Cerita Apa Saja Tentang Kita

MAKAN SIANG SEDAP DI WARUNG NGROSO BU AMIN

  
warung ngroso bu amin
www.ritakana.com



Assalamu’alaikum, Temans

Siapa yang mau ikutan makan siang enak di warung Ngroso Bu Amin? Kalau pagi sarapannya ringan, siang pengennya makan yang
agak-agak serius gitu. Apalagi pas cuaca mendung dingin gini. Kudu cari warung yang banyak menu sayur dan lauknya. Biar bisa makan enak dan puas. Nah, kemana dong ya cari yang kayak gitu di sekitar Kedungmundu Tembalang? Kuy, cobain masakannya Bu Amin.

Awalnya nemu warung ini nggak sengaja. Padahal sudah bolak balik lewat situ. Cuma belum pengen mampir. Sampai suatu hari suamiku ngajak buat nyoba. Dan ternyata, kemana aku selama ini, ada warung sekomplit itu kok nggak tahu :D

Menu yang Beragam

Waktu pertama masuk warung, yang langsung menarik perhatian adalah deretan lauk dan sayur yang memanjang di atas meja. Segala gegorengan, dari tempe, tahu, pisang, sampai ikan, dan ayam menggoda untuk segera dicomot. Di sisi kiri ada panci-panci sayur bayam, mangut super pedas, dan lodeh. Sedangkan di dalam etalase, duh, sampai ngeces-ngeces liatnya. Ada gudangan, sayur asem, oseng kacang panjang pedas, dan banyak lagi.

  
aneka lauk warung bu amin
www.ritakana.com



Eh, mata awas aja nih, melihat sambel pete yang merah segar dengan pete-pete utuh yang bergelimpangan. Aih, nggak sabar buat mengunyah-ngunyah segera. Tak lupa sayur di panci sebelah ikut jadi sasaran. Cumi masak hitam dengan kuah kental yang gurih pedas sudah ditambahkan di atas piring. Ditambah semangkuk sayur bayam segar dan segelas teh tawar hangat. Sempurna. Yuk, kita cicipi.

Hmmm, sedap… Dari suapan pertama sudah langsung terasa tendangan rasa sambel petenya yang pedas diselingi kriuk pete yang masih segar dan nutty. Tanda kalau petenya tua betul. Pedasnya sambel masih sopan, artinya masih bisa diterima sama mulut. Ada kan yang masakannya pedasnya ampun-ampunan, sampai mulut rasanya terbakar. Yang ini pedasnya masih selow. 

Lanjut sama cumi hitam. Cuminya berukuran tanggung dengan telur yang padat, dimasak dalam bumbu lengkap dengan tinta cuminya. Hasilnya, cumi yang gurih pedas dengan tekstur lembut. Dimakan bersama telurnya, duh, enaknya. Sayur bayam disuapkan ke mulut untuk membilas rasa gurih pedas yang masih tersisa di mulut. Ditutup dengan teh tawar hangat. Nyamm…

Jangan lupa sambil ngemil-ngemil cantik. Ada gimbal udang, bakwan, dan gorengan lainnya yang siap menggoyang lidah. Kalau masih kurang bisa ambil aneka pepes, atau ikan goreng. Boleh juga kalau pengen coba hidangan spesialnya warung Ngroso Bu Amin, yaitu ayam bakar dan ikan bakar. Kita akan diberikan piring oval kecil untuk ambil ikan atau ayam bakar, lalu dilengkapi dengan lalapan. Sambelnya? Ternyata sambal terasi sudah disediakan di meja-meja. Pembeli bebas ambil dan tambah. Bakarannya lembut dan manis gurih. Paling enak dimakan saat masih panas lengkap dengan sepiring nasi yang masih mengepul asapnya. Huahhh...

  
aneka sayur bu amin
www.ritakana.com



Pantas saja setiap jam makan warung Bu Amin yang juga disebut sebagai warung Ngroso ini selalu ramai dikunjungi pelanggan. Varian masakan yang banyak macamnya, ditambah harga yang masih masuk akal menjadikan pelanggan ingin kembali lagi. Kalau dibanding dengan warteg, memang harganya agak lebih tinggi sedikit. Tapi menurutku layak sih dihargai segitu, karena bumbu masakannya mantap, dan masih termasuk dalam kategori murah. 
 

Warung Sederhana Idaman Emak

  
suasana warung bu amin
www.ritakana.com

Dari segi tampilan warung memang sederhana. Hanya ruangan los yang diisi beberapa meja dan kursi panjang, dengan dinding polos dan pintu berupa rolling door yang lebar, sehingga warung terekspos dari luar. Gara-gara model pintunya yang seperti itu aku sempat mengira itu adalah bengkel, hehe. Atau dulunya mungkin memang bekas bengkel. Nggak tahu deh. 

Ternyata, menurut info orang-orang yang sering kesitu, dulu lokasi warungnya bukan di tempat yang sekarang. Warung Bu Amin sudah kondang dengan masakannya yang enak dan terjangkau. Tak heran kalau pas pindah lokasi pun para pelanggan tetap setia mengikuti. Lokasi yang sekarang cukup strategis, tepat ada di ujung jalan tusuk sate dari arah Krematorium Tandang Tembalang. Berada di pinggir jalan utama, jadinya gampang buat para pelanggan untuk mencarinya. 

Yang disayangkan dari keberadaan warung Bu Amin adalah lahan parkirnya yang kurang. Terutama kalau bawa kendaraan roda empat. Bisa sih parkir di depannya persis, tapi paling cuma muat dua mobil saja. Sisanya hanya cukup untuk sekitar 10 motor. Jadi agak menyulitkan. Mudah-mudahan ke depan bisa difasilitasi lahan parkir yang cukup sehingga pembeli lebih nyaman untuk mampir sekedar makan siang di tempat ataupun dibawa pulang. 

Selain itu, karena hanya berupa ruang los dengan atap asbes, kalau siang hari jadi panas, sumuk alias gerah. Bagusnya di sudut ruang ada kipas angin yang bisa dinyalakan. Jadi kalau kepanasan bisa cari tempat di dekat kipas. Pelayanan cukup oke kalau menurutku. Pembeli datang sudah langsung disiapkan piring, setelah pilih-pilih, disiapkan dan langsung siap santap. Jadi nggak keburu kelaparan gara-gara kelamaan.

Jam Buka Warung


Kalau kamu lagi jalan di sekitar Tandang Tembalang dan kelaparan, bisa langsung cus menuju lokasi. Bukanya pagi-pagi sekitar jam 06.00, tapi kalau pengen masakan yang komplit datanglah agak siang sekitar jam 10 keatas. Terutama kalau incaranmu adalah cumi item kamu harus ke sana siang karena si cumi baru akan naik panggung di siang hari, hehe..

Saat Warung Bu Amin tutup di sore hari, pilihan tempat makan bisa bergeser sedikit. Tidak jauh dari situ ada beberapa tempat makan yang bisa dipilih yaitu dua cafe yang pas banget buat hang out anak-anak milenial, Wayang Kofie dan Cafe KM02 yang berada persis di seberang bu Amin. Desainnya asyik dengan ruangan ber AC dan pilihan makanan yang cocok jadi pilihan anak-anak muda.

Nah, kalau mau malam-malam ajak keluarga makan di tempat yang sejuk karena ada di area terbuka, bisa pilih mampir ke Angkringan Doeljo, Angkringan Doelanan Jowo yang menyediakan aneka hidangan tradisional seperti intip ketan, jadah bakar, juga nasi daun jati. Sedap dinikmati bersama segelas jahe gepuk panas. Hmmm…

Oke, Teman-teman, selamat jalan-jalan dan menikmati kulineran di sekitar Tandang Tembalang. Kalau merindukan sambel pete yang nutty dan crunchy, atau cumi item yang gurih pedas dan padat telurnya, monggo mampir ke Warung Ngroso Bu Amin. Nanti kalau sudah nyobain, boleh dong kasih pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini. Makasiiih…

Wassalamu’alaikum wr wb


WARUNG MAKAN NGROSO BU AMIN

Alamat : Jl. Kedung Mundu Raya No.233, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50274


Rasa 8/10

Harga 8/10

Pelayanan 8/10
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

16 komentar

  1. Wow, cumi buat makan siang, enak banget!

    BalasHapus
  2. Bu, ini sebrang cafe km02 kah? Kok saya nggak pernah lihat ya hahaha

    BalasHapus
  3. Waah, sayang aku udah gak di semarang mba. Kalau masih jadi anak kosan bisa lah sesekali kuliner ke sana.

    BalasHapus
  4. kalau aku cuaca mendung ini selalu jadi jalan ninja untuk makan lebih banyak, biar tetep anget badannya hahahaha

    BalasHapus
  5. Aiihh... pinternya, bisa sedikit nyelipin Doeljo 🥰

    Maju berkah angkringan Doeljo!

    BalasHapus
  6. Mbaa.. Aku jadi laper pagi-pagi baca ulasannya..

    BalasHapus
  7. wah banyak macam menunya,, duh emang pas banget buat makan siang

    BalasHapus
  8. Pete mana pete.... Haduh bikin ngiler ini

    BalasHapus

Posting Komentar