Cerita Apa Saja Tentang Kita

CARA MENGATASI FLU PADA BAYI SECARA ALAMI

  
cara mengatasi flu pada bayi secara alami
Ilustrasi bayi flu



Hayo, siapa disini yang suka panik kalau anak bayi sedang kena flu? Sebelum memutuskan pakai obat, aku mau sharing deh cara mengatasi flu pada bayi secara alami. Punya anak lia, lumayan membuatku belajar banyak bagaimana mengatasi beberapa gangguan kesehatan ringan pada anak-anak. Sebisa mungkin, kalau masih bisa tanpa obat, aku pilih tanpa obat dulu.

Penyebab Flu Pada Bayi


Salah satu pemicu balita flu serta rentan terserang penyakit merupakan sebab sistem imunitas badannya belum sempurna seperti orang berusia. Virus pemicu influenza dapat menyebar ke hawa lewat batuk ataupun bersin yang terpapar pada balita.

Tidak hanya itu, balita juga dapat tertular dari sahabat sebaya mereka dikala terletak di daycare, sekolah, ataupun area tempat tinggal. Begitu pula kala berjabat tangan ataupun dicium oleh orang yang lagi hadapi flu.

Tidak hanya itu, indikasi pilek pada balita juga dapat diakibatkan oleh keadaan ini.

Pneumonia

Radang tenggorokan

Peradangan telinga

Alergi

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami


1. Memperbanyak Cairan


Air bisa membantu mengencerkan lendir di hidung, sekalian menghindari kehilangan cairan tubuh. Buat balita berumur diatas 6 bulan, kita bisa memberikan cairan dengan memberinya banyak air putih serta isi air yang lain dari buah serta sayur, dan juga ASI.

Sebaliknya buat balita berumur kurang dari 6 bulan, memperbanyak konsumsi ASI adalah yang terbaik. Berikan ASI lebih sering. Atau jika ASI kurang, bisa dibantu dengan susu formula. Perhatikan warna urine bayi untuk mengetahui cukup atau tidaknya cairan.

2. Sedot Lendir


Balita pilek biasanya akan kesulitan bernafas karena hidung tersumbat. Siasati dengan perlengkapan sedot ingus khusus yang banyak tersedia di toko perlengkapan bayi atau apotik. Yakinkan perlengkapan serta tangan kita telah bersih, dan pakai perlengkapan tersebut dengan hati- hati..

3. Cairan Saline


Cuci hidung dengan cairan saline spesial balita dapat dicoba buat mengencerkan lendir di hidung. Baringkan balita kemudian semprotkan cairan sesuai dengan dosis yang disarankan( biasanya 2- 3 tetes). Pemberian cairan ini bisa menolong lendir mengalir keluar secara natural, sehingga balita bisa bernapas lebih lega. Cairan ini bisa dibeli di apotek serta nyaman digunakan buat balita yang berumur kurang dari 6 bulan.

4. Gosok punggung dan sekujur tubuh bayi menggunakan minyak telon, terutama bagian ubun-ubun, dada, punggung, dan telapak kaki.


Ini akan membantu bayi merasa lebih nyaman, hidung lega, sehingga bayi bisa tertifur.

5. Atur Posisi Tidur


Dikala balita pilek, naikkan posisi tidur pada bagian kepalanya, misalnya meletakkan gulungan handuk di dasar bantal. Ini hendak menolong jalur pernafasan.

6. Minuman ataupun Sup Hangat


Untuk balita yang sudah mulai mendapatkan MPASI, sediakan sup ayam hangat sebab nutrisi yang dimilikinya dapat menanggulangi pilek pada balita, sekalian mengencerkan dahak serta jalur pernafasan.

7. Menggunakan Humidifier


Kandungan kelembaban ruangan bisa membantu mengurangi batuk dan hidung tersumbat. Kita bisa memakai perlengkapan pelembab udara ataupun humidifier. Hawa yang lembab serta tidak kering membantu menyejukkan respirasi bayi serta bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak. Pastikan perlengkapan humidifier bersih serta jauh dari jangkauan balita.

8. Madu


Bila anak telah berumur lebih dari 1 tahun, madu dapat jadi metode buat meredakan batuk di malam hari. Riset menampilkan jika 1 sendok teh madu saat sebelum tidur dapat membuat anak tidur tanpa diganggu oleh batuk.. Tidak hanya madu, bisa juga menggunakan jeruk nipis dan lemon buat anak yang sudah berumur 1 tahun ke atas.

9. Mendatangi Dokter


Jangan ragu untuk segera ke dokter jika flu pada bayi belum mereda. Untuk bayi usia di bawah 3 tahun, demam di atas 37 celcius, rewel, serta tidak ingin minum, itu tanda agar kita bisa segera ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.. Buat anak bayi, lekas mendatangi dokter apabila terdapat keluhan sakit pada kuping, permasalahan pernafasan, batuk lebih dari 1 minggu, dahak lebih dari 10- 14 hari, serta demam di atas 37 celcius sepanjang 3 hari berturut- turut.

Gitu deh, sharingku tentang cara mengatasi flu pada bayi secara alami. Semoga si kecil segera sembuh ya. Sun sayang buat adek bayi.


Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

Posting Komentar