Cerita Apa Saja Tentang Kita

TIPS SAAT MERASA LELAH


  
Tips Saat Merasa Lelah


Bismillahirrahmaanirrahiim

Teman-teman, saat merasa lelah banget, apa yang akan kamu lakukan? Seringkali yang membuat lelah itu bukan pekerjaan fisiknya. Tapi jiwa yang lelah. Bener nggak? Meski pekerjaan fisik banyak, ketika dilakukan dengan gembira tidak akan berefek banyak di badan.

Tapi kalau sudah jiwanya yang lelah, fisik pun akan ikut drop. Kalau sudah gitu, kudu waspada nih, jangan sampai dropnya kebablasan alias sampai jatuh sakit. Apalagi di masa pandemi gini, hmm, jangan sampai drop deh.

Antara Blog dan Belajar Bisnis


Nah, pekan ini aku baru ngalamin yang namanya fisik ke forsir banget. Bayangin aja. Empat hari training bisnis, aku kudu bolak balik dari Semarang ke Jogja. Resiko yang aku ambil karena masih ada anak-anak yang harus aku perhatikan. Selesai empat hari disambung lagi dengan satu training lagi selama tiga hari. Di Jogja lagi. 

Acara pagi full sampai sore. Sampai rumah sudah cuapek banget. Mana tugas-tugasnya dahsyat banyaknya dan sulit pula, wkwk. Yang gak kalah dahsyat, di tengah-tengah keriweuhan training, aku juga dikejar deadline tugas di kelas Blogspedia Coaching for Newbie nya mbak Marita. 

Kalau cuma tugas bikin artikel, meski nggak gampang juga sih, tapi itu masih mending. Nah kali ini tugasnya ditambah dengan ngutak ngutik template blog. Dari yang sebelumnya pakai template bawaan blogger.com ke template yang lebih cakep dan SEO friendly yakni fiksioner.

Sambil menyimak paparan Coach di Financial Class, sesekali aku melirik gelisah di grup wa yang hebohnya minta ampun. Teman-teman sebagian sudah mulai ngulik tugas sesuai panduan yang sudah diberikan. 

Syukurnya, di jeda waktu istirahat aku masih bisa nyicil tugas-tugasnya. Dan aku lanjutkan di malam hari saat bayi sudah tidur.

Heboh dan Seru Mengganti Template Blog


Tugas kali ini benar-benar membutuhkan fokus dan ketelitian tingkat tinggi. Gimana enggak. Kode-kode html yang berderet nggak habis-habis itu, dilihat saja sudah bikin pusing. Apalagi kudu dipelototin satu-satu karena ada kode yang harus diedit. Semoga minusku nggak nambah aja nih, hehe..

Selesai mengganti template ke fiksioner emang bikin blog makin kece. Dilihat juga lebih enak. Lucunya, meskipun lelah, saat berhadapan dengan dashboard blog plus ngulik canva kok aku seger lagi. Seru rasanya bermain-main dengan printilan kecil - kecil menghasilkan karya yang menyenangkan untuk dilihat.

Tips Saat Merasa Lelah

  
Beberapa Tips Saat Merasa Lelah


Secara fisik aku capek banget. Sangat capek. Di kondisi seperti ini aku harus tetap jaga kesehatan kan ya. Agar tidak jatuh sakit, ini nih beberapa hal yang aku lakukan :

Take a Break


Berhenti sejenak dari semua aktivitas. Hanya menikmati kesunyian. Mengosongkan pikiran. Biasanya paling nyaman baringan saja di kasur gitu. Badan lurus serileks mungkin dengan mata merem. Cara ini cukup efektif untuk menghadirkan ketenangan, sehingga badan lebih rileks. Badan lelah adalah warning system dari tubuh agar manusia memberikan haknya yakni istirahat. Tidur akan menjadi obat terbaik.

Mandi Keramas


Mengguyur badan dengan air hangat sangat membantuku untuk cepat rileks. Air yang hangat membantu mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang. Sedangkan keramas cukup membantu menyegarkan pikiran sebelum tidur.

Makan Menu Favorit


Ya, makan enak, selalu efektif menenangkan perut yang lapar, eh, maksudnya menenangkan pikiran, hehe. Makan semangkuk sup ayam panas, atau menggigit sepotong pizza sudah cukup menyenangkan. Atau seporsi bebek panas dengan sambal bawang yang wangi, hmm, nyaamm. Usahakan bisa makan yang cukup ya, Teman, cukup porsinya, cukup gizinya. Jangan lupa untuk menambahkan asupan cairan yang cukup, dalam hal ini air putih atau susu putih hangat bisa menjadi pilihan.

Mendengarkan Musik atau Murottal Quran


Bagi sebagian orang mendengarkan musik cukup efektif. Kalau aku lebih suka mendengarkan murottal Quran untuk memunculkan ketenangan kembali. Mungkin ada lebih suka nonton film. Boleh juga. Intinya agar pikiran kendor dari ketegangan karena capek.

Makan Pisang dan Jeruk


Pisang diketahui sebagai sumber energi, juga mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh seperti yang dilansir oleh idn.times.com. Biasanya buah pisang wajib tuh untuk dikonsumsi orang dengan aktivitas tinggi, seperti atlet misalnya. Jeruk juga bisa. Pisang dan jeruk adalah sumber kalium yang baik.

Minum Multivitamin Jika Perlu


Saat aktivitasku sangat tinggi aku memilih untuk menambah multivitamin agar fisik tetap kuat. Apalagi kalau badan sudah terasa lelah, tandanya kudu ada asupan khusus. Selain tablet multivitamin aku juga minum madu hangat sebagai tambahan suplemen penguat stamina.

Tampilan Blog Baru 


Alhamdulillah, meski belum selesai 100%, tapi tampilan blogku sudah lumayan enak dilihat. Masih banyak yang kudu direvisi, ditambahi dan dikurangi. Tapi setidaknya sekarang sudah jauh lebih rapi dibandingkan sebelumnya.

  
Gambar Tampilan Blog yang Baru
Tampilan blog www.ritakana.com yang baru


Poin yang harus aku perbaiki antara lain di bagian tombol sosial media yang belum semuanya tersambung. Lalu di meta SEO inspector juga masih ada beberapa titik yang merah, misalnya di head title. Ada merah di salah satu alt image, perlu dicek lagi. Header diganti. Seharusnya tidak diganti, tapi ternyata gambar yang awal tidak tersimpan di canva jadi aku tidak bisa mengutak atik kembali ukuran dan lain-lainnya.

Aku mengerjakan semua tugas di sela-sela aktivitas training yang padat. Sesekali menyempatkan untuk lakukan beberapa hal di atas untuk meredakan kelelahanku. Bersyukur banget suami dan anak-anak semuanya kooperatif sehingga semua bisa kujalani hingga tuntas.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa hal yang aku lakukan saat merasa lelah. Yang pasti, aku tidak mengizinkan diriku sendiri memforsir fisik terlalu sering. Hanya jika memang terpaksa harus full begitu, maka beberapa tips di atas aku lakukan. Bagaimana denganmu? Boleh dong sharing di kolom komen. Jangan lupa kasih masukan untuk tampilan blogku yang baru ya. Terima Kasih, thank you, gomawo...

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

10 komentar

  1. Keren banget, diantara ribuan kesibukan masih bisa mengerjakan tugas yang super harus konsentrasi ini. Aku 'apalah' kalau baca artikel ini. Semoga lelahnya menjadi lillah. Cepat pulih lagi dan lancar bisnisnya. Makasih tips mengatasi kelelahan. Bisa dicoba deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kata mbak Coach kita tuh mbak Tami, harus tahu betul tujuan nge blog biar gak gampang oleng wkwkwk

      Hapus
  2. Yeey, cakep mbak tema nya sekarang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, udah lumayan kalo dibanding sbelumnya ya hehe, tp tetep mau dicakepin lagi dong biar kayak yg punya cup of tea

      Hapus
  3. Alhamdulillah kelar juga. Aku deg2an semalam kok Bu bos belum setor juga.
    Tapi mau nanya udah ngantuk berat...

    Barakallah Bu...
    Pelan2 dirapihkan lagi, spt munculin gambar di related post.

    Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, mmg cukup kedodoran fisiknya. Jd memutuskan merem dulu sebelum lanjut malemnya ngutik ngutik

      Hapus
  4. Masya Allah perjuangan utak atiknya untuk tampilan yang lebih kece

    BalasHapus
  5. Emak super memang bu Rita ini. Hebat. Salut bangeeet. Alhamdulillah semoga semakin semangat ngeblognya ya.

    BalasHapus

Posting Komentar