Cerita Apa Saja Tentang Kita

MENGENAL DAN CARA MENINGKATKAN PAGE VIEW


    
Cara Meningkatkan Page View Blog
https://ritakana.blogspot.com


Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Jreng..jreeenng…

Baru kenal blog tiga hari sudah diminta ikut training yang dihelat para blogger senior di kelas Growthing. Kebayang nggak gimana puyengnya? Haha...untung nggak sampe oleng aku. Salah satu materi yang aku ikuti di hari pertama adalah Cara Meningkatkan Pageview bersama Kak Rini.

Tiga hari, Gaes, otak dipaksa kudu belajar lagi, bener-bener nyimak satu persatu pembicara yang keren-keren. Ada Kak Rini, trus misterivuest star Kak Baim yang super duper jago. Juga materi dari Kak Sadli, sama Kak Gilang Maulani. Cakep-cakep asli. Apalagi moderatornya lucu-lucu macem Kak Irwin dan Sang Penyiar Radio Sonora Kak Ari.

Kalau ditanya, ngerti apa enggak, banyakan nggak ngertinya kali ya. Tapi, aku tahan untuk tetap nyimak apa yang disampaikan para senior di Growthing. Setidaknya, aku jadi ngerti kalau perjalanan belajarku masih amat panjang, wkwkwk…

Nah, biar ilmu yang kemarin aku terima tidak menguap dan hilang, aku coba untuk buat resume nya. Semoga bisa mengikat dari sedikit yang aku tangkap.

Tentang Pageview


Mungkin ada sebagian dari Teman-teman yang belum ngerti apa itu pageview. Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Jadi, satu pengunjung bisa mendatangkan lebih dari 1 pageview jika dia membuka halaman-halaman lainnya di blog kita.

Karena itulah, semakin tinggi angka pageview nya 
bisa menunjukkan semakin bagusnya kualitas blog.

 Iya kan, masuk akal. Saat seseorang berkunjung ke suatu blog, lalu setelah membaca sebuah artikel di sana, kemudian dia membuka halaman-halaman lainnya, merupakan salah satu indikator bahwa blog nya menarik.

Bisa juga sih, orang buka-buka halaman lain karena mungkin itu blog milik teman jadi pengen liat-liat. Tapi, yang utama tentunya karena kualitas bolg lah yang membuat orang mau ngulik ke halaman-halaman lainnya. Sepakat?

Mengenal Beberapa Istilah Terkait Pageview


Sebelum jauh membahas tentang tips menaikan pageview, tentu akan lebih enak kalau kita kenal dulu nih, dengan beberapa istilah yang akan ditemui nanti dalam pembahasan. Cekidot, Temans :

User/Visitor : adalah orang yang berkunjung ke blog kita.

Unique Visitor (UV) adalah pengunjung yang masuk ke blog kita melalui IP address, browser, dan cookies yang ada. Misalnya nih, ada orang mau cari info tentang Hari Blogger Nasional, lalu dia klik di google, kemudian dia nemu blog kita di pencarian dan memutuskan untuk meng-klik membaca, maka itu disebut Unique Visitor.

Page view atau PV adalah halaman yang muncul di browser setiap pengunjung mengklik satu tautan tertentu. Atau sederhananya, page view adalah halaman yang dibuka oleh pengunjung. Maka jika satu pengunjung ini tidak hanya membuka satu halaman di blog kita, dia bisa menyumbangkan lebih dari satu page view.

Bounce Rate adalah persentase dari pengunjung yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan mengklik sebuah link. Kebayang kan situasinya seperti apa, ketika seseorang berkunjung ke alamat blog kita, kemudian setelah itu dia keluar tanpa membuka satu halaman pun, maka itu akan menambah persentase tingkat bounce rate. Bagus nggak kira-kira kalau bounce rate nya tinggi? Ya nggak lah. Ketika orang berkunjung ke sebuah blog lalu dia keluar tanpa membuka satu halaman pun, itu bisa mengindikasikan bahwa sebuah blog itu kurang menarik.

Nah, mulai paham kan, Temans, tema yang sedang kita bahas ini. Aku coba sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, karena jujur, aku butuh waktu dan konsentrasi khusus ketika menyimak materi ini. Maklum aku masih anak bawang banget di dunia blogging. Jadi aku ingin Teman-teman yang baru baca bisa ngerti dengan bahasa yang sederhana.

Pentingnya Menaikkan Page View (PV) Blog


Tadi sudah aku bahas sekilas, kenapa pageview ini penting untuk kita perhatikan. Ada yang inget kenapa? Iya betul. PV tinggi menunjukkan kualitas sebuah blog. Selain itu ternyata ada beberapa hal lagi yang menguatkan kenapa PV blog kita harus bagus alias harus tinggi.

  1. PV tinggi adalah harapan semua pejuang adsense. Wait, jangan pusing dulu. Intinya adalah, untuk blogger yang sudah masuk ke dunia blogging dengan serius dan sudah menghasilkan secara finansial, maka PV tinggi is a must. Karena akan membuka kemungkinan lebih besar untuk bayaran melalui iklan. Lebih lanjut tentang adsense bisa klik disini.
  2. Meningkatkan conversion rate. Untuk blog jualan, bisa pasang affiliate.
  3. PV tinggi menandakan blog atau konten berkualitas. Ini menguntungkan karena untuk blog yang berkualitas oleh google akan diletakkan di page 1 pencarian. Asik kan…
  4. Menaikkan Rate Card (Harga) kita. Untuk yang nge job alias menggunakan blog sebagai sumber penghasilan, pasti pengen kan dihargai tinggi. Misal nih, untuk yang masih pemula mungkin masih dihargai puluhan hingga ratusan ribu. Tapi buat yang sudah jadi seleb blogger, bisa sampai angka juta untuk satu kali post. Nah, page view yang bagus bisa nih, untuk menaikkan rate card kita. Hayoo, siapa yang nggak mau dikasih harga tinggi.
  5. Memperbesar peluang diajak kerjasama. Intinya sih sama juga ya. Ketika ada pihak ingin ajak kerjasama mereka akan melihat salah satunya dari page view nya. Jadi otomatis kalau pageview tinggi, orang akan makin yakin buat nge gandeng buat kerjasama. Kredibel lah.

Nah, udah mantep kan kenapa kita mesti naikin PV. Banyak banget arti PV buat kehidupan seorang blogger, hehe.

Tips Menaikkan Pageview (PV)


Simak yuk cara menaikkan PV menurut Kak Rini dibawah ini :
  • Riset keyword. Menurut Kak Rini, untuk keyword ini biasanya bisa menggunakan feeling, apalagi untuk blogger perempuan. Tapi perlu diasah juga kali ya. Bisa juga menggunakan Google Keyword Planner. Mana yang lebih pas buat kita, mau gabungan juga boleh.
  • Menulis artikel yang SEO dan human friendly. Tentang SEO ada parameternya tersendiri ya, salah satunya jumlah kata yang cukup banyak, rata-rata minimal 800-1000 kata. Lalu keyword disebar di beberapa bagian badan artikel.


Tips Meningkatkan Pageview Menurut Kak Rini
source celotehdinihari.com


  • Link building. Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link atau tautan menuju website kamu. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan visitor. Caranya kita bisa kerjasama dengan sesama blogger untuk saling menanam link.
  • Membuat artikel dengan topik yang sedang viral. Ini bagus, namun juga ada kelemahannya. Karena sesuatu yang trending biasanya tidak akan bertahan lama, maka kita harus meng update terus postingan kita agar terus muncul. Sebelum kemudian topiknya menghilang.
  • Blogwalking. Alias jalan-jalan ke blog orang lain. Kasih komen di blog mereka dengan sopan, dan ingat, jangan pernah meninggalkan link hidup di kolom komentar blog orang lain.
  • Optimasi pagespeed. Ini penting juga. Pernah lho aku klik ke sebuah alamat website tapi lola nya minta ampun. Jadi males deh. Belum kebuka udah di klik balik. Nggak jadi dibuka. Nah, biar pagespeed nya bagus, bisa diperhatikan salah satunya ukuran gambar yang disematkan dalam artikel. Biasanya di bawah 100kb. Jika lebih bisa membuat page jadi lola alias loading lambat.
  • Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas.
  • Kulik search console.
  • Kulik google analytics.
Nah, itulah Temans, cara meningkatkan pageview yang disampaikan Kak Rini. Kalau masih ada istilah-istilah baru yang belum dipahami tidak apa. Itu artinya, kita masih harus lebih banyak lagi membaca tulisan dari para blogger senior profesional lainnya.

Oiya, hampir lupa. Meskipun menaikkan page view itu penting, namun ada lagi satu hal yang jauh lebih mendasar bagi seorang blogger. Yaitu, konten yang berkualitas. Coach Marita menekankan betul tentang ini. Apalah guna pageview tinggi jika kontennya tidak berkualitas. Aku suka banget dengan poin ini. Jika kontennya bermutu insyaAllah akan mendatangkan pageview yang bagus. Jangan gagal fokus. 

"Mengejar pageview dengan mengabaikan konten, 
sama kayak ngejual snek yang isinya angin doang."

So, Teman-teman, gimana? Siap untuk produce konten-konten yang bermutu? Yuk, kita sama-sama belajar cara meningkatkan pageview blog kita, tanpa meninggalkan mutu konten. Bye bye


Wassalamu'alaikum wa rahamatullahi wa barakaatuh




Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

2 komentar

  1. Mbak rita, super keren ini mah... Semangat ya

    BalasHapus
  2. Haii, Bunda Wita..
    Gercep euy komennya. Makasih ya. Semangat terus sampai lulus :D

    BalasHapus

Posting Komentar