Cerita Apa Saja Tentang Kita

LIST PERLENGKAPAN UMROH WANITA YANG PENTING


   
list perlengkapan umroh wanita
Picture by Canva


List perlengkapan umroh wanita ini penting untuk diperhatikan, karena wanita memiliki kekhasan tersendiri.

Dalam kehidupan sehari-hari, wanita memiliki kebutuhan yang berbeda dengan laki-laki. Laki-laki biasanya praktis dan tidak butuh bermacam-macam benda. Sedangkan wanita untuk satu kali pemakaian baju saja sudah berlapis-lapis dan beraneka aksesori.

Begitu pula dalam urusan ibadah, khususnya haji atau umroh. Ada benda-benda yang vital diperlukan wanita agar perjalanan ibadahnya lancar dan nyaman.

Simak yuk, list perlengkapan umroh wanita di bawah ini :

List Perlengkapan Umroh Wanita yang Penting 

Berikut ini daftar beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan wanita saat umroh :

1. Baju Umroh


Selama prosesi umroh, baju untuk perempuan tidak ada syarat khusus. Beda dengan lelaki yang wajib menggunakan dua lembar kain tak berjahit.

Untuk perempuan tidak ada syarat atau warna khusus. Boleh warna apa saja, bentuk apa saja, yang penting longgar, tidak transparan, bisa menutup aurat dengan baik, suci dan bersih.

Namun biasanya jamaah dari Asia lebih menyukai gamis putih untuk umroh. Tidak masalah, selama baju tidak tipis dan transparan.

Ada juga biro travel yang menentukan dress code sendiri selama proses umroh untuk memudahkan pengawasan di tengah padatnya jamaah dari berbagai negara lainnya. Terkait dengan ini bisa ditanyakan kepada travel yang diikuti.

2. Baju Harian


Baju harian ini untuk dipakai aktivitas sehari-hari. Bagi yang terbiasa pakai gamis bagus, yang pakai baju potongan juga tidak masalah. Yang penting baju sesuai dengan syariat yaitu longgar, tidak transparan, dan tentu saja bersih.

Jumlahnya disesuaikan dengan lamanya umroh. Kecuali disana mau cuci baju, bisa bawa 4-5 gamis sudah cukup berapapun jumlah hari umrohnya.

Di sebagian hotel Mekah ada yang dilengkapi dengan balkon berpagar sehingga bisa difungsikan untuk menjemur baju. Dengan suhu yang kering disana akan mempercepat keringnya baju. Di musim panas bahkan dijemur malam pagi hari sudah kering, selama bahannya bukan bahan yang sangat tebal.

3. Baju Tidur


Baju tidur diperlukan saat berada di kamar hotel. Tentu saja baju tidur akan membuat istirahat lebih nyaman dibandingkan tidur dengan baju pergi. PIlih baju tidur berbahan ringan dan mudah kering agar bisa cuci pakai, sehingga cukup membawa 3 potong baju atau daster.

4. Gantungan Baju atau Hanger


Hanger digunakan untuk menggantung baju pergi yang akan digunakan kembali. Atau untuk menjemur baju yang dicuci.

Ada juga beberapa hotel yang menyediakan hanger, namun akan lebih baik bawa untuk berjaga-jaga.

5. Jilbab


Bawalah jilbab yang praktis dan nyaman digunakan. Hindari jilbab yang rumit dan menyulitkan jika harus wudhu ulang atau harus bersiap cepat.

Jilbab instan berbahan hyget atau kaos yang menyerap keringat dianjurkan untuk digunakan. Saat ini banyak tersedia jilbab instan yang masih tetap cantik dan modis untuk dipakai.

6. Manset Tangan


Manset untuk sholat ataupun untuk menyempurnakan tertutupnya aurat saat beraktivitas perlu disiapkan.

7. Mukena


Mukena diperlukan untuk sholat di kamar saat tidak bisa ke masjid karena terlalu lelah atau kondisi lainnya. Sedangkan untuk sholat di masjid cukup menggunakan gamis yang dipakai, dilengkapi dengan manset dan kaos kaki serta jilbab yang menutup dada.

8. Kulot atau Celana Panjang Dalaman


Untuk menyempurnakan tertutupnya aurat agar tidak tersingkap, lengkapilah dengan celana panjang atau kulot yang nyaman.

Apalagi jika berencana untuk memakai gamis putih saat umroh. Gamis putih rawan transparan, sehingga perlu ditambahkan kulot atau rok agar lebih sesuai syariat.

9. Baju Dalaman


Bawalah baju dalam yang cukup agar bisa sering berganti saat sudah kotor atau tidak nyaman. Baju dalam dengan bahan ringan dan mudah kering akan lebih disarankan.

Pembalut atau pantyliner bisa digunakan untuk kepraktisan. Saat kena najis tinggal mengganti pembalutnya, tidak perlu mengganti celana dalam yang tentu akan sangat merepotkan saat dalam perjalanan jauh atau saat ibadah.

10. Kaos Kaki


Kaos kaki sangat penting untuk memastikan aurat tertutup dengan sempurna. Selama ibadah tidak dibenarkan kaki dalam keadaan terbuka. Pakailah kaos kaki dengan bahan yang elastis dan lembut agar nyaman dikenakan dalam jangka waktu panjang

Bawa beberapa pasang agar bisa digunakan bergantian.

11. Kacamata Hitam dan Topi Lebar


Khusus umroh di musim panas, yaitu di bulan April - awal Oktober perlu membawa kacamata hitam dan topi lebar saat aktivitas luar ruangan untuk menangkal cahaya matahari yang cukup menyilaukan.

Untuk yang berkacamata minus bisa dipertimbangkan untuk menggunakan kacamata dengan lensa fotokromik agar tidak repot mengganti kacamata saat akan keluar ruangan.

12. Pelembab


Pelembab tidak hanya diperlukan di musim panas. Justru di musim dingin kulit lebih membutuhkan pelembab karena meski suhu dingin tapi udara kering.

Saat panas kita akan otomatis sering minum, sehingga tidak kurang cairan. Saat dingin, seringnya lupa minum sehingga kulit juga lebih cepat kering.

Akan lebih utama jika membawa pelembab atau skincare yang non alkohol dan non parfum untuk lebih nyaman dan bebas dari khawatir umroh batal akibat lupa menggunakan lotion atau sabun yang berparfum.

Barang Lainnya yang Penting Dibawa


Selain list perlengkapan umroh wanita yang khusus, ada juga perlengkapan yang diperlukan secara umum, misalnya sandal jepit, handphone, charger, powerbank, dan lain-lain.

1. Baju Batik Seragam


Baju batik seragam bukan untuk gaya-gayaan. Baju ini berfungsi sebagai pengenal agar mudah ngecek anggota grup umroh saat di perjalanan. Kondisi bandara yang padat dan crowded akan menyulitkan petugas untuk mengenali jamaah umroh tanpa bantuan seragam. Jadi, jangan sampai tidak pakai ya, bisa-bisa ketinggalan nanti.

2. Name Tag


Tanda pengenal atau name tag biasanya dibagikan oleh travel saat berangkat. Ini fungsinya adalah untuk berjaga kalau-kalau terlepas dari rombongan, akan lebih mudah dibantu untuk segera bertemu rombongannya kembali. 

Di name tag selain ada info nama jamaah, juga ada info info nama travel, nama hotel tempat menginap saat di madinah dan mekah, juga nomer kontak tour leader dan muthowif. Sebaiknya selama di tanah suci pastikan name tag selalu dibawa. Kadang hal ini dianggap sepele padahal sangat penting bagi keselamatan para jamaah.

3. Dokumen Perjalanan


Saat di tanah air, dokumen identitas yang penting adalah KTP. Untuk perjalanan ke luar negeri dokumen yang wajib dibawa adalah paspor sebagai pengganti KTP. Jadi pastikan paspor dibawa dan disimpan dengan baik.

Biasanya di tanah suci paspor akan disimpankan oleh petugas dari travel untuk menghindari kemungkinan hilang atau tercecer.

Lengkapnya silahkan cek di tabel dibawah ini :

list perlengkapan umroh wanita
www.ritakana.com


Itulah list perlengkapan umroh wanita yang perlu dipersiapkan dengan baik sebelum berangkat, agar ibadah bisa tenang, dan lancar. Jika info ini dirasa bermanfaat, silakan dibagi teman-teman yang akan berangkat umroh.

Semoga umrohnya mabrur dan maqbulah. Aamiin...
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

19 komentar

  1. MasyaAllah TabarokAllah.
    membantu bangett utk para calon jamaah.
    makasii bnyak infonya ya
    jadi pingin umroh kan..

    BalasHapus
  2. MasyaAllaah. Semoga bisa segera ke Baitullah. Jadi untun tawaf warna apapun boleh ya, Mb. Syaratnya wajib menutup aurat.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, semoga kita semua bisa segera dipanggil ke Baitullah ya. Daftar ini bagus banget untuk dibuat checklist jika suatu saat akan pergi ke Mekkah dan Madinah nih. Oh iya, satu lagi yang sepertinya perlu dibawa-bawa juga itu mungkin tumbler ya Mbak? Mengingat seringnya cuaca panas di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga bawa tumbler utk bawa zamzam. Kalau saya lebih suka memanfaatkan botol kemasan air mineral yg sering dibagikan.

      Hapus
    2. boleh juga bawa tumbler utk bawa zamzam. Kalau saya lebih suka memanfaatkan botol kemasan air mineral yg sering dibagikan.

      Hapus
  4. Kalau mamaku umroh dalamannya pake celana sekali pakai kaya tiisue gitu mbak. Jadi tinggal buang gak ribet nyuci daleman lagi. Ngebantu bgt supaya minimalisir bawaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga ini, pakai CD yg sekali pakai, cuma kadang kurang nyaman ya pakai yg tidak biasanya digunakan.

      Hapus
    2. bisa juga ini, pakai CD yg sekali pakai, cuma kadang kurang nyaman ya pakai yg tidak biasanya digunakan.

      Hapus
  5. Wah iya, saat umroh pastikan membawa semua perlengkapan ya mbak
    Biar ibadah bisa tenang dan lancar

    BalasHapus
  6. Wah terima kasih mbak udah share, mudah-mudahan bisa berangkat umroh bareng suami, suamiku udah duluan sih tapi sudah didoain semoga nanti bisa berangkat bareng.

    BalasHapus
  7. Terima kasih sharing-nya, Mba...Well noted, mesti disimpan ini link artikelnya, mengingat list perlengkapan umroh wanita ini penting untuk diperhatikan, karena wanita memiliki kekhasan tersendiri.

    BalasHapus
  8. Wah bagus nih persiapan untuk bisa umrah.. lengkap sekali perlengkapannya ya

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah dimudahkan dengan adanya list perlengkapan umroh wanita yang perlu dipersiapkan dengan baik. Jadi ketika berangkat umroh bisa lebih matang dan gak keteter saat di Baitullah untuk printilan yang kecil-kecil yang mungkin terlupa.

    BalasHapus
  10. Wah penting banget ini mbak, sangat membantu untuk yang belum pernah ke tanah suci seperti saya...
    Terimakasih sharingnya mbak..

    BalasHapus
  11. Bermanfaat banget mbak, terima kasih sharingnya ya
    Hal-hal kecil yang kadang terlupa seperti manset, yang perlu dipastikan menggunakan pakaian yang nyaman ya mbak, supaya ga ribet sendiri saat umroh nanti

    BalasHapus
  12. Ternyata banyak juga ya. Thank you mba informasinya bisa jadi referensi kalau suatu saat nanti umroh

    BalasHapus
  13. terima kasih sharingnya, mbak. kalau perempuan biasanya memang lebih banyak ya printilannya ketimbang laki-laki makanya perlu banget ceklist begini biar nggak ada yang ketinggalan

    BalasHapus

Posting Komentar