Cerita Apa Saja Tentang Kita

INI NIH, ALTERNATIF LIBURAN AKHIR TAHUN

  
Alternatif Liburan Akhir Tahun



Assalamualaikum, Temans, sudah punya alternatif liburan akhir tahun belum? Boleh dong bagi cerita di sini. Karena tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, maka jadi butuh nih referensi pilihan liburan.

2020, Tahun Istimewa


Kamu tahu kan, istimewanya apa. Yups, karena hadirnya tamu tak diundang yang mengguncang hampir seluruh belahan dunia karena ganasnya. Tamu itu berjuluk Covid 19. Yang pada awalnya sudah menggemparkan dunia saat kemunculannya pertama kali di Wuhan China. Tak disangka ternyata kemudian menyebar ke berbagai penjuru bumi dengan korban yang tidak sedikit. 

Kalau di tulisanku sebelumnya sedikit membahas tentang perubahan tradisi di pernikahan, kali ini yang kita bahas adalah berubahnya pilihan liburan yang bisa dilakukan. Dahsyat memang, sejauh itu efek dari hadirnya coronavirus.

Mau nggak mau, suka tidak suka, kita harus menyesuaikan kan dengan kondisi yang ada sekarang. Bersiap dengan kehidupan baru yang bisa jadi akan sangat berbeda dengan dunia kita sebelumnya. MasyaAllah, semoga apapun itu, keluarga kita sehat-sehat semua dan bisa melanjutkan kehidupan dengan lebih baik lagi.

Libur Sebelum Liburan


Karena semua orang harus tetap tinggal di rumah, anak-anak sekolah di rumah, orang tua bekerja dari rumah, maka jadilah ‘libur’ sebelum liburan. Bagus kalau sejak awal di rumah sudah ada planning mau lakukan apa saja. Kalau belum, saatnya sekarang mengatur rencana. 

Yang pasti muncul adalah kebosanan, karena harus dirumah terus. Makanya kudu kreatif mencari aktivitas lain, yang tetap asyik tanpa membahayakan kesehatan. 

Tiga Fokus Utama

  
Family Agenda


Untuk mengisi waktu libur, kita bisa membagi menjadi 3 fokus yang menjadi objeknya, yaitu :

  • Diri Sendiri


Ada banyak pilihan pengisi waktu liburan yang terkait dengan kita sebagai individu. Kalau aku lebih suka mengisi waktu dengan mengikuti berbagai pelatihan atau training, yang mayoritasnya melalui online. 

Ada juga beberapa yang offline, tapi aku ikut hanya jika penyelenggara dan lokasi acara menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Banyak sekali kan pilihan yang bisa diambil sekarang-sekarang ini. 

Mulai dari kelas berbenah dapur, berbenah rumah, training merias wajah, sampai training bisnis. Ada juga kelas tahsin, kelas bahasa Arab, tafsir. Banyak banget pilihannya. Kalau selama ini mungkin bahkan belum terpikir untuk mengikutinya, why not, sekarang saatnya lakukan. Tinggal sesuaikan saja dengan apa yang paling diinginkan, atau yang paling diperlukan. 

Kalau tidak ingin yang berat-berat, boleh lah selama liburan kasih waktu untuk perhatikan badan, perhatikan kulit. Perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Me time yang nggak perlu ribet. Atau hanya ingin menyelesaikan novel, buku juga boleh, yang dari sejak beli masih rapi segelnya, alias belum sempat dibaca. Atau mau maraton nonton drakor series? Boleh saja, yang penting tidak berlebihan.

Mencoba resep masakan. Hayo, siapa yang sukanya koleksi resep tapi nggak pernah dipraktekkan? ( aku ngacung, hihi). Mumpung ada waktu, boleh juga nih dicoba resepnya. Siapa tahu, malah bisa jadi sumber pendapatan baru. 

  • Pasangan


Apa saja yang bisa dilakukan berdua dengan suami atau istri? Banyak sih pilihannya, misal :

Berkebun

Asyik lho berkebun, bertanam bersama. Memilih tanaman yang akan ditanam, lalu menyiapkan medianya, mengaduk-aduk tanah, menata, lalu menyiramnya. Bukan kegiatannya saja yang seru, tapi kebersamaannya yang lebih utama. Cara ini bisa banget buat menguatkan bonding dengan pasangan.

Nonton Film

Kalau sendirian nonton film kurang asyik, coba sesekali ajak pasangan ikut nonton. Sambil duduk sebelahan, saling komen, mungkin komen gak jelas, biar saja. Yang penting bisa menikmati waktu bersama.

Ngobrol

Ini mah sayang sekali kalau sampai dilewatkan begitu saja. Karena ngobrol ini bisa menyambung tali-tali komunikasi yang seringnya banyak terhambat, atau tertahan. Sekarang waktunya mengurai sumbatan-sumbatan komunikasi yang selama ini ada. Mumpung banyak waktu bersama di rumah. Ayo, ajak dia bicara.

Masak Bareng

Satu kegiatan ini seru juga lho. Masak yang simpel-simpel saja, atau mau masak menu favorit. Sepakati bareng, beli bahannya, dan eksekusi. Jangan lupa bagi tugas. Jangan-jangan dia mau bagian nyicip doang, hehe.

  • Bersama Anak-Anak


Aktivitas liburan bersama anak-anak juga banyak pilihannya. Bisa bermain peran di rumah, kalau ada dananya boleh juga staycation di hotel bersama mereka. Lumayan ampuh melawan jenuh. Kalau memutuskan untuk bertualang bersama anak-anak, pastikan tempat yang dituju tidak masuk dalam daftar zona merah ya, apalagi zona hitam ya, Temans. Pilihan tempat rekreasi sebaiknya dihindari yang bakal rame. Pilihan untuk berlibur ke alam terbuka bisa jadi pilihan yang lebih aman. 

Membaca buku bersama juga asyik lho. Apalagi kalau ada perpustakaan di rumah. Tinggal gelar karpet, siapkan bantal, jangan lupa minum dan cemilannya. Dijamin anak-anak akan suka. Pastikan buku bacaan untuk anak-anak tersedia dan cukup banyak pilihannya ya.

Fokusnya adalah menghangatkan kebersamaan, menguatkan ikatan batin antar anggota keluarga. Kalau mau diambil sisi positif adanya wabah ya itu tadi, banyaknya waktu bersama keluarga, yang bagi sebagian orang biasanya amat jarang. Sepertinya banyak bersama itu baik, tapi realitanya, jika tidak dikelola dengan baik, justru meningkatkan potensi konflik. 

Liburan Asyik, Kesehatan dan Keselamatan Jangan Lupa


Apapun pilihan liburan yang dipilih, yang penting pastikan aman buat keluarga. Jangan sampai abai dengan kondisi yang ada. Buat apa seru-seruan liburan, kalau akhirnya berujung sakit. Agar bisa main-main lagi besok-besok, maka harus jaga kesehatannya. Yang tidak kalah penting, jangan sampai waktu berlibur berlalu begitu saja tanpa arti.

  
Kata Hasan Al Basri
www.ritakana.com


Semoga kondisi ini tidak lama. Sehingga besok alternatif liburan akhir tahunnya bisa lebih beragam lagi. Aamiin. Tetap semangat ya, Teman-teman. Ciayoo...
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

Posting Komentar