Cerita Apa Saja Tentang Kita

HARAPANKU DI HARI BLOGGER NASIONAL

Ada yang tahu tanggal 27 Oktober hari apa? Hari Selasa? Eh, bukan itu maksudnya. Ternyata setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional, lho. Baru tahu ya? Samaaa. Aku juga baru tahu :D
Nah, karena penasaran, aku browsing deh. Jujurnya sih gegara dapet tugasdari Coach keren Maritaningtyas buat bikin tulisan tentang Hari Blogger Nasional, wkwkwk…

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL, TEMAN!



     
sejarah-blogger-nasional
source laborratorium.com




Sejarah Hari Blogger Nasional


Pertama kali Hari Blogger Nasional (HBN) dilaunching oleh Bapak Muhammad Nuh, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi RI, pada tanggal 27 Oktober 2007 di acara Pesta Blogger.

Dalam perkembangannya, pesta blogger berubah menjadi event On Off Indonesia, tepatnya empat tahun setelah pencanangan oleh pak menteri, yakni di tahun 2011. Dan kabarnya, event ini masih dirayakan oleh para blogger hingga saat ini sebagai Hari Blogger Nasional.

Jika sebelumnya acara event hanya buat ajang kumpul-kumpul, maka di event tahun 2011 itu mulai digagas ajang ngumpul yang berwawasan bisnis juga. Yaitu, memaksimalkan nge blog, yang tadinya sebatas menulis curahan hati dan pikiran, menjadi sesuatu yang lebih bernilai secara ekonomi. Wah, asyik juga ya, Teman.

Jadi, kalau dulu banget, blog itu cuma buat nulis curhat-curhat gitu, macem diary, selanjutnya digarap lebih serius lagi sebagai media promosi alias endorser, media informasi, dan lain-lain. Sehingga, ada manfaat finansial yang bisa didapatkan si pemilik blog alias si blogger.

Bocorannya nih, bisa dapet ratusan ribu sampai jutaan lho per postingannya. Lumayan banget kan. Tidak heran kalau saat ini ada banyak sekali orang yang memutuskan menjadi blogger profesional. Hobi merangkai katanya dapet, rekeningpun menggendut.

Blog, Apa Itu?


Udah ngobrol panjang lebar tentang hari blogger tapi belum tahu blog itu apa ya? Jangan khawatir, kita bahas pelan-pelan ya.

Blog, adalah singkatan dari web log, 
yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum

Ternyata, Blogger.com milik Pyralab lah yang pertama kali mengenalkan media blogger kepada masyarakat umum, Teman-teman, sebelum akhirnya pada tahun 2002 diakuisisi oleh Google. Kalau sekarang sih, sudah banyak alternatif aplikasi media blogger lainnya yang bebas dipilih oleh para blogger ya.

Tidak cukup akuisisi, di tahun 2003 Google juga membeli Pyralab dengan harga yang tidak diungkap kepada publik, demikian dilansir oleh The Guardian. Wah, mbah gugel keren ya, wkwkwk..

Blogger di Indonesia


Seperti yang dilansir oleh Tempo.co, pada tanggal 10 Mei 2013, Wakil Presiden ASEAN Blogger Chapter Indonesia Amril Taufik Gobel di sela acara Festival Blogger ASEAN di Surakarta mengatakan, pada 2008 di Indonesia tercatat hanya ada 500 ribu blogger aktif, kemudian melonjak per akhir 2011 menjadi 5 juta blogger. Naik sepuluh kali lipat lho, Teman. Luar biasa.

Emang bener juga sih, kalau sudah ada aplikasi-aplikasi yang memudahkan para blogger, wajar kalau jumlah pemakainya jadi makin banyak kan. Dari blogger kelas teri, sampai kelas kakap plus hiu, ada semua. Kalau kamu blogger kelas apa? Aku masih kelas teri nih, lumayan lah masih bisa dibikin rempeyek, hehe..

Salah satu sosok blogger nasional yang saat ini sudah menjadi selebritas adalah Raditya Dika. Hayo, kamu kenal gak doi siapa? Enggak? Ya dah deh gak papa juga kalo gak kenal. Awalnya dia ngeblog, kemudian tulisan-tulisannya dibukukan saat dia menyabet gelar sebagai pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Ternyata hasil penjualannya fantastis, tercatat sebagai penjualan terbaik nasional saat itu. Hebat ya. Beberapa waktu lalu, dia suka wara-wiri jadi juri stand up comedy juga. Emang lucu sih anaknya. Eh, kok jadi gosipin dia sih..

Harapanku di Hari Blogger Nasional


Sebelum berharap pada para blogger, tentu harapan-harapan ini aku tujukan untukku sendiri. Walau aku masih kelas teri, tapi kan aku mau terus maju bersama para blogger yang budiman, menebar manfaat seluas-luasnya.

Jadi, aku mengharapkan pada diriku sendiri dan teman-teman blogger :

  1. Selalu meluruskan niat. Iya sih, nggak ada salahnya kalau nge blog sekedar buat lepas beban. Sah-sah aja. Kan ruang punya sendiri. Namun, kalau bisa sambil diniatin baik kan lumayan, bisa ngejaga kita dari disorientasi, juga bisa jadi ladang pahala lho. Udah pernah denger kan tentang segala amal tergantung pada niatnya. Kalau sebelumnya hanya niat curhat, tambahin dikit deh, jadi niat berbagi pengalaman, agar orang lain dapet pelajaran baik darinya.
  2. Jadikan blogging sebagai sarana. Sedangkan tujuan utamanya berbagi kebaikan. Yang namanya sarana, berarti bisa berubah. Yang tidak berubah adalah tujuannya.
  3. Berikan konten yang bermutu. Nggak seru kan, kalo orang udah baca blog kita ternyata isinya sampah. Pengennya, kalo baca blog itu bisa mendapatkan ilmu baru, insight atau pandangan-pandangan baru. Secara tidak langsung, blogger itu kan influencer juga ya. Yuk, kita ikut membangun negeri ini dengan menjaga konten-konten yang bergizi.
Gimana, menurut kamu harapan-harapanku berlebihan nggak? Sebagai warga dunia blogging yang masih baru, aku merindukan situasi yang sejuk, damai, dan hangat dalam satu waktu dalam kehidupan ini. 

Melalui blog, akan ada banyak hal positif yang bisa disebarkan, menjadi inspirasi buat banyak orang untuk lakukan kebaikan pula. 

Semoga makin maju dunia blogging Indonesia. Dan Selamat Hari Blogger Nasional, Teman-teman. Sharing yuk, apa harapan kalian kepada bangsa ini, utamanya di dunia blogging. Aku tunggu ya cerita-cerita kalian. Bye bye.












Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

13 komentar

  1. Sama aku juga cari sejarah hari blogger nasional.

    BalasHapus
  2. Aku tau aku tau Raditya Dika kak hehe
    Aku juga masih kelas teri nih, atau ada kelas lagi dibawah teri?

    BalasHapus
  3. Pilihan referensi nya sama nih wk, ada mas Raditya Dika

    BalasHapus
  4. Aamiin, semoga makin maju dunia bloging Indonesia

    BalasHapus
  5. Melalui blog, akan ada banyak hal positif yang bisa disebarkan, menjadi inspirasi buat banyak orang untuk lakukan kebaikan pula.

    Suka banget aku sama kata-katanya mbak 😍

    BalasHapus
  6. Disaat semua sedang sibuk dengan menyenangkan orang melalui visual video (youtube), kita masih asik bermain kata. Tapi disitu letak menariknya sampai ada hari blogger nasional segala hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya, belum lagi demam tik tok. Kitanya tetep asik utak utik kata.

      Hapus

Posting Komentar