Cerita Apa Saja Tentang Kita

Ini Dia Cara Menabung Untuk Umroh

  
Cara menabung untuk umroh


Cara menabung untuk umroh banyak ditanyakan, karena tidak sedikit kaum muslimin yang ingin berangkat umroh namun belum cukup dananya. Ya, tidak semuanya mendapatkan kemudahan dalam menunaikan ibadah yang satu ini. Dikarenakan jarak menuju Baitullah yang cukup jauh, sehingga diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Keutamaan Umroh

Mungkin ada sebagian dari kita yang masih belum mengerti, kenapa harus susah-susah menabung untuk berangkat umroh. Seberapa penting sih umroh itu? Nah kalau kamu juga termasuk salah satu yang masih bertanya hal di atas, boleh simak beberapa keutamaan umroh berikut ini :

1. Umroh Bisa Menghapus Dosa

Dalilnya adalah sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, 
"Dari satu umroh ke umroh berikutnya menjadi penghapus dosa diantara keduanya. Dan haji yang mabrur, tidak ada balasan baginya kecuali surga. (HR. Bukhari dan Muslim)
Mau banget kan, dosa-dosa yang selama ini dilakukan, sengaja tidak sengaja, dihapus semua sama Allah. 

2. Umroh Menghilangkan Kemiskinan

Sabda Rasulullah, diriwayatkan oleh Abdullah, 
"Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR An Nasai, Tirmidzi, Ahmad).

3. Orang yang Umroh Doanya Mustajab

Hadits Nabi SAW,
"Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka lalu mereka pun menyambut panggilan-Nya; jika mereka meminta ampun kepada-Nya maka Dia pun mengampuninya."
(HR. Ibnu Majah).

4. Mendapatkan Pahala Berkali Lipat

Diriwayatkan dari Jabir ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Sholat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari seribu kali sholat di masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram, Makkah. Dan sholat di Masjidil Haram lebih baik dari 100.000 (seratus ribu) sholat di masjid lainnya." (HR Ibnu Majah, dishahihkan oleh Albani).

5. Bisa Mendapatkan Pahala Haji

Sabda Nabi SAW, 
"Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku." (HR Imam Bukhari).
Dan masih banyak lagi keutamaan umroh yang lainnya yang disebutkan oleh Nabi yang mulia SAW. Maka wajar kan, kalau orang mau bersusah payah memperjuangkan agar bisa berangkat ke Baitullah, jika belum haji maka umroh dulu.

Apalagi Nabi SAW juga bersabda bahwa tempat yang layak jadi tujuan safar adalah 3 masjid.
Abu Hurairah meriwayatkankan bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
"Tempat yang layak dijadikan tujuan safar hanyalah tiga masjid, yaitu Masjid Kabah (Masjidil Haram), Masjidku (Masjid Nabawi) dan Masjid Iliya (Masjid Al Aqsa)." ( HR Muslim )

Simak juga Tips Umroh Murah

Semua Bisa Umroh

Kita yang tinggal di Indonesia butuh bekal ekstra untuk bisa ke Baitullah karena biayanya cukup besar. Walaupun banyak orang meyakini bahwa uang bukan satu-satunya ukuran orang bisa berangkat haji atau umroh. 

Memang bener, sih, karena faktanya banyak orang yang uangnya banyak tapi belum berangkat juga ke Baitullah, dan sebaliknya, banyak juga yang tidak memiliki cukup uang tapi berhasil berangkat. Menarik ya. Jadi slogan 'Semua Bisa Umroh' itu bukan isapan jempol atau sekedar slogan semata, karena terbukti yang bisa berangkat umroh dan haji itu berasal dari banyak kalangan.

Menabung adalah Solusi 

Ya. Menabung bisa menjadi salah satu solusi bagi siapapun yang bertekad kuat untuk berangkat umroh, namun belum memiliki dana yang cukup. Bagaimana cara menabung untuk umroh ?

Menabung untuk umroh ada beberapa alternatif :

1. Menabung di biro travel

Bisa saja ini dilakukan, sebagian biro travel bisa melayanimya. Jadi misalkan sudah ada uang dua juta, atau tiga juta, titipkan dulu ke biro travel. Nanti ada uang lagi titip lagi, sampai cukup untuk bayar uang muka yang biasanya adalah sebesar 5 juta rupiah, dan dilanjutkan menabungnya sampai cukup untuk bisa berangkat.

Namun langkah ini perlu diwaspadai, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Apakah biro travel tersebut kredibel, bisa dipercaya, atau tidak. Jangan pernah menitipkan uang pada biro travel yang belum jelas.

Dan menurutku ini cukup beresiko. Karena biro travel bukan lembaga keuangan yang terikat dengan hukum yang berlaku sehingga hak dan keamanan nasabah terjamin.
Jadi, pikir ulang saat ingin menitipkan uang di biro travel.

2. Menabung mandiri

Menabung mandiri artinya menyimpan uang sendiri di rumah. Bisa dalam bentuk uang tunai maupun logam mulia. Mungkin ini lebih menenangkan bagi sebagian orang yang sulit percaya pada lembaga keuangan. 

Namun menabung jenis ini resikonya besar, karena berpotensi hilang, rusak, atau sebab lainnya. Yang jelas, lebih susaha menahan diri kalau uang ada dalam genggaman kan, hehe.

3. Menabung di lembaga keuangan yang terpercaya

Ini opsi yang paling aman menurutku, karena sekali lagi lembaga keuangan terikat dengan undang-undang perlindungan nasabah. Sehingga jika terjadi sesuatu yang buruk, kita berlindung pada Allah darinya, maka bank akan ikut menanggungnya. Bahkan jika bank itu bank pemerintah, maka pemerintah menjadi penjaminnya.

Cara Menabung untuk Umroh

Menabung bisa dengan dua cara :

1. Menabung tanpa target khusus

Artinya, menabung dengan jumlah yang tidak ditentukan. Misal bulan ini 500 ribu. Llau bulan depan karena ada bonus jadi bisa nabung 1 juta, dan seterusnya.

2. Menabung dengan target tertentu

Misal, tentukan dulu target mau umroh berapa tahun lagi. Setelah itu akan dihitungkan oleh bank berapa yang harus ditabung setiap bulan agar target itu tercapai.

Misalnya target 5 tahun lagi mau berangkat. Dan perkiraan biaya umroh sekitar 30 juta, maka hitungan tabungannya adalah 30 juta dibagi 60 bulan (5 tahun). Akan keluar angka 500 ribu. Jadi untuk bisa umroh 5 tahun yang akan datang, kita harus menyisihkan 500 ribu setiap bulan.

Kira-kira lebih efektif mana? Menabung tanpa target memang enak karena tidak ada tuntutan, namun cara ini besar potensi kegagalannya, karena tidak ada sesuatu yang membuat kita harus menabung. Kebanyakan akan terlena, dan akhirnya tidak lancar menabungnya.

Sedangkan menabung dengan target tertentu akan lebih menjamin kepastiannya. Tentu tetap saja ini butuh tekad yang sangat kuat. Dan memang salah satu kunci agar bisa cepat umroh adalah tekad yang sangat kuat untuk bisa berangkat. Akan lebih baik lagi jika bisa dilakukan auto debet bagi yang memiliki simpanan di bank, atau gaji lewat rekening bank.

Teknis menabungnya tinggal datang ke bank dan sampaikan maksudnya untuk membuka tabungan umroh. Atau bisa juga menghubungi pihak biro travel yang diinginkan, untuk bisa membantu proses menabung di bank tanpa harus ke bank langsung. 

Akhirnya, tabungan ini akan berhasil dengan tekad dan konsistensi. Maka penting memiliki komunitas untuk saling mengingatkan dan menyemangati agar tetap tertib dalam menabung.
Semoga Allah mudahkan ikhtiar kita menuju Baitullah, aamiin.


Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

16 komentar

  1. Semoga Tuhan melancarkan niat dan upaya teman-teman yang ingin menabung supaya bisa menjalankan ibadah agama dengan baik.

    BalasHapus
  2. Ingin banget umroh dan berangkat haji, semoga dimudahkan untuk menabung dan pergi ke sana buat beribadah. Ternyata nabung di biro travelnya bisa juga ya? Was-was nggak sih tapinya yaa. Lebih aman nabung sendiri, asal nggak bocor aja gara-gara dipakai terus. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, lebih aman di lembaga keuangan yang dipercaya, seringnya kerjasama juga kok dengan travel

      Hapus
    2. iya mbak, lebih aman di lembaga keuangan yang dipercaya, seringnya kerjasama juga kok dengan travel

      Hapus
  3. Semoga kita semua bisa pergi umroh dan haji. Semoga Allah mudahkan prosesnya. Karena memang biayanya sangat besar. Tapi bener, ada orang yang hartanya tidak banyak ternyata bisa umroh 2 kali, dengan cara tidak terduga. Masyaa Allah

    BalasHapus
  4. Bismillah, aku juga lagi menabung mandiri buat umroh. Wmang lebih bagus ada target jadi jelas goalsnya juga. Tahu itungannya menabung berapa bulan sampai target tercapai. Tapi tergantung temen2 juga yaaa, lebih nyaman dan efektif yang mana.

    BalasHapus
  5. Kalau nabung di biro travel seperti sedikit riskan...tapi lebih baik tabung sendiri deh lebih aman meskipun banyak godaan tentunya

    BalasHapus
  6. Semoga yang mau berangkat umroh dimudahkan ya. Salah satu ikhtiarnya jg menabung. Tp ada ikhtiar lain mbak selain nabung. terus terang sy berangkat umroh 2018 itu ga nabung sama sekali. modalnya keyakinan, kerinduan akan tanah suci, doa dan sholawat Alhamdulillah dalam waktu 6 bulan bisa umroh, rezekinya data dari segala arah

    BalasHapus
  7. Semoga aku diberikan rezeki untuk bisa umroh... makasih sharing tips menabungnya, aku mau coba biar punya target

    BalasHapus
  8. MashaAllaa~
    Untuk mewujudkan impian ke Baitullah menjadi nyata memang membutuhkan sebuah perencanaan nyata mengenai pengaturan keuangan yang cerdas yaa.. Barakallahu fiik tipsnya.

    Aku selama ini fokus ke hajj.
    Alhamdulillah karena dari Jabar antriannya ga begitu panjang seperti daerah lain, kami uda dapet antrian tahun keberangkatan. Semoga dimudahkan untuk pelunasannya kelak. Karena biaya haji juga fluktuatif gini yaa..

    BalasHapus
  9. Bismillah. Semoga kita semua yang memiliki niat berangkat umroh atau haji dimudahkan ya. Dikaruniai ALLAH rezeki yang cukup untuk bisa segera berangkat. Aamiin

    BalasHapus
  10. Bismillah, bisa umroh sekeluarga, selama ini saya praktiknya menabung mandiri, sebagian saya simpan dalam bentuk logam mulia, sebagian uang, semoga segera bisa umroh dalam waktu dekat, aamiin

    BalasHapus
  11. Memang benar ya mba orang yang bisa umroh kalau ngga atas izin Allah ngga bisa. Semoga dimudahkan untuk menabung

    BalasHapus
  12. Ingin sekali mengumrohkan orang tua. Ya Allah mudahkan niat baikku agar terlaksana

    BalasHapus
  13. saya juga penginumroh lagi. meski pernah kesana,tapi rasanya rindu,Hanya sajabaru niat pengin umroh lagi, belum nabung mbak. Terimakasih artikelnya, kek disentil kalau ada mimpi harus ada usaha

    BalasHapus

Posting Komentar