Cerita Apa Saja Tentang Kita

MENGULIK NOVEL ROTASI DAN REVOLUSI


  
  
Novel Rotasi dan Revolusi


"Pada suatu hari, Semesta menyisipkan roh seorang dewa penguasa dan dewi pengetahuan ke dalam dua tubuh manusia. Kedua manusia itu pun tumbuh dewasa. Kelak ketika bertemu, mereka dihadapkan untuk saling beradaptasi dengan kepribadian yang bertolak belakang, serta memberi pelajaran bagi manusia lainnya"

 

 
Crowdstroia


Membaca kalimat pembuka buku berjudul Rotasi dan Revolusi ini, apa yang terlintas di benakmu, Temans? Menarik memang tulisan dari seorang penulis belia ini. Sebelum memutuskan beli novel versi cetaknya, aku sudah jatuh cinta duluan sama tulisannya Crowdstroia di wattpad.

Awalnya aku baca tulisannya Troia, begitu biasa dia disebut oleh penggemarnya, yang berjudul Rekonstruksi. Novel ini mengisahkan bagaimana usaha yang dilakukan sepasang suami istri muda beranak satu saat menghadapi godaan pihak ketiga. Dan sebenarnya novel ini yang pengen aku review karena aku betul-betul dapet insight yang banyak dan bagus-bagus. It does enlighten me.

Sayangnya, sebelum dicetak dalam bentuk hard, ternyata versi wattpad nya sudah dihapus sama penulisnya. Mudah-mudahan karena sedang disiapkan untuk naik cetak ya, karena novel ini asli bagus banget. Mateng gitu pemikirannya. Akan sangat bagus untuk dibaca sama keluarga-keluarga muda, maupun yang sedang bersiap menuju pernikahan. 

Meski agak kecewa karena tidak jadi review yang Rekonstruksi, tapi ya sudahlah, masih banyak kok tulisan Troia lainnya yang gak kalah bagus. Salah satunya adalah novel yang berjudul Rotasi dan Revolusi ini.

Tentang Novel Rotasi dan Revolusi


Novel yang disambut manis baik versi wattpad maupun versi cetaknya ini ditulis oleh seorang yang bernama pena Crowdstroia. Saking logic nya cara berpikir dia yang kebaca di karya-karyanya, sampai aku menduga penulisnya cowok lho. Cowok dewasa dengan karakter yang kokoh dan cerdas. 

Ternyata, ya ampuun, penulisnya masih imyut bangeet. Cewek pula. Waktu aku baca tulisan-tulisan dia di tahun 2018 Troia masih usia 22 tahun, berarti sekarang kira-kira 24 tahun ya. See? Imut banget kan? Padahal tulisannya itu padat, penuh dengan argumen cerdas tanpa kehilangan keindahan sastranya.

Novel Rotasi dan Revolusi tebalnya 446 halaman dan diterbitkan oleh penerbit nasional Elex Media Komputindo. Tahu kan nama penerbitnya.. Yang suka baca komik Conan pasti tahu hehe.

Rumitnya Menyatukan Dua Karakter 


Kisah dimulai ketika Riv, Trivia Ganggarespati harus menyelesaikan skripsinya di bidang biomaterial. Ternyata topik yang dia ambil hanya ada satu senior yang pernah meneliti juga, senior yang tanpa dia tahu sebelumnya, bahwa kelak dia akan memberi warna lain dalam hidupnya, Arraf Abizard Rauf.

   
Arraf Abizard Rauf


Riv, untuk mendapatkan sampel buat penelitiannya dengan cepat, disarankan oleh pak Hugo, dosen pembimbingnya, untuk menghubungi Arraf. Saat mengambil sampel di rumah Arraf, Riv mengajukan satu pertanyaan yang membuat Arraf akhirnya mengejar Riv untuk bertemu kembali. 

Menarik mengikuti bagaimana dua orang ini beradaptasi satu sama lain. Dua orang dengan karakter, background keluarga, dan pandangan-pandangan hidup yang bertolak belakang. Arraf yang perfeksionis, harus selalu jadi nomor satu, jadi pusat perhatian, sang Rockstar kampus, dengan Riv yang kalem, super cuek, easy going, gak peduli kata orang, gak suka dalam sorotan, namun cerdas. Amat cerdas malah.

  
Magis Riv


Uniknya, makin lama mereka berinteraksi, mereka sama-sama menyadari bahwa di balik semua perbedaan tajam yang mereka miliki, ternyata ada satu tujuan yang sama. Yang artinya, mereka bisa jalan bareng ke jenjang yang lebih serius. Arraf baru kali ini menemukan satu sosok yang tanpa basa basi yang bisa menguliti kepribadiannya yang selama ini tersimpan rapi. Orang hanya tahu kulit luarnya. Tapi Riv beda. 

Konflik Penambah Seru


Selain dialog-dialog cerdas yang bertebaran, novel ini juga dibumbui konflik yang kalau aku bilang anti mainstream. Misalnya, bahwa ternyata Jamal,ayahnya Riv, itu seorang gay. Gay tapi memilih untuk menikah dengan perempuan dan memilih untuk setia. Another perspective 'bout LGBT I think. 

Lalu, bagaimana ketika Arraf, sang maha raja Arraf Abizard Rauf, yang kokoh di luar namun ternyata menyimpan sisi kosong di ruang batinnya. Karena pengkhianatan dari orang yang dia percayai. Bagaimana dia kemudian bisa move on kembali.

Novel ini juga dibumbui dengan humor-humor segar, yang hadirnya sedikit, namun bisa membuat geleng-geleng kepala sambil ketawa. Bukan humor receh. Jadi banyak suspense gitu. Baca sambil terkejut-kejut dengan dialog yang terbangun. Sampai gemes banget sama sosok Riv ini, lucu, sekaligus ngeselin wkwk.

  
Darling You're Different


Epilog


Well, yes, mungkin ada banyak cerita di luar sana yang mengisahkan dua orang yang karakternya bertolak belakang lalu saling jatuh cinta. Tapi Crowdstroia mampu mengolahnya dengan sudut pandang yang berbeda. Itu kenapa baca bukunya jadi nggak ngebosenin. Karena banyak kejutan-kejutan itu tadi.  Ditambah dengan pembicaraan yang di beberapa kali kesempatan terasa ilmiahnya, tapi tetep asik untuk dinikmati. 

Banyak hal yang aku dapatkan dari membaca novel ini, salah satu yang paling lekat adalah bahwa komunikasi yang intens mampu menjembatani perbedaan selebar apapun itu. Arraf dan Riv sangat serius mendialogkan beberapa titik perbedaan yang mereka punya. 

Mencari tahu bagaimana sudut pandang pasangan, karena seringkali perbedaan muncul karena beda sudut dan cara melihat terhadap sesuatu. Di sini lah lubang besar yang banyak menyebabkan rusaknya sebuah hubungan, baik persahabatan, kerjasama, maupun romantika. Dan kedua tokoh sentral novel ini mencontohkan dengan apik bagaimana mereka membangun pemahaman bersama.

Selain itu juga kesimpulanku tidak selamanya yang berbeda itu tidak akan pernah bisa bersatu. Selagi kedua pihak terus berusaha menemukan kesamaan dan saling mencoba memahami perbedaannya bukan tidak mungkin kedua pihak bisa menjalin hubungan erat. Kayak Riv dan Arraf. Cakep kan ini. Banyak pasangan berpisah karena fokus pada perbedaannya. Dunia kacau balau karena lebih banyak mencari dan membesarkan perbedaan. Padahal kalau saja mau saling menemukan kesamaan, tidak akan ada peperangan. Duh, kok jadi jauh banget pembahasanku hehe.. 

Ya udah, daripada aku makin kemana-mana, mending baca sendiri deh novel Rotasi dan Revolusi tulisannya Crowdstroia ini. Kalau kamu juga suka sama novelnya Troia juga, atau punya novel favorit yang lain, boleh kok sharing di kolom komentar di bawah ini. Siapa tahu aku juga jadi pengen baca. Oke, Teman-teman, selamat membaca ya. Bye
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

10 komentar

  1. Setuju banget ama kalimat ini mba. "tidak selamanya yang berbeda itu tidak akan pernah bisa bersatu. Selagi kedua pihak terus berusaha menemukan kesamaan dan saling mencoba memahami perbedaannya bukan tidak mungkin kedua pihak bisa menjalin hubungan erat".saling melengkapi itu asiiik ko hehe

    BalasHapus
  2. Ya, komunikasi memang harus dipertahankan untuk memecahkan solusi yang ada. Kalo nggak gitu, pasti ambyar.

    BalasHapus
  3. Nggak asing bangett sama kovernya, dan ternyata ku dulu pernah baca cuma nggak selesai² huhuhu
    Baca review nya Bu Rita jd makin penasaran niih sama cerita lengkapnya 🤭

    BalasHapus
  4. Ini nih..penulis yang pernah bu Rita racuni ke saya, Troia...heheheh
    Sayangnya saya paling gak bisa baca pakai hape, jadi gak biasa buka wattpad.

    pinjem dong bukunya....qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang bbrp bukunya udah cetak bu, tp tetep banyak yg bagus2 karya dia di wattpad sih

      Hapus
  5. Mba Rita, jadi pengen baca tulisan Troia juga. Aku kesannya wattpad isinya cerita genre teenlit aja, ternyata engga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak dong mbak, macem2 banget. Tinggal kita ngikutin siapa. Coba deh kepoin tulisannya Troia yang lain, cakep2

      Hapus

Posting Komentar