Cerita Apa Saja Tentang Kita

5 TIPS UMROH MURAH

  
tips umroh murah


Bisa berangkat ke tanah suci adalah impian bagi setiap insan beriman, tapi seringkali ketiadaan dana yang cukup menjadi kendala. Sebenarnya ada lho tips umroh murah yang bisa dilakukan, agar tetap bisa berangkat meski dana pas-pasan.

Hal yang Mempengaruhi Besaran Biaya Umroh

Umroh bukan seperti ibadah haji yang hanya bisa diselenggarakan satu kali dalam satu tahun yaitu di musim haji. Sedangkan umroh bisa dilaksanakan sepanjang tahun, diluar musim haji. Nah, di setiap musim ini tidak sama biaya umrohnya, disebabkan antara lain :

1. Waktu Keberangkatannya

Biaya umroh di musim liburan yaitu di sekitar akhir Desember dan awal Januari akan lebih tinggi daripada di bulan lainnya. Peak season juga ada di bulan Ramadhan hingga selesai. Di waktu-waktu ini biaya umroh rata-rata lebih mahal.

Sedangkan bulan yang masuk low season diantaranya syawal, akhir Januari hingga sekitar April dan awal Maret, lalu di bulan September hingga awal Desember.

2. Fasilitasnya

Fasilitas meliputi :

a. Pesawat

Harga pesawat sendiri diperngaruhi beberapa hal, misalnya :

- Musim peak atau low season.

Tentu harga pesawat di peak season akan lebih tinggi daripada harga di low season.

- Pesawat transit atau direct (non transit). 

Pesawat direct artinya pesawat terbang dari bandara keberangkatan langsung landing di bandara Jeddah atau Madinah.

Sedangkan pesawat transit artinya dari bandara keberangkatan pesawat akan mampir dulu ke bandara transit sebelum sampai ke Madinah atau Jeddah. Bandara pilihan transit biasanya di Abu Dhabi, Doha, Colombo, Dubai, India, Malaysia, atau Singapura.

Tiket pesawat transit lebih murah daripada tiket direct, bahkan akan jauh lebih murah jika transit di beberapa titik dulu sebelum sampai Jeddah. Namun, saat ini ada aturan dari pemerintah yang melarang biro travel umroh membuat rute terbang jamaah lebih dari satu titik transit. 

Aturan yang termaktub dalam revisi Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umroh ini menegaskan bahwa setiap PPIU (biro travel) harus transit minimal 1 tempat saja. Kenapa begitu? Karena pesawat transit di beberapa titik akan sangat melelahkan bagi jamaah yang akan menjalankan ibadah umroh. 

Banyak terjadi jamaah sudah keburu kelelahan bahkan jatuh sakit sebelum sampai ke Arab Saudi, padahal ibadah umroh akan sangat membutuhkan fisik yang prima. 

- Jenis Maskapai

Maskapai yang masuk jajaran harga tinggi adalah Garuda Indonesia, Saudia Airlines, dan Lipn Premium. Sedangkan yang masuk harga pertengahan antara lain Emirates, Qatar Arlines, dan Etihad. Pesawat yang murah misalnya Scoot yang terbang dari Singapura, atau Srilankan yang transit di Colombo.

b. Hotel

Besaran harga hotel dipengaruhi bintangnya, dan berapa jarak dengan masjid. Semakin dekat akan semakin mahal. Bahkan banyak dijumpai hotel bintang 3 lebih mahal dari bintang 4 atau 5, karena jaraknya lebih dekat dengan masjid.
Jadi saat melihat fasilitas yang ditawarkan travel jangan hanya fokus di bintang berapa, tapi juga berapa meter jaraknya dari masjid.

3. Wisata Tambahan

Biasanya dalam satu keberangkatan umroh sudah ditambahkan wisata seputar Kota Mekah dan Madinah. Jadi tidak ada tambahan biaya lagi. Biaya akan bertambah jika jamaah umroh menghendaki tour diluar program paket, misal ke Gua Hira, atau ke Thaif. Atau bahkan ke negara yang berbeda misalnya tambah ke Turki, Palestina, Uzbekistan, atau negara Eropa.

Tips Umroh Murah


Umroh Mandiri vs Umroh Melalui Biro

Umroh paling murah tentu saja umroh mandiri, karena hanya akan kena komponen biaya akomodasi saja. Sedangkan umroh melalui travel akan ada biaya untuk manasik, tour leader, handling bandara, pembimbing, muthowif, zamzam, asuransi jiwa dan kesehatan, juga asuransi kehilangan barang.

Hanya resiko umroh backpacker atau umroh mandiri ini cukup tinggi, apalagi bagi yang belum ada pengalaman sama sekali ke tanah suci. Karena umroh adalah perjalanan ibadah dengan kaifiyat atau tata cara tertentu, maka akan sangat bijaksana jika dipertimbangkan lebih jauh mengenai resikonya.

Umroh melalui biro meskipun lebih tinggi biayanya, tapi ada jaminan keamanan yang lebih. Jamaah umroh tidak perlu dipusingkan dengan teknis penerbangan, barang bawaan, itinerary perjalanan, dan lain-lain. Cukup konsentrasi dengan ibadahnya saja, karena yang lain sudah ditangani oleh biro travel.

Tetap Bisa Umroh Hemat

Perhatikan poin berikut ini untuk mendapatkan umroh murah :

1. Pilih keberangkatan di bulan low season.

2. Pilih pesawat transit. 

Tapi ingat, jangan terlalu banyak transit agar tidak kelelahan di perjalanan.

3. Pilih hotel yang agak jauh

Hotel yang agak jauh tidak selalu tidak nyaman. Pilihlah yang ada shuttle bisnya, sehingga tidak perlu jauh jalan kaki karena turun dari bis tidak jauh dari pelataran Masjidil Haram
Biasanya hotel yang sering digunakan ada di sekitar Mahbaz Jin. Jaraknya sekitar 3 km dari masjid tapi tersedia shuttle bis 4 jam gratis, kecuali saat Ramadhan biasanya berbayar.

4. Daftar Berombongan

Seringkali ada potongan harga khusus dari biro bagi jamaah yang daftar secara rombongan.

5. Pilih biro travel yang menawarkan harga all in.

Tanyakan secara detail apa saja yang akan diterima dengan biaya yang sudah tercantum di flyer. Pastikan semua komponen biaya sudah termasuk. Karena ada sebagian biro travel mencantumkan biaya dengan mengeluarkan beberapa kompenen agar nampak murah. Bahkan ada juga yang mengklaim sudah all in, padahal ternyata belum termasuk handling bandara, dan lain-lain.

Pastikan biaya sudah termasuk hotel. pesawat internasional, transport lokal, paspor, zamzam, pembimbing, tour leader, perlengkapan, muthowif, makan sehari 3x selama di perjalanan, asuransi, perlengkapan komplit, handling di bandara.

Hati-hati, jangan sampai memilih yang nampaknya paling murah, tapi ternyata setelah ditotal semuanya lebih mahal.

Itulah beberapa tips umroh murah yang bisa diperhatikan. Semoga kita semua dimampukan untuk bisa berkunjung ke Baitullah dalam keadaan baik, aman, dan sehat. Aamiin.

Jika dirasa bermanfaat, silakan dibagikan infonya ya, Teman-teman.




Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

9 komentar

  1. Terima kasih sharingnya mbak. Semoga kami dimampukan untuk mengunjungi Baitullah. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Terima kasih sharingnya mba.. Umrah mandiri memang lebih murah ya..tapi sampai saat ini aku belum berani sih..masih milih nyaman pakai biro..hehe..

    BalasHapus
  3. Kalo first timer apalagi belum pernah keluar negeri mending biro sih. Misal mau balik lagi coba mandiri nah boleh tuhh... masyaAllah semoga dimampukan ya kita

    BalasHapus
  4. Rindu krmbali lagi dan lagi mbak. Insyaallah kalo Allah kasih kesempatan umrah lagi pengen nyoba mandiri deh. Biayanya bisa ditekan lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau yg udah biasa travelling insyaAllah sudah paham ya pernak pernik perjalanan. Cuma umroh tentu beda dg perjalanan wisata lainnya.

      Sekoga dilancarkan mbak.

      Hapus
  5. Terimakasih infonya mba, mayan bisa jadi referensi kalo mau berangkatin umroh ortu atau sodara. Nanti aku rekomendasikan ke mereka :)

    BalasHapus

Posting Komentar