Cerita Apa Saja Tentang Kita

Ini Dia Cara Membuat Paspor Umroh


     
cara membuat paspor umroh


Cara membuat paspor umroh adalah salah satu yang paling banyak ditanyakan oleh calon jamaah umroh. Hal itu bisa dimaklumi, Teman, karena memang sebagian besar calon jamaah ini belum pernah pergi keluar negeri. Bahkan, banyak juga lho yang masih belum tahu apa bedanya paspor dengan visa.

Perbedaan Paspor Dengan Visa

  
perbedaan paspor dan visa


Nggak heran, karena memang banyak istilah yang baru untuk perjalanan keluar negeri. So, buat yang belum tahu, cuss cek tulisan di bawah ini ya.

Paspor adalah pertanda identitas sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Bentuknya berupa sebuah buku ukuran saku dengan sampul hijau dengan logo timbul dari kantor imigrasi. Paspor ini digunakan sebagai tanda pengenal semacam KTP kalau di dalam negeri, untuk di luar negeri kita gunakan paspor.

Sedangkan visa adalah izin memasuki negara lain atau tinggal sementara di negara lain yang berwujud cap dan paraf. Kalau paspor itu buku saku pengenal, visa adalah bukti seseorang diizinkan masuk ke suatu negara yang akan di stempel di paspornya.

Paspor Umroh dan Paspor Wisata


Sebenarnya secara fisik tidak ada perbedaan antara paspor umroh dan paspor wisata. Jadi bisa saja untuk berangkat umroh menggunakan paspor wisata atau sebaliknya. Hanya untuk paspor yang akan digunakan untuk haji dan umroh harus menggunakan minimal 2 suku kata dan maksimal 4 suku kata.

Sedangkan untuk paspor wisata tidak ada syarat khusus untuk jumlah suku kata. Nah buat kamu yang saat ini baru akan membuat paspor untuk umroh, pastikan minimal ada dua suku kata di paspor.

Syarat Mengurus Paspor


Syarat Umum


1. Permohonan Paspor biasa bisa diajukan oleh warga negara Indonesia (WNI) baik di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah negara Indonesia.

2. Paspor biasa ada dua macam yaitu Paspor biasa elektronik (e-paspor) serta Paspor biasa non elektronik.

3. Paspor biasa diterbitkan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.

4. Permohonan Paspor biasa bisa diajukan secara manual maupun elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.

Dokumen yang Diperlukan


1. Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku atau bisa juga surat keterangan pindah ke luar negeri;

2. Kartu keluarga (KK);

3. Akta kelahiran, akta perkawinan / buku nikah, ijazah, atau surat baptis; (dalam dokumen harus ada tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua. Jika tidak ada atau tidak tercantum, maka pemohon dapat menambahkan lampiran surat keterangan dari instansi yang berwenang);

4. Surat pewarganegaraan Indonesia untuk Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan. Atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan;

5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang sudah mengganti nama; dan

6. Paspor biasa lama bagi yang sudah memiliki Paspor biasa.

7. Surat rekomendasi Kepala Kantor Kementerian Agama di Kabupaten/ Kota setempat. Surat rekomendasi ini jika untuk mengurus paspor umroh, jamaah juga harus membawa surat keterangan dari biro travel yang akan memberangkatkannya.

Nah, itulah beberapa persyaratan untuk membuat paspor. Sekarang aku mau sharing bagaimana cara membuat paspor umroh, yuk cek.

Cara Membuat Paspor Umroh

  
paspor umroh

Secara Online

Untuk membuat paspor umroh ada dua cara yaitu secara online maupun manual. Untuk pembuatan online maka cukup mengunduh aplikasi paspor online di appStore atau Google Play.

Secara Manual

Sedangkan cara membuat paspor umroh secara manual adalah sebagai berikut :

1. Pemohon mengisi aplikasi data yang sudah disediakan di loket permohonan, jangan lupa untuk melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan seperti yang sudah aku tulis di atas ya, Teman.;

2. Pejabat Imigrasi yang ditunjuk akan memeriksa dokumen kelengkapan persyaratan yang sudah kamu serahkan;

3. setelah kelengkapan persyaratannya telah dinyatakan lengkap, Pejabat Imigrasi yang ditunjuk akan memberikan tanda terima permohonan serta kode pembayaran;

4. Kalau misalnya dokumen kelengkapan persyaratan dinyatakan belum lengkap, maka Pejabat Imigrasi yang ditunjuk akan mengembalikan dokumen permohonan dan permohonan dianggap ditarik kembali. Jadi, kudu hati-hati ya Teman untuk urusan dokumen ini. Jangan sampai proses harus diulang dari awal hanya karena dokumen kamu kurang lengkap.

Mekanisme Pengesahan


Jadi ringkasnya urutan cara membuat paspor umroh maupun umum adalah seperti ini :

a. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan persyaratan;

b. Pembayaran biaya paspor;

c. Pengambilan foto dan sidik jari;

d. Wawancara;

e. Verifikasi; dan

f. Ajudikasi.

Biasanya proses pembuatan sampai jadi paspornya adalah 3 hari, namun bisa juga pada kondisi tertentu membutuhkan waktu yang lebih panjang. Kalau misalnya mendesak butuh cepat jadi, kamu bisa minta layanan percepatan dengan biaya khusus sehingga paspor bisa jadi pada hari yang sama.

Biaya Pembuatan Paspor


1. Paspor biasa 48 halaman Rp350.000

2. Paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000

3. Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).

Alternatif Cara Membuat Paspor Umroh


Jika kamu ingin membuat paspor dengan cara yang lebih praktis, kamu bisa meminta bantuan dari biro travel pilihan kamu yang akan memberangkatkan umroh. Biasanya ada tambahan biaya untuk jasa pengurusannya. Enaknya, kamu hanya perlu menyerahkan dokumen dan membayar, lalu pihak biro akan mengabarkan kapan kamu harus hadir ke kantor imigrasi untuk foto.

Tapi kalau kamu ingin menambah pengalaman dan ingin mempraktekkan sendiri cara membuat paspor umroh, kamu tinggal ikuti cara-cara di atas. Repot sedikit, tapi secara biaya akan lebih hemat, dan yang pasti kamu akan mendapatkan pengalaman baru kan.

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

34 komentar

  1. Semoga bisa melaksanakan haji atau umroh suatu saat nanti. Aamiin. Jadi kalau mau naik haji dan umroh kan nanti bisa praktek bikin paspor dan visa, ya, bu

    BalasHapus
  2. Kalau paspor harus diperpanjang gak ya semisal udah mau habis masa berlakunya? Padahal nggak pergi kemana-mana.

    BalasHapus
  3. Aku bikin paspos biasa yang 24 halaman Bu, murah cuma 150 ribu aja...Tapi aku dengar sih atao baca ya, aku lupa, kalau mau umrah ga bisa yang 24 halaman ini. Mungkin ini maksudnya paspor lama itu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau yg 24 hal biasanya dimiliki para TKI, atau yg jarang melakukan perjalanan keluar negeri.

      Hapus
  4. Belum pernah nyoba sendiri bu, selama ini masih diuruskan. Prosesnya lumayan ya .. Next bisa nyoba mandiri ..

    BalasHapus
  5. Sekarang boleh 2 suku kata ya bu? Aku baru tau nih, soalnya dulu pernah bikin harus 3 suku kata gitu jadi tambah pakai nama bapak.

    BalasHapus
  6. Wah kebetulan sekali, paspor si bungsu bulan depan sudah habis masa berlakunya. Dari dulu istri saya selalu urus sendiri hal-hal begini, gak pernah pake calo. Asal semua prosedur dijalani dan ditaati, gak sulit kok... Biayanya murah lagi. Makasi yam Mbak Rita, sudah dingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, mudah dan murah. Menggunakan jasa hanya jika memang sedang riweuh gitu.

      Hapus
  7. Kalau baca dari urutannya sihh nggak ribet yaa, heheheh
    Asal dijalankan sesuai prosedur semuanya insya Allah akan dimudahkan yaaa..

    BalasHapus
  8. Bismillah, Insyaa Allah semoga saya bisa umroh 🤗

    BalasHapus
  9. Paspor adalah kartu identitas kita sebagai warga dunia, semoga yang belum punya paspor segera buat dan termotivasi untuk belajar dari dunia luar

    BalasHapus
  10. Bismillah yaa, semoga dimudahkan bisa umroh ke tanah suci. Ternyata ngurusnya passpor umroh ini sbnernya ngga ribet2 banget ya mbaa

    BalasHapus
  11. Dulu sempat ada info bahwa untuk paspor umroh harus minimal 3 kata ya Mbak, tapi terakhir saya perpanjang passport, ternyata sudah berubah lagi aturannya. Hanya 2 kata pun cukup sekarang. Mudah-mudahan ada kesempatan untuk saya umroh ke depannya.. aamiin..

    BalasHapus
  12. Kalau yg namanya panjang nnti bagaimana buat paspornya? Namanya dihilangkan atau bagaimana? Beda sama kartu identitas lainnya?

    BalasHapus
  13. Tidak susah-susah amat ya membuat paspor umroh namun tetap harus mencari tahu bagaimana caranya supaya tidak belibet. Bisa cepat selesai.

    BalasHapus
  14. masyaa Allah aku jadi keinget pas bikin paspor buat umroh, dan sekarang udah mau abis masa berlakunya hihi mudah2an bisa kembali ke sana

    BalasHapus
  15. Terimakasih infonya. Semoga ada kesempatan untuk mengaplikasikannya

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah sekarang udah rame lagi mba, udah bisa umroh. Ngurus paspornya pun mudah ya bisa online. Semoga dimudahkan segera ke tanah suci kita semua.

    BalasHapus
  17. Kebanyakan travel penyelenggara haji dan umroh sudah menyediakan layanan pembuatan paspor, jadi kita enggak repot. Tapi kayaknya ngurus sendiri juga enggak sulit apalagi bisa online

    BalasHapus
  18. Secara umum nggak jauh beda sama dulu pas aku ngurus paspor saat mau research ke luar negeri. Cuma kalo tak baca lagi ada beberapa syarat tambahan sih yang sedikit berbeda ya. Makasih infonya semoga bisa cepat umroh. Aamiin

    BalasHapus
  19. Bismillah semoga ada rezeki untuk berangkat umroh jadi bisa mempraktikkan cara2 yang bikin paspor umroh yang tertulis di sini 😊

    BalasHapus
  20. bismillahi, semoga suatu waktu bisa umroh bareng bareng sekeluarga huhuhu

    BalasHapus
  21. Wah informasi yang berguna, bisa diteruskan ke saudara dan teman yang hendak merencanakan umroh.

    BalasHapus
  22. Baca artikelnya sambil shalawat, semoga ada rezekiNya biar bisa kunjung ke sana.
    Sekarang jadi dipermudah ya dan praktis

    BalasHapus
  23. Dulu saat membantu ibu membuat paspor untuk umroh, prosedurnya juga gitu mba. Tapi saat itu dibantu sama pihak travelnya sih, jadi ibu tinggal datang untuk wawancara dan foto aja.

    BalasHapus
  24. Kak trims banget informasinya bermanfaat banget buat Saya nih kalau mau membuat paspor buat umroh

    BalasHapus
  25. Karena belum pernah pny paspor, jadi baru tahu saya kalau umroh bisa pakai paspor wisata

    BalasHapus
  26. Saya baru tahu kalau paspor untuk haji dan unroh beda dg paspor lainnya. Ilmu baru bagi saya yang belum pernah keluar negeri

    BalasHapus
  27. Bismillahirrahmanirrahim, semoga suatu saat berkesempatan mengunjungi Ka'bah, aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar