Cerita Apa Saja Tentang Kita

Liburan 2 Hari di Solo Bisa ke Mana Aja?

   

    
ikon kota solo
ikon kota Solo (gambar milik pemkot Surakarta)



Sama seperti wisata kota Jogja, destinasi wisata Solo juga sama bervariasi dan menariknya, lho. Ini dia rekomendasi wisata Solo terdekat buat kamu yang bosan mengunjungi Jogja saat liburan.

Untuk mendapatkan tiket pesawat Jakarta-Solo, kamu tinggal buka aplikasi Traveloka dan temukan berbagai fitur sekaligus promo menarik. Salah satu fitur Traveloka yang bisa diandalkan saat perjalanan batal adalah refund dan reschedule.

Dengan dua fitur tersebut, kamu bisa mengubah jadwal ataupun meminta pengembalian dana apabila berhalangan pergi. Nah, sekarang saatnya membuat rencana kunjungan!

Wisata Solo Terdekat


Sebagai referensi, inilah destinasi wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi selama dua hari di sana :
 

Hari Pertama

 

1. Pasar Triwindu

   
wisata solo terdekat
Pasar Triwindu Solo (gambar diambil dari surakarta.co.id)


Siapa sangka kalau Pasar Triwindu mampu menarik perhatian wisatawan yang datang ke Solo? Sebagai pusat barang antik, suasana kuno yang dihadirkan Pasar Triwindu justru menjadi pesona utama dari tempat ini.

Banyak orang datang ke sini hanya untuk melihat-lihat hingga berfoto di spot-spot vintage yang instagramable. Tapi, buat kamu yang suka mengoleksi barang-barang antik, pasar ini banyak menjual aneka patung, topeng, guci, piring, koin kuno, hingga berbagai dekorasi ruangan bergaya kuno.

2. Es Dawet Telasih Bu Dermi

  
es dawet selasih
Es Dawet Telasih Bu Dermi (Source : merdeka.com)


Lelah mengeksplorasi setiap sudut Pasar Triwindu, kamu bisa beranjak ke Pasar Gede yang jaraknya hanya 6 menit. Di situ kamu bisa menikmati seporsi Es Dawet Telasih Bu Dermi untuk melepas dahaga.

Bagi wisatawan dan masyarakat setempat, Es Dawet Telasih Bu Dermi sudah dianggap sebagai kuliner legendaris di Pasar Gedhe. Es dawetnya sendiri terbuat dari campuran biji selasih, jenang sumsum, tape ketan, dawet ketan hitam, gula cair, santan, dan es batu. Harganya pun terjangkau, yakni Rp12 ribu per porsinya.

3. Lenjongan Bu Sum

   
lenjongan tampah
Lenjongan (Sumber : tribunewswiki.com)


Masih ngomongin kuliner legendaris di Pasar Gede, rekomendasi selanjutnya yaitu Lenjongan Bu Sum. Buat yang belum tahu, lenjongan adalah jajanan pasar yang terbuat dari singkong.

Biasanya lenjongan disajikan bersama jajan pasar lainnya seperti ketan hitam, cenil, tiwul, getuk, sawut, gatot, hingga klepon. Sebelum dihidangkan, campuran jajan pasar tersebut akan disiram gula aren cair dan parutan kelapa untuk menambah rasa gurih.

Seporsi Lenjongan Bu Sum dibanderol seharga Rp6 ribu saja.

4. Uma Yum Cha Dimsum

   
uma yum cha dimsum menu
Dimsum Uma Yum Cha (Sumber : travelingyuk.com)


Kalau kamu sedang menghindari makanan manis, di Pasar Gede juga ada tenant makanan yang pernah ramai di media sosial. Namanya yaitu Uma Yum Cha Dimsum. Dimsum di sini banyak diminati pembeli karena cita rasanya yang lezat.

Selain itu, varian dimsum yang dijual juga bervariasi, jadi kamu bisa pilih deh sesuai selera. Sebagai pelengkap, penjual akan menambahkan saus asin dan pedas sebagai cocolannya.

Dengan membayar Rp10 ribu, kamu bisa menikmati 3 buah dimsum.

5. Kampung Batik Kauman

    
tiket masuk kampung batik kauman
Kampung Batik Kauman Solo (Source : Pariwisata Provinsi Jateng)


Sebagai pusat pembuatan kain batik, rasanya nggak afdol kalau kamu belum mengunjungi Kampung Batik Kauman selama di Solo.

Menyusuri jalanan di Kampung Batik Kauman tak ubahnya seperti kembali ke masa lalu. Sebagai kampung batik tertua di Solo, kawasan ini menawarkan nuansa klasik dan kaya akan cerita historis.

Menariknya lagi, di lokasi ini pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan batik. Beberapa showroom di Kampung Batik Kauman bahkan menawarkan workshop untuk kamu yang ingin belajar membatik.

Hari Kedua


1. Tumurun Private Museum

  
art tumurun private museum
Tumurun Private Museum (Tribun Solo News)


Di hari ke dua, kamu bisa mengunjungi Tumurun Private Museum untuk melihat koleksi-koleksinya. Museum ini sejatinya merupakan tempat penyimpanan yang berisi koleksi barang-barang pribadi dari pemilik PT. Sritex.

Sekarang museum ini telah menjadi tempat wisata yang dibuka untuk umum. Hanya saja jumlah kunjungan per harinya dibatasi sehingga harus pesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya

Dengan tiket masuk seharga Rp25 ribu, kamu sudah bisa melihat koleksi karya seni yang dihimpun dari seniman di seluruh dunia. Beberapa spot di sana pun terlihat instagramable sehingga cocok untuk lokasi berfoto.

2. Taman Pracima Tuin

   
taman mangkunegaran


Satu lagi tempat wisata di Solo yang perlu melakukan reservasi sebelumnya adalah Taman Pracima Tuin. Dalam sehari tempat ini hanya menerima kunjungan sebanyak 175 wisatawan.

Di media sosial sendiri nama Taman Pracima Tuin sering dibicarakan karena tempat makan eksklusif ini punya suasana yang klasik, elegan, dan mewah. Saat masuk ke dalamnya, kamu pun akan merasakan sensasi bersantap layaknya para bangsawan. Pengunjung yang datang juga diperkenankan mengambil foto mengingat setiap sudutnya terasa cantik dan sangat cocok dipajang di media sosial.
Pura Mangkunegaran

Dari Taman Pracima Tuin, kamu bisa sekalian mengunjungi Pura Mangkunegaran. Tiket masuk Pura Mangkunegaran dipatok seharga Rp30 ribu dan sudah lengkap dengan guide tournya.

Dengan adanya pemandu, kamu akan mendapatkan informasi lebih detail tentang sejarah Pura Mangkunegaran sembari berjalan menyusuri tempat ini.

Itulah destinasi wisata Solo terdekat lengkap dengan kulinernya yang wajib banget dikunjungi selama kamu berada dua hari di sana. Selain rekomendasi tempat di atas, masih banyak tempat wisata di Solo yang rasanya nggak ada habisnya buat ditelusuri.
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

16 komentar

  1. Catat nih penting banget. Kemaren liburan ke mertua nggak tahu mau kemana..padahal.kita ke solo

    BalasHapus
  2. Solo banyak nuansa vintage dan klasik ya. Sayangnya aku rada takut sama hal jadul2. Buatku pasar yang Kusuka, karena suka lihat embah2 dan keramah tamahannya, plus jajnannya enak dan murahhh. Libur diet dulu kalo ke pasar tradisional solo^^

    BalasHapus
  3. Waaah aku telat baca artikel ini. Ke pasar gedhe mampir, cuma di mobil nggk mau turun dan ngeliat2. Harusnya kan bisa icip2 es dawet bu darmi

    BalasHapus
  4. Sebagai penggemar batik, saya tertarik batik kauman..karena batik solo memang menjadi salah satu baik asli nusantara yang banyak dikenal

    BalasHapus
  5. Ya Allah, mudah-mudahan suatu saat bisa traveling ke Solo dan menjelajah sudut-sudut kota dengan segala keunikannya, termasuk kulinernya, ya, Bu Rita. Terima kasih untuk gambaran waktu buat jalan-jalannya, Bu

    BalasHapus
  6. persiapan liburan,, hayukk yg deket solo cusss.. liburan rebahan doang kek gimana giutuu

    BalasHapus
  7. Wah referensi kalau mau ke solo nih. Duh aku tu suka sekali jajanan pasar tradisional gini. Tiwul, sawut dkk nya itu. Eh iya nih kalo ke solo belum afdol kalau ngga beli batiknya ya mba. Batik solo yg punya ciri khas tersendiri. Apalagi bisa ikut worksop membatiknya nih

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah mengeksplore Solo sih, hanya pernah berkunjung sejenak karena saudara menikah, masih ingin eksplore Solo nih secara makanan di sana murah hehehe, terima kasih referensinya

    BalasHapus
  9. dulu ke solo cuman mampir aja huhu..lain kali kalau mau ke solo kudu ke tempat-tempat ini nih

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah secara khusus ke solo tapi kalau lewat sering, jadi pengen liburan ke Solo deh, apalagi es dawetnya sungguh menggoda

    BalasHapus
  11. Aku pernah mampir ke Solo.. Dan yang paling ku suka kuliner di Solo itu murmer ya. Udah murmer dan porsinya buanyaak. ini es dawet bu Dermi menggoda selera banget ya. Jadi ngiler.

    BalasHapus
  12. ini namanya liburan beneran ya mbak. Bisa menjelajah secuil kota solo saat singgah sejenak disana.

    BalasHapus
  13. 2 hari di Solo rasanya kurang, harus nambah lagi tuh. banyak tempat yang bisa di eksplor hehehe

    BalasHapus
  14. Wah ngiler dengan sajian kulinernya. Btw itu 2 hari bisa lumayan juga destinasinya ya mbak..

    BalasHapus
  15. Liat gambar makanannya... Ya Allah, kangen banget, Bu. Jadi ngiler. Saya simpan dulu tulisannya buat referensi nanti, siapa tahu bisa ke Solo kalau pulang kampung

    BalasHapus
  16. Belum pernah ke solo. Kalo ada kesempatan bisa singgah di kota solo pengen tak coba makanan rekomendasinya. Dari fotonya udah aja udah keliatan enak² banget. Berburu kuliner is number one kalo singgah ke luar kota. Hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar