Cerita Apa Saja Tentang Kita

Bikin Blog Keren? Mau Banget


   
cara membuat blog keren

Mampu membuat blog keren itu salah satu hal yang pengen banget aku lakukan. Karena blog yang keren tak hanya membuat pembaca betah berlama-lama membaca, tapi juga akan menyediakan banyak manfaat buat pembacanya.

Nah, tapinya aku kan sadar diri, sebagai seorang perempuan beranak lima yang baru memulai belajar blog saat sudah cukup umur, tidak mudah untuk bisa mencapai titik terbaik di dunia blogger. Tapi, ya jalanin aja kan ya.

Ceritakan Bagaimana Anda terjun di Dunia Blogger?


Awal ngeblog dulu ikut belajar dulu, karena betul-betul nggak paham tentang blog sama sekali. Jadi aku bergabung dengan kelas Blogspedia untuk Cupuers yang digawangi sama Mbak Marita.

Lalu step by step apa yang diajarkan Mbak Marita aku praktekin. Alhamdulillah cara ngajarnya simpel, mudah diikuti, meskipun kelas berlangsung secara daring. Sampai kemudian bisa jadi blog yang lumayan enak dilihat, hehe..

Setelah lulus dari kelas Blogspedia, aku juga belajar dari mastah-mastah blog lainnya, seperti Mbak Widyanti untuk memperdalam konten, juga Mas Alex untuk belajar adsense. Suka banget belajar dari para guru ini, karena semuanya tidak pelit ilmu, dan baik-baik.

Kali ini berharap bisa menimba ilmu dari Mas Irwin tentang Site Audit. Ya memang sempat keder sih membaca komen teman-teman tentang gimana seremnya kelas Mas Irwin, hehe, canda Mas. Tapi aku mau terus upgrade blogku biar bisa jadi blog keren yang disukai pembaca.

Bagaimana Cara memulai Ngeblog?


Saat itu kami diminta untuk membuat plan dulu, bagaimana ‘bangunan’ blog yang akan dibuat. Seperti warna backgroundnya, headernya, sampai faviconnya. Eh, sebelum yang teknis-teknis, Mbak Marita menekankan di awal tentang niat ngeblognya dulu, buat apa. Bahkan sampai dikasih tahu juga adab-adab atau etika di dunia blogger. Keren ya.

Lalu setelahnya, mulai membuat blog dengan blogger. Detail sekali langkahnya. Setelah selesai semua, memastikan layout yang diinginkan seperti apa. Dan yang terakhir barulah bicara konten. Content is The King katanya.

Sebagus apapun blognya, kalau tidak diisi dengan konten yang bagus mau buat apa. Jadi, membuat blog yang bagus itu adalah ketika kita bisa memberikan konten yang berkualitas di dalamnya. Ah, nampol banget di aku pesan tentang konten ini.

  
blog keren untuk dibaca

Apa Niche Blog Anda? Mengapa Memilih Niche Tersebut?


Niche blog yang aku pilih adalah lifestyle, alias gado-gado. Saat itu belum yakin betul, blogku bakal aku isi tentang apa saja. Karena aku suka lompat-lompat pikirannya. seiring dengan aktivitasku yang juga lompat-lompat dari satu fokus ke fokus yang lainnya lagi.

Kadang travelling, sambil menemani suami dinas, kadang mengurus bisnis sekaligus belajar, dan juga aktivitas dalam komunitas ngaji.

Banyak kan jadinya bahan tulisanku. Itu kenapa aku putuskan untuk ambil niche gado-gado dulu. Entah kapan, kalau aku rasa sudah perlu dan aku mampu, bakal bikin blog dengan niche khusus, insyaAllah. Saat ini cukup merawat satu blog ini dulu.

Pengen punya blog dengan niche bisnis, juga travelling. Belum tahu bakal kesampaian nggak untuk membuat blog dengan niche khusus itu.

Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?


Kalau buat aku, bergabung bersama komunitas blogger sangat membantu untuk menjaga konsistensi dalam menulis. Apalagi kalau komunitasnya ada aturan tendangan Madun bagi yang dalam satu bulan sama sekali nggak bikin artikel baru, seperti di grup Cupuers Blogspedia. Kudu siap diasingkan selama satu bulan kalau sampai tidak penuhi target minimal empat artikel dalam satu bulan.

Di kelasnya Mas Alex juga bakal kena tendang kalau kurang dari 7 artikel dalam satu bulan. Wadidaw banget kan,hehe.. Bakal panas dingin kalau di akhir bulan belum setoran artikel sesuai target.

Selain masuk dalam komunitas blogger aku belum menemukan cara lain agar tetap konsisten menulis. Kalau mengandalkan niat pribadi, akan banyak godaannya. Godaan untuk menunda, memaafkan diri sendiri, alias memaklumi diri. dah lah, bakal jadi fosil lagi blognya kalau kayak gitu.

Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?


Yang perlu diperbaiki dari blogku antara lain :

Konten


Meski sudah dikasih tahu kalau content is the king, aku sampai hari ini belum bisa untuk telaten menyusun artikel dengan rapi, rigid, dan lengkap informasinya. Masih sering buru-buru, bahkan sering juga yang penting sudah selesai target. Hadeuh…

Termasuk juga ingin memperbaiki artikel-artikel yang sudah di post tapi masih belum bener keyword-keywordnya, merapikan backlink-backlink nya.

Template


Meskipun sudah cukup cantik blogku, menurutku, tapi karena dibuat dengan template jadi banyak yang menyamai model layout dan lain-lainnya. Pengennya punya blog yang unik, yang tidak mainstream gitu. Padahal sudah keren banget template yang kupakai sekarang sebenarnya.

Apa saja langkah Anda dari Menulis Hingga Publish?


Langkah-langkah yang aku lakukan yaitu:

Melakukan riset keyword


Setelah tahu tentang pentingnya keyword, sekarang aku mewajibkan diri untuk mencari keyword yang bagus. Antara lain keyword harus ada volumenya, sukur-sukur ada cpc nya. Lalu cek juga keyword difficulty nya, dan berapa hasil penelusurannya.

Menyusun Kerangka Tulisan


Kalau tulisan tidak dibuat kerangkanya akan jadi bingung. Alur ceritanya mau sepertinya, penyusunan logikanya bagaimana. Meskipun saat awal dulu seringnya aku tulis mengalir saja apa yang terlintas di benak.

Tapi sekarang mulai tertib untuk membuat kerangka tulisan terlebih dahulu, agar tulisan bisa lebih smooth dan enak dibaca.

Membuat Tulisan di Google Doc


Aku lebih suka menulis di google doc dulu karena bisa diakses dari gadget mana saja. Ide kadang muncul tiba-tiba, bisa langsung titip tulis di gdoc. Selain itu tulisan juga autosave. Buatku ini membantu banget, karena saat menulis bisa jadi ada interupsi-interupsi kecil dari bocah-bocah di rumah.

Menyiapkan Garnish


Garnish alias hiasan untuk mempercantik blog. Dan canva masih menjadi andalanku yang kurang mahir desain. Template-template yang tersedia di canva menjadi sesuatu yang nolong banget.

Memindahkan Tulisan ke Blogger


Ini tahap yang aku suka, saat mulai meracik semua bahan ke blogger. Meletakkan tulisan, menambahkan gambar plus menambahkan alt image nya, menyelipkan backlink, kemudian mengisi deskripsi penelusuran.

Publish


Saat sudah dimasukkan semua, cek ulang dengan pratinjau, lalu publish.

Siapakah Anda di Dunia Blogger?


Aku adalah blogger pembelajar, yang masih haus banyak ilmu. Kalau melihat para Coach atau mentor yang sudah pakar-pakar itu yang muncul rasa kagum. Kadang muncul rasa ingin banget seperti mereka. Sabar. Para mastah itu kan jam terbangnya sudah tinggi. Mereka dulu juga memulai dari belajar. Jadi nikmati saja dulu proses belajarnya.

Yang pasti aku ingin menjadi bagian dari para pejuang kebaikan melalui blog ini. Kalau konten-konten yang kurang baik, bahkan merusak saja dimodali dan digarap serius agar bisa page one di google, harusnya konten yang baik lebih kuat lagi berjuangnya, harus bisa jadi blog yang keren.

Semoga bisa semangat terus belajarnya.

Pandangan Anda tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini?


Dunia blogger Indonesia bagiku seperti sebuah kerajaan tersendiri, dengan raja-raja kecil di dalamnya. Dunia yang dari luar tidak tampak, tapi ternyata saat menceburkan diri baru melihat ada banyak orang hebat disitu.

Orang-orang yang selama ini bekerja di balik layar munculnya bahan bacaan di dunia maya. Orang yang mungkin tidak banyak orang tahu, tapi ternyata perannya luar biasa.

Dan sebagaimana sunnatullah di muka bumi, di komunitas apapun ada yang baik ada yang buruk. Ada pahlawan, dan ada pula penjahatnya. Selalu begitu.

Perlukah Blogger Paham SEO?


Menurutku penting seorang blogger paham SEO. Tergantung juga sih, dari tujuan ngeblog dari blogger itu sendiri. Kalau dia hanya ingin membuat kanal untuk luapan isi hati yang nggak peduli orang lain butuh atau tidak, ya nggak perlu paham SEO.

Tapi kalau blogger profesional, harus paham SEO. Agar tujuan penulisannya tercapai, bisa menjangkau banyak sekali sasaran.

Tidak mudah memahami SEO, tapi kalau ingin profesional kudu mau belajar.

Sejauh mana pemahaman Anda tentang SEO?


Belum banyak yang aku tahu tentang SEO. Search Engine Optimization, yaitu cara mengoptimalkan agar sebuah website bisa masuk ke halaman pertama google.

Sebuah artikel yang SEO friendly akan lebih mudah muncul di page 1 nya google. Nah, apa saja yang harus diperhatikan agar artikel bisa SEO friendly, sudah aku sebutkan di langkah menulis di blog sampai publish di atas.

Blog keren itu salah satunya adalah blog yang merajai page 1 nya google. Setiap buka keyword tertentu dia muncul di halaman 1. Mau banget punya blog kayak gitu.

Menurut Anda, Apa Peranan Seorang Blogger di Indonesia?


Peranan blogger ini sebagai influencer. Sebagai orang yang memberikan pengaruhnya kepada para pembaca melalui tulisan-tulisannya. Kalau dulu orang membuat buku, zaman sekarang bisa dengan blog.

Maka, sekali lagi, dengan kekuatan tulisannya, seorang blogger bisa memberikan pengaruh baik positif maupun negatif. Ketika tulisannya dibuat dengan logika kuat, maka efek pengaruhnya luar biasa.

Apalagi andalan orang ketika ingin mengetahui sesuatu sekarang dengan berselancar di google. Maka tulisan-tulisan yang berbobot akan signifikan dampaknya.

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber?


Masih. Tidak semua orang nyaman dengan audio visual. Bisa jadi karena audio visual melalui youtube ini cenderung ‘bising’. Sedangkan saat membaca artikel orang mendapatkan kondisi yang senyap, hening. Buat orang yang lebih menyukai suasana hening tetap pilihannya akan jatuh ke artikel.

Youtuber mungkin akan terus berkembang, namun dia ada segmen tersendiri. Sama halnya dengan buku cetak dan buku digital. Meskipun buku digital sudah banyak muncul, namun kepuasan untuk membaca dari buku fisik itu berbeda.

Demikian halnya dengan blogger, dia memberikan rasa yang berbeda dibandingkan dengan youtuber.

Menurut Anda, Apa itu Site Audit?


Menurut yang aku baca, site audit artinya mengecek performa sebuah website. Saat sudah menulis dan publish, apakah tulisan kita banyak dicari orang, banyak dibaca, atau tidak.

Jujur belum tahu banyak tentang ini, makanya aku memberanikan diri mendaftar di kelas Mas Irwin ini.

Site audit harus dilakukan secara rutin untuk menjaga performa website. Kalau tidak dicek, lama-lama website akan ketinggalan zaman.

Jadi penting banget untuk bisa melakukan site audit ini. Untuk blog personal penting, apalagi untuk website perusahaan.

Kenapa Anda Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?


Kenapa aku harus ikut kelas Pelatihan Site Audit ini, karena aku sadar ilmu tentang SEO dan lain-lain terkait dengan blog ini masih sangat dangkal. Padahal ada banyak tulisan yang aku harap bisa menjadi bahan yang baik dibaca semakin banyak orang.

Selain itu juga untuk mendapatkan tawaran job dari blogging, tentu performa blog kudu ciamik. Harus dipantau terus, dan juga diisi dengan banyak artikel yang berkualitas.

Maka, berharap banget bisa lolos di kelas ini, agar impian memiliki blog keren bisa aku wujudkan.

Harapan Anda untuk Dunia Blogger?


Harapan untuk dunia blogger semoga bisa terus berkembang. Kalau bicara konteks membangun bangsa, blogger bisa ambil peran besar disitu.

Bagaimana agar blogger ini bisa mengisi dunia maya dengan tulisan-tulisan berbobot yang menggetarkan, menggerakkan, dan punya daya ungkit semangat bagi para pembacanya. Kalau Karl Marx bisa mengguncang dunia dengan Das Capitalnya, Buya Hamka dengan Di Bawah Lindungan Kakbahnya, maka blogger juga bisa membuat sejarahnya sendiri.

Dan, aku berharap aku ada dalam barisan itu.

Wah, nggak terasa banyak sekali yang sudah ditulis disini. Semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat ya Teman. Silakan dishare tulisan ini jika dirasa akan berguna. Doakan agar aku bisa mewujudkan impian memiliki blog keren ya.











Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

6 komentar

  1. Konsistensi adalah hal tersulit dalam hidupku. Di awal bikin blog, semangat menyala-nyala... Makin ke sini makin kedodoran... Makin inkonsisten

    BalasHapus
  2. Kok sama sih mbak. Blogspedia adalah kelas ngeblog pertamaku dan beneran bikin blogku jadi keren abisss.

    BalasHapus
  3. Aku pun memilih niche gado-gado karena bingung awalnya. Tapi emang si pengen punya niche khusus. Cuma ngurusin satu blog aja masih suka keteteran :")

    BalasHapus
  4. Niche gado-gado masih enak ya? Banyak rasa yang bisa dirasakan? Aku juga masih coba konsisten yang parenting

    BalasHapus
  5. Pengen buat satu Niche deh di blog. Tapi kok ada aja kendalanya...ups

    BalasHapus
  6. kerennnnnnnn..semnagat balajar mbak rita ini perlu diapresiasi dan ditiru . aku pribadi mras ajugaperlu belajar site audit sebab masih mikir kok udah nerpain SEO masih gak nembus gugel page one hhee

    BalasHapus

Posting Komentar