Cerita Apa Saja Tentang Kita

BELAJAR BISNIS BERSAMA EMAK KEREN DI MASTERMIND CLASS

  
Belajar Bisnis di Mastermind Class
Suasana kelas online Mastermind (www.ritakana.com)



Barusan selesai seru-seruan belajar bisnis bersama emak-emak super keren nih di Mastermind Class. Jadi ngerti ada banyak PR yang harus dikejar untuk pertumbuhan bisnisku. MasyaAllah, rejeki besar buat aku yang masih memulai berbisnis, bisa belajar bersama emak-emak tangguh yang bisnisnya sudah melesat jauh.

Awal Ketemu Mastermind Class


Bermula dari mengikuti Grounded Business Coaching led by Dr Fahmi atau lebih akrab dipanggil Coach Fahmi di Malang. Setelah lima hari digojlok dengan aneka borang, kemudian aku masuk di grup whatsapp khusus alumni GBC yang perempuan. Grup woman GCoach. Disinilah aku membaca info tentang kelas Mastermind yang di coaching langsung oleh 4 senior yaitu Bu Henny, Teh Inne, Mbak Yayuk, dan Teh Ira Pohan. Ada yang sudah kenal nama-nama disitu?

Aku masuk angkatan ke 3 bersama 10 orang teman yang lain. Sempat minder juga sih, karena ternyata di grup MM Class ini anggotanya teman-teman muslimah yang omzet bisnisnya sudah mencapai ratusan juta bahkan milyar per bulannya. Apalah aku ini yang masih memulai dengan angka puluhan saja.

Apa itu Mastermind Class


Mastermind Class biasa disingkat MMClass, adalah wadah silaturahim muslimah pengusaha di Indonesia, untuk saling belajar. Sambil membedah poin-poin pelajaran dari kakak fasilitator, jangan lewatkan menyimak sharing dari kakak kakak fasil di angkatan 01 dan 02 yang sudah duluan selesai belajar.

Kelas yang non profit ini didedikasikan oleh para foundernya, yaitu kakak kakak fasil 01 yang empat orang tadi, untuk para muslimah pengusaha yang ada di Indonesia. Kalau organisasi pengusaha ada banyak ya, tapi wadah untuk bisa belajar bisnis sekaligus saling sharing bertukar ilmu sepertinya belum nemu.

Belajar tentang Financial Mastery, Marketing Mastery, belajar jadi ahli branding, dan ada banyak lagi. Duh, serius banget ya tema-temanya. Iya dong, kan aku juga serius mau berhasil di bisnisku. Yang bikin asyik, karena di kelas itu yang hadir adalah para pelaku usaha, jadi diskusinya hidup dan padat dengan pengalaman masing-masing. Jadi bukan teori saja. Dari pengalaman bisnis kuliner, fashion, sampai property, ada semua disitu.

Syarat Mengikuti MMClass


Disini nih yang unik. Syarat mengikuti MMClass, selain harus komitmen mengikuti seluruh kelas, juga wajib ada ijin dari suami. Loh, kok, pakai syarat ijin suami sih? Ya iyalah, kalau tidak ada ijin bisa gawat, karena kelasnya dimulai pagi-pagi banget. Dari jam 05.30 - 07.30 full menyimak dan diskusi di ruang zoom meeting.

Selain itu, syaratnya adalah muslimah yang bisnisnya sudah ada karyawan dan beromzet minimal 10 juta sebulan. Realitanya yang daftar masuk kelasnya omzetnya udah gedhe-gedhe, masyaAllah.

Manfaat MMClass


Kalau buat aku pribadi kerasa banget manfaatnya. Pertama, dari ilmu-ilmu yang dibahas selama 30 hari itu, sangat penting untuk bekal mengembangkan bisnisku. Kedua, dapat insight dari para pelaku bisnis muslimah, yang saat ini bisnisnya sudah stabil. Kalau mau dibimbing, sudah pasti pilih pembimbing yang sudah terbukti berhasil kan. Ketiga, jejaring. Ya, jejaring ini manfaat yang sangat besar. Karena aku bisa mengenalkan bisnis travel haji umrohku kepada teman-teman yang menjadi peserta kelas dari semua angkatan.

Keempat, aku jadi punya tempat dimana aku bisa bertanya kepada sesama pengusaha muslimah tentang hal-hal yang terkait dengan bisnis. Kelima, persaudaraan. Meskipun rata-rata masih jumpa daring, tapi rasanya sudah dekat. Bahkan, jadi kebiasaan baru, untuk saling mengunjungi saat sedang ke kota tertentu yang disitu ada anggota MMClass. Seru banget.

Sebuah keberuntungan besar buatku, bisa belajar bisnis bersama emak-emak keren di Mastermind Class. Siapa mau ikut masuk di angkatan 05?

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

12 komentar

  1. masyaAllah seru sekali ya mb ada komunitas seperti MMclass yang mewadahi pengusaha muslim di Indonesia. sayang saya belum punya usaha ehehhehe
    omsetnya waw waw ya, mb. termasuk mb juga. mantab!
    btw, jadwalnya lumayan ya mb, tiap pagi via zoom. bisa disambi masak ga mb? :D

    BalasHapus
  2. aku kepo penjelasan ayng lebih detail lagi mbak. hhhhe, ilmu bisnisnya maksudku. dan keren ya, harus ada ijin suam dul sebelum ikutan kelas MMclass

    BalasHapus
  3. Widiiiih....puluhan juta... masyaallah.
    Barakallah Bu Bos, maju terus demi ummat

    BalasHapus
  4. MasyaAllah. Bu Rita makin naik kelas aja nih dengan bisnisnya. Semoga semakin berkembang and go international someday. Amin

    BalasHapus
  5. Waaah, makin keren aja ikutan MMClass ini, Bunda. Semoga makin melaju cepat ya Bun. Bismillah~

    BalasHapus
  6. Wah ini kelas pengusaha muslimah yang hebat deh. Aku pengen ikutan tapi apa daya, waktunya ngerii banget haha

    Jam segitu aku masih sibuk pumping bu wkwk.

    BalasHapus
  7. Emang kalau udah niat jadi prof dan fokus di bisnis kudu totalitas ya mbak, ijin suami juga harga mati. Keren deh sukses terus untuk bisnisnya ya mbak rita ..

    BalasHapus
  8. Baru tau nih kalau punya bisnis travel umroh dan Haji..
    Semoga kelak bisa memakai jasanya juga deh.. Semoga dimampukan.. Aamiin :D

    BalasHapus
  9. Mba rit di malang? Masyaa Allah senang ya kalau sudah punya bisnis yang stabil, aku masih gado gado aja wkwk
    Barakallah mba semoga selalu lancar dan berkah bisnisnya
    Keep learning🤗

    BalasHapus
  10. Jadwal kelas nya cukup menantang ya Bun, jam2 hectic emak2 di dapur buat perbekalan suami. Moga next bsa ikutan

    BalasHapus
  11. Masya Allah min 10 juta duh auto mellipirnyg masih ngitung 1 digit aja dah hepi.

    Barokalloh y bunda. Smga makin sukses...aku bisa bayangin peremluab produktif di dunia bisnis ini.. keren

    BalasHapus
  12. Masya Allah syarat minimal aja 10 juta, gajian dari blog masih separuhnya itu juga kadang nyampai kadang enggak wkwk.

    Barakallah bu Rita, semoga bisa mengembangkan bisnis yang bermanfaat bagi umat :)

    BalasHapus

Posting Komentar