Cerita Apa Saja Tentang Kita

Tips Memilih Manajer Investasi Terbaik untuk Profit Melejit

  

  

tips memilih manajer investasi reksadana

Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana


Saat melakukan investasi reksadana, pasti akan membutuhkan MI atau Manajer Investasi terbaik. Pasalnya, Manajer Investasi merupakan salah satu elemen yang cukup penting di dunia reksadana. Semakin piawai pihak atau perusahaan yang dipilih, profit yang didapatkan bisa semakin tinggi.

 

Ada beberapa fungsi utama Manajer Investasi, mulai dari mengelola dana, melakukan pembelian dan penjualan sampai dengan memberikan laporan. Karena itulah, penting sekali memilih yang terbaik yang ada. Seperti halnya jika memilih berinvestasi reksadana di makmur.id, Anda akan didampingi atau didukung oleh Manajer Investasi terbaik yang sudah lolos berbagai pengujian.

 

Bagi Anda yang pertama kali melakukan investasi di reksadana dan sedang mencari Manajer Investasi terbaik, kali ini akan diberikan tips-tipsnya.

 

Pastikan Legalitasnya

 

Hal utama yang perlu Anda periksa adalah legalitas dari pihak atau perusahaan Manajer Investasi yang akan dipilih. Pastikan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, investasi yang dilakukan akan diawasi secara langsung oleh OJK. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penipuan atau investasi bodong.

 

Cara paling mudah mengecek legalitasnya adalah dengan melihat di website OJK yaitu reksadana.ojk.go.id. Jangan mudah terpedaya dengan logo OJK, Anda harus memastikannya sendiri.

 

Ketahui Rekam Jejak

 

Setelah memastikan Manajer Investasi yang dipilih terdaftar di OJK, wajib ketahui rekam jejaknya. Jangan gampang tergiur dengan embel-embel profit yang besar, pastikan Manajer Investasi memiliki rekam jejak yang bagus. Hal tersebut bisa dilihat di berbagai berita atau juga prospektus yang ditawarkan.

 

Rekam jejak juga bisa dilihat dari para pengguna sebelumnya atau istilahnya testimoni. Jika dirasa sudah memiliki jam terbang yang tinggi dan tingkat profesional yang baik, bisa segera melakukan investasi reksadana.

 

Pilih Manajer Investasi yang Konsisten

 

Jam terbang atau pengalaman yang tinggi saat memilih Manajer Investasi memang sangat penting. Namun yang tidak kalah penting adalah memilih mereka yang memiliki kinerja yang konsisten. Dengan begitu, pergerakan drastis yang tidak diprediksi akan bisa diminimalisir. Jangan sampai Manajer Investasi yang dipilih malah memberikan pengalaman buruk.

 

Cek Dana Kelolaan Perusahaan

 

Cara lainnya adalah dengan mengecek dana kelolaan yang dimiliki oleh perusahaan manajer Investasi. Cara mengeceknya, bisa lewat banyak cara. Mulai dari mengunjungi web resmi perusahaan Manajer Investasi, situs resmi OJK, situs pihak ketiga, sampai dengan mendapatkan laporan langsung dari perusahaan.

 

Sebenarnya, dana kelolaan yang nilainya besar tidak menjamin kinerja sebuah Manajer Investasi terbaik. Meski begitu, jika nilainya besar bisa menjadi acuan jika perusahaan atau pihak Manajer Investasi yang dipilih dipercaya banyak investor. Dan tentunya, ada banyak alasan kenapa perusahan dipercaya banyak investor.

 

Pastikan Kualitas Pelayanan

 

Tips lainnya adalah memastikan kualitas pelayanan perusahaan Manajer Investasi yang dipilih juga baik. Hal tersebut sangat perlu dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang memang berencana untuk melakukan investasi jangka panjang.

 

Ada beberapa kualitas yang perlu diketahui sejak awal, sebelum menanamkan dana investasi. Mulai dari transparansi perusahaan, pemberian layanan kepada para pelanggan, mudah atau tidaknya akses ke informasi, bagaimana keterlibatan manajemen, sampai dengan kejelasan terkait prospektus, kontrak sampai dengan fund fact sheet.

 

Cari tahu juga pengalaman atau rekam jejak tim yang berada di Manajemen Investasi, bagaimana keluwesan pelayanan yang ditawarkan, rekomendasi profesional, sampai dengan ulasan dari para independen. Cari tahu sebaik mungkin supaya dana yang Anda investasikan tidak hangus di tangan Manajer Investasi yang salah.

 

Ketahui Biaya Manajer Investasi

 

Hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui kisaran biaya Manajer Investasi yang dipilih. Artinya, Anda harus memilih pihak atau perusahaan yang memiliki transparansi dalam hal biaya. Jika demikian, Anda tidak akan khawatir lagi terkena biaya tambahan atau biaya tidak terduga di akhir.

 

Tidak hanya biaya Manajer Investasi saja, cari tahu juga berbagai biaya lainnya. Mulai dari biaya transaksi, biaya penjualan kembali, biaya pelayanan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui semua biayanya secara terperinci, Anda bisa mengetahui perkiraan biaya yang akan terpotong. Tidak ada lagi kejutan biaya tambahan yang seringkali datangnya tak diharapkan.

 

Jangan Hanya Ikut-ikutan

 

Satu lagi tips yang perlu Anda terapkan saat memilih Manajer Investasi yaitu jangan hanya ikut-ikutan. Cari tahu semuanya dengan teliti jangan hanya tergantung dengan rekomendasi orang-orang saja. Perlu cari tahu seluk beluk sedetail mungkin, supaya biaya yang dikeluarkan tidak akan sia-sia di kemudian hari.

 

Jadikan rekomendasi dari orang lain sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih Manajer Investasi. Jangan jadikan pertimbangan orang lain sebagai satu-satunya hal untuk memilih Manajer Investasi. Sesuaikan juga dengan biaya yang dimiliki, jika memungkinkan bisa mulai dari angka kecil terlebih dahulu untuk media pembelajaran.

 

Demikianlah tips memilih Manajer Investasi terbaik bagi Anda yang ingin terjun ke reksadana. Sementara bagi Anda yang ingin terbebas dari riba, bisa pilih reksadana syariah makmur.id. Prinsip yang diusung adalah konsep Islam yang akan membuat Anda terbebas dari bisnis haram, sangat cocok untuk investor muslim.

 

Makmur.id sendiri merupakan platform investasi yang melayani cara konvensional dan syariah. Pilihan jenis investasinya sangat beragam, bisa dipilih sesuai dengan preferensi masing-masing. Menariknya, dengan makmur.id, Anda bisa berinvestasi mulai dari 10 ribu saja, lebih murah dari biaya nongkrong sehari-hari.

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

15 komentar

  1. Memilih Manajer Investasi ini memang harus cermat dan teliti supaya investasinya juga lebih aman dan terjamin manfaatnya, ya, Kak.

    BalasHapus
  2. Melihat dari namanya makmur, Indonesia banget ya...
    Alhamdulillah kalau ada layanan secara konvensional maupun syariah. Jadi makin bebas pilihannya ya untuk bisa berinvestasi ini

    BalasHapus
  3. Kalau pemula emang paling pas jika menggunakan manajer investasi ya mbak
    Seperti makmur.id ini

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu ada manajer investasi. Kalau ada ini jadi enak ya investasi nggak perlu takut karena ada manajer yang mengatur keuangan

    BalasHapus
  5. Mbak apa itu manajer investasi. Jika g baca artikel ini aku g bakal tahu nih. Makasih y artikel edukasinya. Sejujurnya urusan investasi ini banyak di handle suamiku jadi literasi finansialku kurang ok

    BalasHapus
  6. Investasi memang gak boleh banget ikut-ikutan. Kudu menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Nah, enaknya di makmur.id, langsung didampingi oleh menejer investasi yang teruji. Sehingga investasi reksadana bisa lebih mantap.

    BalasHapus
  7. Waa penting banget untuk menelisik lebih dalam tentang rekam jejaknya. Kalau owrlu baertanya langsung kepada orang orang yang sudah oernah bekerja sama. Biar kita juga tenang kedepannya..

    BalasHapus
  8. Mau investasi memang harus teliti. Kalau tidak, bukannya untung malah buntung. Aku baru tahu kalau perlu manajer informasi juga buat investasi ya. Kirain bisa langsung-langsung aja.

    BalasHapus
  9. Wah, pencarian Manajer Investasi yang cocok dan amanah memang harus dengan ekstra effort sepertinya ya. Selain konsistensi, transparansi dan komunikasi yang baik perlu diperhatikan juga sejak awal rasanya. Jangan sampai keinginan untung dari investasi malah berujung nyangkut di sana sini.

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu ada manajer investasi. Tapi jadi lebih jelas ya kalau mau investasi biar untung nggak buntung

    BalasHapus
  11. Kalau enggak teliti nyari manajer, bakalan bisa kena investasi bodong
    Makanya sangat bersyukur bisa kenal sama orang-orang baik saja
    Sekaligus lihat juga track record-nya

    BalasHapus
  12. Saya juga memilih reksadana, karena menurut saya investasi seperti ini lebih nyaman buat saya yang masih pemula untuk belajar investasi, saya sudah mencoba beberapa jenis instrumen, dan untuk investasi jangka menengah saya memilih reksadana

    BalasHapus
  13. Asli baru tahu tentang manajer investasi Mbak, thanks sudah share yaa

    BalasHapus
  14. wah jadi ingat waktu awal investasi ke reksadana itu saya nggak pakai pertimbangan apapun asal pilih aja akhirnya ternyata MI-nya bermasalah dan uang saya berkurang deh. kalau sekarang masih sih invest di reksadana tapi lebih cermat memilih MI-nya

    BalasHapus
  15. Yang berhubungan dengan syariah tuh lebih menenangkan ya Kak
    makasih sudah mengenaolkan manager ivestasi terbaik ini kak

    BalasHapus

Posting Komentar