putih, agar mudah dibaca. Ada tulisan latin yang cantik di judul dan headernya. Untuk font tulisan blognya pilih yang simpel juga. Tapi belum tahu yang mana, kebayangnya yang comic sans, tapi cocok apa tidak, nanti deh dipilih-pilih.

Jadi, kalau orang mau ngerumpi, cerita, ngobrol, itu butuh tempat yang cozy, nyaman, hangat. Aku mau blogku nyaman, buat aku sendiri, juga buat yang membaca. Nyaman, tapi tetap rapi dan indah.

Bagaimana menurutmu Temans? Kalau ada saran dan masukan boleh lho. Selamat Membaca :))






6 komentar

  1. Aku juniormu di UNDIP mba, perlu sungkem dulu gak mba sama senior?
    Mba aku tungguin arti namamu lho, kok gak ada sampai selesai si :(

    BalasHapus
  2. Haloo ibuu... MasyaaAllah kayanya tulisanku masih kurang lengkap, ibu aktif juga berorganisasi, aktivis, pengurus LSM... Ini belum termasuk nih, sungguh kerennya bu rita ini ❤️

    BalasHapus
  3. yeeay..udah dikomenin sama partner nih..smg lulus kita ya

    BalasHapus
  4. Wah menarik profil ibu . Hehe labelnya juga bagus dan berbeda dari biasanya

    BalasHapus

Posting Komentar