Cerita Apa Saja Tentang Kita

Wisata Budaya Jogjakarta: Aroma Sejarah yang Menawan


    
museum ullen sentalu
Museum Ullen Sentalu Source : Pinterest wordholic.com


Apakah kamu ingin menjelajahi kekayaan budaya Jogjakarta dan merasakan pesona destinasi wisata yang menakjubkan? Jika iya, tak ada cara yang lebih baik untuk mencapainya. Satu-satunya cara adalah memilih perjalanan wisata ke Jogya, baik menggunakan kereta api, pesawat atau kendaraan pribadi.

Apabila kamu ingin merasakan sensasi naik kereta api, maka kamu bisa pesan tiket kereta ke Jogja. Setelah itu siapkan dirimu untuk menikmati pengalaman dan petualangan menelusuri destinasi wisata budaya di Jogakarta yang tak terlupakan. Dari Keraton Jogjakarta yang megah hingga keajaiban arsitektur Prambanan yang mengesankan.

Ya, Jogjakarta memang menawarkan sejuta pesona yang tak bisa kamu lewatkan. Lantas, di mana sajakah destinasi wisata budaya Jogjakarta tersebut?

8 Destinasi Wisata Budaya Jogjakarta yang Tak Boleh Kamu Lewatkan


Jogjakarta, juga dikenal sebagai Kota Gudeg, merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Jogjakarta juga kaya akan warisan budaya yang tak ternilai harganya. Berikut adalah 8 wisata budaya di Jogjakarta yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke kota ini.

Keraton Jogjakarta


Keraton Jogjakarta adalah istana resmi yang menjadi tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono dan keluarga kerajaan. Di sini, kamu dapat menjelajahi keindahan arsitektur Jawa klasik serta melihat koleksi kerajaan yang berharga. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit dan tarian keraton.

Tamansari


Tamansari merupakan kompleks keraton yang terkenal dengan kolam-kolamnya yang indah. Dahulu, tempat ini berguna sebagai wadah rekreasi dan pemandian pribadi Sultan Jogjakarta. Kompleks pemandian Tamansari ini merupakan warisan dari Sultan Hamengkubuwono I.

Di Tamansari, pengunjung dapat menemukan Sumur Gemuling, sebuah bangunan bertingkat yang lantai bawahnya terletak di bawah tanah. Pada zaman dahulu, Sumur Gemuling digunakan oleh Sultan sebagai tempat untuk beribadah.

Selain sebagai tempat rekreasi, Tamansari juga berfungsi sebagai tempat berlindung bagi keluarga dan kerabat kerajaan saat menghadapi serangan musuh.

Candi Prambanan


Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-9, candi ini merupakan karya arsitektur yang luar biasa dan menjadi bukti kejayaan Kerajaan Mataram Kuno.

Jika berkunjung ke sini, kamu dapat menjelajahi kompleks candi yang indah ini. Kamu juga bisa belajar tentang sejarahnya, dan menyaksikan pertunjukan Ramayana Ballet yang spektakuler di malam hari.

Candi Borobudur

   
borobudur
Candi Borobudur (Source : Pinterest anadventurousworld.com)


Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogjakarta tanpa mengunjungi Candi Borobudur. Candi Buddha terbesar di dunia ini juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-8, candi ini menampilkan lebih dari seribu relief yang menggambarkan kisah-kisah Buddha.

Untuk membuat wisata budayamu lebih berkesan, kamu bisa menikmati pemandangan mengesankan dari atas candi saat matahari terbit atau terbenam.

Kampung Wisata Kota Gede


Kota Gede adalah sebuah kampung yang terkenal dengan kerajinan peraknya. Kamu bisa menjelajahi jalanan sempit yang dipenuhi dengan toko-toko perak tradisional. Bukan itu saja, kamu pun bisa melihat pengrajin perak yang sedang bekerja sekaligus mempelajari proses pembuatan perak secara langsung.

Istana Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat


Selain Keraton Jogjakarta, Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat adalah kompleks istana kerajaan lain yang patut kamu kunjungi. Di sini, kamu dapat melihat kemegahan arsitektur Jawa, mengunjungi museum yang menampilkan koleksi kerajaan, dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional.

Museum Sonobudoyo


Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Sonobudoyo. Museum ini merupakan salah satu yang terpenting di Jogjakarta. Museum Sonobudoyo menyimpan koleksi yang luar biasa dari berbagai aspek budaya Jawa. Seperti seni rupa, musik, tekstil, dan arkeologi.

Kamu dapat menjelajahi galeri-galeri yang penuh dengan artefak bersejarah, termasuk wayang kulit, gamelan, dan pakaian tradisional. Dengan mengunjungi museum ini, kamu akan mendapatkan wawasan yang mendalam terutama tentang budaya dan sejarah Jawa yang kaya.

Museum Ullen Sentalu


Selain Sonobudoyo, Jogjakarta juga memiliki museum Ullen Sentalu. Museum ini menyajikan koleksi yang unik dan eksklusif mengenai budaya dan sejarah keluarga kerajaan Mataram dan Jogjakarta. Kamu dapat mengeksplorasi galeri-galeri yang menampilkan artefak, foto, dan cerita yang menarik tentang kehidupan keluarga kerajaan.

Dengan bantuan pemandu, Museum Ullen Sentalu juga memberikan pengalaman yang interaktif dan edukatif melalui tur. Di sini, kamu dapat mempelajari lebih dalam tentang budaya Jawa, kehidupan kerajaan, dan nilai-nilai tradisional yang dijunjung tinggi.

Mengunjungi Jogjakarta dan menelusuri satu persatu destinasi wisata budaya yang ada memang tak akan pernah membosankan. Bagi kamu yang belum pernah ke kota ini, ada alternatif terbaik yang bisa memudahkan perjalananmu. Yakni menggunakan kereta api yang bertujuan ke Jogjakarta dengan memanfaatkan Traveloka sebagai penyedia tiket perjalanannya.

Traveloka adalah sebuah platform yang menyediakan akses untuk pemesanan tiket, akomodasi hingga produk layanan keuangan. Jadi, jika kamu berencana untuk wisata budaya di Jogjakarta, manfaatkan saja layanan Traveloka untuk membeli tiket kereta. Kamu bisa langsung melakukan pemesanan tiket kereta secara online dengan mudah melalui ponsel.

Pada intinya, apapun kebutuhan untuk perjalanan wisatamu, jangan ragu untuk memanfaatkan Traveloka. Agar perjalananmu jadi lebih mudah dan lancar tanpa kendala. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

19 komentar

  1. Dulu, waktu anak-anak masih SD, paling seneng kalau diajak wisata budaya, termasuk museum. Sekarang sukanya ke mall, pantai sama kuliner.... Hiks.... Kangen mengunjungi wisata budaya Jogjakarta yang sangat memorable

    BalasHapus
  2. Sebagai yang lahir dan gede di jogja, saya memang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut dari kecil. Namun kini saya punya tugas untuk mengenalkan semua tempat bersejarah itu kepada anak-anak saya.

    BalasHapus
  3. Mbaaa maa shaa Allah artikelnya membangkitkan keinginan untuk berkunjung ke Jogja, kaya akan tempat wisata yang lekat sekali dengan sejarah.
    Ditambah suasananya yang menurutku menyenangkan, ramah dan kulinernya enak-enak.

    BalasHapus
  4. Jogja memang selalu ngangenin yaa mbaa..kangen dengan keramahannya, budayanya yang njawani dan bangunannya yang sangat berciri khas...aahh jadi pengen ke jogja lagiii

    BalasHapus
  5. Jogja selalu ngangenin, entah apa yang membuatnya seperti itu
    Aku belum berkunjung ke semua obyek di atas nih, ke pbyek 7 & 8 belum pernah. Masih punya utang juga janjikan anakku ke museum Afandi di Jogja

    BalasHapus
  6. Borobudur nggak pernah luput dari absen siapapun yang ke Yoyga, ya. Tapi kemana pun kita, lebih menyenangkan jika datang ke sana dengan orang yang sefrekuensi, nggak, sih?

    BalasHapus
  7. Auto kangen Yogya baca artikelnya Bu Rita. Eksplore Yogya memang ga bisa sehari dua hari karena banyak destinasi yang sayang untuk dilewatkan

    BalasHapus
  8. Sepertinya saya belum pernah ke Museum Ullen Sentalu, mungkin bisa jadi tujuan wisata kalau ada kesempatan ke Yogya lagi

    BalasHapus
  9. Jogja itu seperti candu, selalu bikin rindu, walau sering sekali dikunjungi tetapi tidak pernah bosan menikmati suasana Jogja.

    BalasHapus
  10. Dari masih kecil sampai jadi ibu-ibu belum kesampaian juga cita-cita travelling ke Jogja. Masih dalam tahap wacana. Semoga dengan nyamannya fasilitas kereta api, semakin dekat pula dengan cita-cita itu.

    BalasHapus
  11. Baca artikelnya jadi kangen dan ingin berkunjung ke Jogja. Jogja tuh emang selalu ngangenin

    BalasHapus
  12. Pernah ke Jogja sekali doank, dan aku belum kemana-mana kecuali Malioboro hiks. Padahal di Jogja banyak banget wisata dengan desnitasi wisata sejarah. Tempat yang paling ingin ku kunjungi ya keraton Jogjakarta. Semoga bisa kesana yaa..kirim aku ke Jogja donk traveloka hihi.

    BalasHapus
  13. terdeteksi kurang jalan-jalan, wkwkwk dari sekian tempat yang diceritakan baru mengunjungi candi-candi saja, sisanya wisata alam hutan pinus sama pantai hehe. semoga lain waktu berkesempatan liat langsung, sementara virtual dulu di sini :D

    BalasHapus
  14. next bisa nyoba beli tiket KA lewat traveloka kalau main ke jogja. agar bisa menikmati Wisata budaya yang beragam, buanyak ya ternyata

    BalasHapus
  15. jadi pengen ke jogja, sekalian nginep 3 hari biar puas jalan-jalannya

    BalasHapus
  16. wisata jogja tuh emang ga ada habis-habisnya yaa, tiap mudik ke semarang rasanya selalu pengen ke jogja lagi, dan lagi. banyak wisata estetik yang baru terus soalnya

    BalasHapus
  17. Jogja tempat yang ngangenin, apalagi kalau ada kenangan indah bersama yang tercinta di sana. Kalau udah ke Jogja memang ga boleh ngelewatkan kesempatan buat mampir Magelang ke Borobudur

    BalasHapus
  18. Ullen sentalun tuh menarik banget si, dua kali ke sini waktu ke Jogja dan bisa belajar banyak tentang sejarah kerajaan Jogja dan Surakarta.

    BalasHapus

Posting Komentar