Cerita Apa Saja Tentang Kita

SHOLAT ISTIKHOROH DEMI KETENANGAN JIWA


Sholat Istikhoroh

Saat itu aku masih SMA, menjelang lulus, ketika mulai mengenal sholat istikhoroh. Sedang bingung, selesai SMA mau lanjut kuliah dimana. Rata-rata temanku ingin melanjutkan ke UI, ITB, UGM, dan beberapa universitas besar lainnya. Sedang aku tidak punya banyak pilihan, meski nilai hasil EBTANAS cukup baik.

Karena aku bungsu dari 5 bersaudara, perempuan pula, maka aku tidak diijinkan untuk kuliah jauh dari rumah. Pilihannya hanya di antara dua kota, Semarang atau Yogya. Bagus juga sih, karena aku jadi lebih mudah memilih, tidak terlalu banyak pilihan. Begitupun, tetap saja aku bingung, hehe.

Akhirnya aku diajak ibuku untuk sholat istikhoroh. Bersyukurnya aku, karena sejak kecil ibu sudah membiasakan untuk sholat malam, meski dulu diajak hanya saat kondisi-kondisi khusus saja, misalnya akan ujian atau momen khusus lainnya. Sholat tahajud, sholat hajat, sholat istikhoroh juga.

Pengertian Sholat Istikhoroh

Sholat istikhoroh adalah shalat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya saat berada dalam dua pilihan. Sholat istikhoroh dilakukan untuk meminta petunjuk dari Allah SWT Yang Maha Menguasai Segala Sesuatu, Yang Maha Tahu.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Jabir Ibn Abdillah ra., Nabi Muhammad SAW, bersabda:

اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم... (رواه البخاري)

Artinya: Jika di antara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (sholatlah) dua rakaat, lalu katakan “Allahumma…(maksudnya adalah berdoa).(HR. Bukhori)

Tata Cara Sholat Istikhoroh


niat sholat istikhoroh
Bacaan Niat Sholat Istikhoroh

Cara sholatnya, sebagaimana dilansir oleh detik.com tidak jauh berbeda dengan sholat seperti biasanya, hanya beda di niatnya saja. Begini niat sholat istikhoroh:

أصلى سنة الاستخارة ركعتين لله تعالى

Artinya: "Aku berniat shalat istikhoroh dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Setelah niat lalu takbir, dan lanjut sholat dua rakaat. Untuk belajar urutan sholat lengkap sesuai tuntunan Nabi bisa disimak di gambar.

Selesai sholat dilanjutkan dengan berdoa. Tidak ada doa khususnya, bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa masing-masing yang intinya adalah memohon petunjuk atas permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk referensi, bisa berdoa seperti yang diajarkan oleh Syekh Nawawi Banten dalam karya beliau 'Nihayatuz Zain' :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu, dengan ilmu pengetahuanMu, juga aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi permasalahanku) dengan keMahaKuasaanMu.

Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya, dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut permasalahannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku maka sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah.

Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa perkara ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan perkara tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku."

Lakukan sholat beberapa hari sehingga didapatkan petunjuk yang mantap di hati.


Tata Cara Sholat Istikhoroh
Tata Cara Sholat Istikhoroh


Waktu yang Tepat untuk Sholat Istikhoroh

Sholat istikhoroh bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu larangan sholat. Yaitu, selepas sholat Subuh sampai matahari meninggi dan sesudah sholat Ashar sampai matahari tenggelam.

Dalilnya adalah hadits shahih dari Abu Said Al Khudri RA, bahwa beliau mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tak ada sholat sesudah sholat subuh hingga matahari meninggi, dan tak ada sholat sesudah sholat ashar hingga matahari terbenam." (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun waktu yang terbaik adalah di sepertiga malam terakhir.

Petunjuk Dalam Sholat Istikhoroh

Setelah sholat dan doa, akan diberikan ketenangan dan kejernihan dalam berpikir. Imam An-Nawawi rahimahullah berpesan, "Setelah istikhoroh, seseorang harus melakukan apa yang dirasa baik untuknya. Dan, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum melakukan sholat istikhoroh. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikhoroh atau kurang tawakal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah."

Aku sendiri, saat itu, setelah beberapa hari terus melakukan istikhoroh, ada satu malam yang aku bermimpi melihat plang bertuliskan UNDIP di pohon beringin di pinggir alun-alun Kota Magelang. Alhamdulillah mimpi ini memantapkan hatiku yang saat itu betul-betul belum tahu mau kemana, mantap melanjutkan kuliah di Universitas Diponegoro Semarang. Dan, sampai sekarang keterusan tinggal di Semarang, hehe..

Begitu pula, saat menjelang lulus kuliah, aku galau mau pulang kampung apa stay di Semarang, dan galau juga menanti jodoh (ngaku deh...wkwkwk). Setelah sholat istikhoroh, dikasih mimpi lagi. Lucunya, malah memimpikan seseorang yang malah selama itu tidak terlintas di benak. Malah kaget sendiri kok tiba-tiba memimpikan dia.

Bener banget, tak lama setelah itu aku dikasih biodata seorang ikhwan yang ketika aku buka datanya spontan yang terucap dari mulutku saking kagetnya. “Kok bisa ini mbak’, kataku ke murobbiyah, alias pembimbing ngajiku saat itu. Kaget, karena nama inilah yang masuk dalam mimpiku, sampai heran-heran sendiri. Alhamdulillah kemudian sekitar 1 bulan dari taaruf pernikahan kami bisa dilangsungkan dengan lancar. Mohon doanya agar kami bisa terus bersama hingga jannahNya ya Teman.

O, iya, petunjuk setelah sholat istikhoroh tidak harus berupa mimpi, Teman. Yang paling sering adalah berupa kemantapan hati dan kemudahan terhadap urusan. Jadi, tidak perlu bingung dan galau lagi ketika menemukan perkara yang kita sendiri belum tahu harus memilih yang mana. Karena masa depan kita tidak ada pengetahuan sama sekali. Maka bertanya kepada Yang Maha Tahu adalah pilihan yang tepat. Eh, sharing dong, pengalaman sholat istikhoroh kamu di komen, agar bisa menginspirasi teman-teman yang lain. Tengkyuuu...

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

Posting Komentar