Cerita Apa Saja Tentang Kita

CERDASNYA KAMPANYE #KejuAsliCheck DARI MONDELEZ INDONESIA

    
Kampanye #KejuAsliCheck
www.ritakana.com


Meskipun sudah merajai dunia perkejuan di Indonesia, ternyata keju cheddar Kraft tak berhenti terus melakukan edukasi pada masyarakat, utamanya di kalangan ibu-ibu dan pelaku usaha. Saat ini yang sedang digencarkan adalah kampanye #KejuAsliCheck. Hmm, penasaran nggak sih, kenapa Kraft meluncurkan kampanye dengan tagar unik itu?

Latar Belakang


Makin banyaknya keju cheddar yang muncul di pasaran bukan hanya berarti makin banyak pilihan bagi ibu-ibu. Namun justru ada sisi kritisnya, yakni fakta bahwa tidak semua keju cheddar memiliki komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas. Biasanya ibu-ibu cenderung mendahulukan harga, mana yang murah itu yang dipilih kan? Aku suka gitu, hehe

Kondisi ini didukung pula oleh hasil survei KRAFT terhadap konsumen yang mengungkap bahwa 50 persen responden yang merupakan para ibu mengatakan sering mengkonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu). Nah, dari angka itu ternyata, lebih dari 61 persen tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar.

Selain itu, terungkap juga bahwa 77 persen ibu mengaku terbiasa melihat label pangan. Akan tetapi, lebih dari 48 persen tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Faktor-faktor di atas inilah yang melatarbelakangi kampanye #KejuAsliCheck oleh Kraft ini. Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju KRAFT menjelaskan tujuan dari kampanye ini adalah untuk memberi panduan kepada para ibu di Indonesia terkait kandungan nutrisi keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas, agar tidak salah pilih.

“Hadirnya kampanye #KejuAsliCheck ini juga sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), yaitu komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, dari kandungan yang tertinggi ke rendah. Oleh karena itu, komponen pertama pada komposisi produk keju cheddar idealnya adalah keju cheddar, bukan air ataupun bahan lainnya,” tambah Dian.

Sebagaimana diketahui bahwa di Indonesia, pencantuman label pada produk pangan olahan telah diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 yaitu tentang Label Pangan Olahan. Peraturan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Cara Mudah Cek Keaslian Keju


Nah, bagaimana cara mudah bagi ibu-ibu untuk cek kandungan keju itu asli atau tidak? Ternyata tidak sulit lho, Teman, cukup dengan dua cara saja, yaitu:

1. Memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung)

Bahan Utama Keju Kraft
www.ritakana.com

Keju yang disebutkan pada urutan pertama mengandung arti bahwa komponen utama dari keju tersebut adalah keju, bukan air atau tepung. Nah, kalau kita cek di kemasan keju cheddar Kraft nampak jelas kandungan yang pertama tercantum adalah keju. Jadi bisa dipastikan kalau komposisi dominan dari keju Kraft adalah keju, bukan tepung atau air.

2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan.


Tabel Nutrisi Keju Kraft Cheddar
Sumber foto : business.facebook.com

Ini penting, karena jika betul kandungan utama dalam keju cheddar tersebut adalah keju, maka semestinya dengan mengkonsumsi keju itu akan terpenuhi 30 persen dari kebutuhan kalsium harian. Tercantum dalam kemasan keju Kraft kandungan kalsium di setiap sajian sebesar 10% dari total kandungan gizi lainnya, dan ini cukup memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian kita.

Kandungan Keju Cheddar Kraft

Selain rasa yang lezat, keju Kraft mengandung keju asli dari New Zealand yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Juga dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D. Dari deretan kandungannya saja sudah yakin banget kalau keju produk Mondelez Indonesia ini cocok untuk jadi pelengkap camilan bergizi di rumah kan.

Keunggulan lain dari keju Kraft adalah rasanya yang gurih lezat dengan gurih keju yang khas, serta tanpa perisa tambahan. artinya gurihnya beneran asli gurih keju. Hmm, jadi ngiler nih membayangkan keju yang gurih legit. Nggak salah  lagi, kudu selalu stok keju Kraft buat anak-anak.

Sekilas Mondelez Indonesia

Menyimak kampanye yang dilakukan oleh Mondelez Indonesia, membuatku paham kenapa Mondelez Indonesia bisa menjadi perusahaan yang sangat besar. Pendekatan profesional dengan cara mengedukasi masyarakat, utamanya di kalangan ibu-ibu seperti aku, semakin menguatkan posisisnya sebagai raja keju di Indonesia. Apalagi aksi ini diawali dengan survei terlebih dahulu, jadi nggak asal-asalan ya Teman.

Jadi, bukan hanya mengunggulkan produk, tapi juga membangkitkan kesadaran literasi terhadap tabel pangan dan nutrisi pada produk yang seringkali diabaikan.

Jadi penasaran nih, sama Mondelez Indonesia, karena buat aku nama ini nama baru, padahal kan keju cheddar Kraft bukan produk baru. Setelah aku googling, ternyata luar biasa perjalanan James Kraft, penemu keju Kraft ini sampai akhirnya bisa menjadi perusahaan global yang di kemudian nama perusahaannya berubah menjadi Mondelez Indonesia. 

Satu lagi bukti, sebuah usaha yang awalnya hanya menjual keju yang disetor ke toko-toko bisa membesar jadi perusahaan dunia, dengan kerja keras dan pondasi bisnis yang benar. Keren banget ya, layak nih buat cerminan para pebisnis yang saat ni masih merintis usahanya, agar berani bermimpi besar dan mau bekerja keras mewujudkannya.

Bravo Mondelez Indonesia, terimakasih sudah hadir menemani para ibu memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Sejarah-Keju-Kraft
Dari Kraft Jadi Mondelez Indonesia


Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

12 komentar

  1. wah lengkap infonya mbak, sampai sejarah kraft, baru tahu saya sejarahnya

    BalasHapus
  2. Selain padat nutrisi, keju KRAFT cheddar rasanya gurih lezat, disukai semua usia. Semoga kampanye keju asli check ini diperpanjang ya...

    BalasHapus
  3. wah...lengkap banget mbak penjelasannya, saya suka tuh cara mengatur keuangan pribadi, jadi kita gak harus beli dengan harga murah ya mbak, maksih sharing nya mbak.

    BalasHapus
  4. Membantu banget memang Kampanye #KejuAsliCek ini. Biar ibu lebih cermat memilih keju.
    Lebih aware juga dengan kandungan keju cheddar yang dibeli.

    BalasHapus
  5. Meski harganya ya lumayanlah, tp kualitas memang ga bisa dibohongi. Selain itu ada kemasan yg ukuran mini & sedang, jadi urusan harga udah nggak masalah.

    BalasHapus
  6. Lengkap, jadi tahu sejarah keju

    BalasHapus
  7. Terima kasih sharing-nya, Mbak, jadi tahu sejarah panjang KRAFT.

    Saya pun suka banget keju. Bukan hanya pada makanan, minuman pun saya paling suka yang bertopping keju.

    BalasHapus
  8. lengkap, dengan sejarah dibuatnya kraft pertama kali, ternyata namanya diambildari sebuah nama keluarga ya. thanks mba, sharingnya.

    BalasHapus
  9. Setuju sih ini kalau selain dari rasa yang lezat, keju Kraft juga mengandung keju asli dari New Zealand. Pastinya untuk kualitas nggak perlu diragukan lagi ya.

    BalasHapus
  10. Wuah, ternyata perjalanan keju kraft ini sudah lama ya. Salut banget bisa bertahan hingga sejauh ini dan dikenal luas hingga ke berbagai negara. Adanya kampanye ini benar-benar sangat berarti nih.

    BalasHapus
  11. Keju Kraft memang pilihan yang tepat. Kejunya benar-benat terbuat dari Keju Cheddar bukan air atau tepung. Dan, pastinya rasanya lebih gurih.

    BalasHapus
  12. Wew..perjalanan Kraft sejak tahun 1903! Dan sekarang jadi top of mind brand keju cheddar

    BalasHapus

Posting Komentar