Cerita Apa Saja Tentang Kita

Berapa Biaya Haji Furoda?

  
   
biaya haji furoda


Seberapa besar biaya haji furoda, menjadi bahasan menarik di tengah santernya berita tentang haji furoda yang hingga tulisan ini dibuat masih belum jelas nasib jamaahnya.

Mengenal Haji Furoda


Haji furoda sering dikatakan dengan haji tanpa antri. Visa yang digunakan untuk Haji Furoda adalah visa haji yang diperoleh melalui undangan dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia kepada negara-negara muslim, termasuk Indonesia. Visa ini diluar kuota visa Haji yang sudah diberikan kepada kemenag RI untuk haji reguler.

Awalnya haji furoda ini masih ilegal di Indonesia, namun oleh pemerintah akhirnya dilegalkan melalui UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh. Jadi saat ini umat muslim di Indonesia tidak perlu khawatir lagi untuk mendaftar haji furoda.

Haji Furoda Menjadi Alternatif


Karena masa tunggu haji reguler yang panjang, misalnya untuk Jawa Tengah masa tunggunya 63 tahun, maka adanya haji furoda menjadi alternatif bagi umat muslim yang menginginkan bisa berangkat haji segera tanpa harus menunggu lama.

Apalagi bagi calon jamaah yang usianya sudah cukup sepuh, tidak terbayang kalau harus menunggu 63 tahun lamanya, bisa menggunakan pilihan haji furoda.

Plus Minus Haji Furoda


Kelebihan Haji Furoda antara lan :


Tidak perlu waktu panjang untuk menunggu


Ini yang menjadi keunggulan dari haji furoda. Jika waktu itu bisa dinilai dengan uang, maka fase menunggu 63 tahun ini amat mahal.

Fasilitas Terbaik


Secara umum, paket haji furoda biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang terbaik mengingat harganya yang cukup tinggi. Misalnya dari hotelnya yang bintang 4 dan bintang 5 dengan jarak yang relatif dekat dengan Masjidil Haram.

Waktu Pelaksanaan Haji Lebih Pendek


Yang dimaksud disini bukanlah ritual hajinya, karena di bagian ini apakah haji reguler, haji khusus, maupun furoda pelaksanaannya sama. Hanya masa tinggal di tanah sucinya, jika haji reguler butuh waktu sampai 40 hari, maka haji furoda cukup 25 sampai 26 hari saja.

Hal ini bisa jadi poin lebih untuk orang yang waktunya tidak bisa lama meninggalkan tanah air. Namun bisa jadi juga ini jadi poin kurang bagi orang yang ingin menuntaskan kerinduan kepada tanah haram.

Kekurangan Haji Furoda


Selain kelebihan, haji furoda memiliki kelemahan, antara lain :

Jadwal keluarnya visa yang tidak bisa diprediksi.


Jadi meskipun tanpa antri istilahnya, jamaah haji furoda tetap harus siap menerima fakta jika sampai waktunya berangkat ternyata visa tidak bisa keluar, seperti yang dialami oleh jamaah haji furoda di tahun 2022 ini. Sampai di batas akhir pemberangkatan belum keluar juga visanya.

Ini adalah kekhasan haji furoda. Maka biasanya dari pihak travel akan berpesan kepada calon haji untuk tidak membuat walimatussafar dulu sebelum visa betul-betul keluar.

Harganya relatif tinggi.


Harga yang dipatok untuk haji furoda memang cukup tinggi. Itu sebabnya tidak setiap calon haji mampu berangkat dengan cara ini.

Biaya Haji Furoda


Seperti yang sudah aku tulis di atas, biaya haji furoda memang cukup tinggi. Biaya tahun ini berkisar antara 20.000-25.000 USD atau sekitar sekitar Rp 297 juta-Rp 371 juta. Eh, jangan khawatir, ada juga kok yang biaya haji furodanya tidak semahal itu. Hasanah Tour misalnya, biro travel yang juga memiliki cabang di beberapa provinsi ini hanya mematok harga haji furoda di kisaran 15.000 - 17.500 USD. Dan kabar baiknya Hasanah Tour juga sudah mengantongi ijin untuk haji khusus yaitu PIHK PT ASYESYA 715/2021.

Kalau dihitung memang cukup fantastis bedanya dengan biaya haji reguler yang hanya 36 juta an. Namun dengan masa tunggu yang selama itu, menjadi masuk akal nggak sih kalau orang mulai berpikir untuk berangkat haji dengan visa furoda saja? Atau sebagian lagi memilih untuk berangkat umroh dulu sebelum bisa haji.


Eh, ada lho orang yang mengatakan, kalau beli rumah ratusan juta, sanggup beli mobil juga, masa sih nggak sanggup mengusahakan biaya haji furoda. Kalau menurutku nggak bisa juga langsung begitu sih, karena sangat luas faktor yang bisa jadi pertimbangan. Bagaimana menurutmu?
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

29 komentar

  1. Wow... famtastik ya biaya haji furoda... Alhamdulillah th 2001 saya bisa berhaji tanpa biaya sepeser pun, malah dapat uang saku... Kapan bisa ke sana lagi ya Allah? jadi kangen...

    BalasHapus
  2. Ya Allah, ingin sekali menjejakkan kaki ke tanah suci.. Antrian yg sangat lama jd ingin daftar haji khusus/furoda klo ada dana, tp waktu hajinya ingin yg 40 hari.. Huhuu,, gimana yaa..

    BalasHapus
  3. Sedih sekali waktu tau antrian haji reguler jdi 60thn lebih, karena slama ini bru bsa nabung bulanan buat bsa ambil porsi. Tpi ga ada yg ga mungkin ya Bun, smoga Allah mengundang kita semua bisa beribadah di Baitullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak iva, emang prihatin sekali sekarang masa tunggunya makin panjang. Semoga kita semua diijinkan untuk bisa segera berkunjung ke baitullah ya.

      Hapus
  4. Aku sedih kalo ada yang komentar beli rumah bisa sedang haji g mampu. Hiks, padahal beli rumah bagi yang bener2 belum punya rumah y jadi prioritas..

    Pun dg mobil. Mungkin lebih baik jika pakai analogi yang lain kali ya tapi entah apa.

    Maksih infonya y bu rita.sukses terus hasanah tournya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan, sama mbak, aku juga enggak setuju dengan ungkapan itu. Aamiin, makasih banyak doanya.

      Hapus
  5. Wah, ternyata untuk bisa mengikuti haji Furoda harganya cukup fantastis ya mbak... Yok, bisa yok, nabungggg... Panggil aku ya Robb ... 🤲🤲🤲

    BalasHapus
  6. Masya Allah ya biayanya luar biasa biayanya.. Tapi Iya memang masalah visa ini ga terprediksi, keluarnya ga jelas. Tapi kalau udah rezeki keluar jg visanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi lebih tenang kalau prinsipnya udah gitu. Kalau rejeki takkan kemana.

      Hapus
  7. kalo saya si, klo ada dananya kenapa nggak, hehehe semoa Allah mudahkan dan segerakan lewat jalur manapun, aamiin. ada yang bilang haji furoda tapi kaya backpackeran karena semua mandiri sebab ga terdaftar di daftar peserta haji resmi dari pemerintah, ndak iya begitu bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya jamaah haji furoda tetap terfasilitasi dengan baik dan juga tetap terlayani dengan layak. Jadi tidak benar kalau haji furoda seperti backpackeran. Kembali lagi kepada kesungguhan pihak travelnya dalam melayani jamaahnya.

      Hapus
  8. beneran mbak, kalau Haji biasa nunggunya sampe usia 63, tahun ? mending haji furoda ya jika ada rejeki. Masha Allah, semoga Allah mampukan mau haji lewat jalur manapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak untuk antrian tahun ini, bismillah ya semoga kita semua dimudahkan berangkat. Aamiin

      Hapus
  9. Haji Furoda itu apakah yang dengan undangan itu ya, Mbak. Maaf, belum paham sayanya. Alhamdulillah ya, bisa ada alternatif biar ga nunggu terllau lama.

    BalasHapus
  10. Sayangnya sekarang lagi viral cerita kurang menyenangkan tentang haji dengan cara ini.

    Mudah-mudahan tidak berlaku di travel yang amanah seperti Hasanah Tour and Travel.

    BalasHapus
  11. Yaa Allah huhuhu kmrin buka info di karanganyar untuk haji reguler 30 tahun ternyata sampai 63 tahun, pengen nangis huhuhu.. bismillahi bisa-bisa-bisaaaa

    BalasHapus
  12. Masyallah lumayan lah biaya haji furoda , semoga kita di mudahkan bisa menunaikan rukun Islam yang ke 5 ini dengan jalur apapun yaa amin

    BalasHapus
  13. Terima kasih infonya, Mbak. Sempat cari-cari info juga soal haji furoda ini. Ya Allah, semoga bisa segera menunaikan ibadah haji bersama keluarga, aamiin.

    BalasHapus
  14. Terima kasih infonya mbak, artikel yang sangat menarik.
    Haji Furoda fantastis sekali biayanya sebagai alternatif lain supaya mengurangi daftar antrian. Semoga dimudahkan dan dilancarkan.

    BalasHapus
  15. Iya benar juga ya mba, ga bisa digebyah uyah dengan perbandingan beli rumah atau mobil terkait biaya ini. Banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan keluarga juga tentunya.

    Semoga yang belum berhaji bisa mendapatkan undangan segera dari Allah dan dimampukan untuk berangkat ke Tanah Haram. Saya pun sangat mendambakan bisa berada di sana, Mba.

    BalasHapus
  16. Baru tahu ada Haji yang tidak pake antri lama. Makasih infonya mbak, insyaallah lah suatu hari bisa Naik Hajiin orang tua. Amin

    BalasHapus
  17. Baca artikel ini menyadarkan bahwa berhaji itu memang untuk yang mampu ya? Mampu itu ya nggak cuma secara batin, tapi finansial memang benar benar siap dan nggak mengganggu pos kebutuhan yang lain.

    BalasHapus
  18. Semoga Allah memampukan kita semua untuk bisa sampai di tanah Haram dan mendapat gelar Hajj aamiin

    BalasHapus
  19. Jadi ingat haji Furoda yg dijalankan rombongan ustadz Salim A Fillah dan Ummu Balqis. Sempat ada kekhawatiran hajinya tertunda karena visa belum turun menjelang keberangkatan. Tapi akhirnya semuanya berhasil berangkat ke tanah suci.

    BalasHapus

Posting Komentar