Cerita Apa Saja Tentang Kita

PERSONAL BRANDING FOR BLOGGER


  
Personal Branding For Blogger

Bismillah

Satu frasa yang terlintas saat Coach Marita menjelaskan tentang Personal Branding di kelas Blogspedia Coaching for Newbie yang sudah kuikuti hampir 3 bulan ini adalah A Mom Bloggerpreneur. Sempat mikir juga sih, sebenarnya aku ini blogger yang kayak gimana ya. Karena secara pilihan niche blog juga aku pilihnya yang lifestyle, alias bertema palugada, alias gado-gado. Apa saja yang kepikir buat ditulis ya ditulis saja. 

Mengenal Personal Branding


Menurut Wikipedia, Personal branding adalah upaya sadar dan disengaja untuk menciptakan dan mempengaruhi persepsi publik tentang seseorang dengan memposisikan mereka sebagai otoritas dalam industri mereka, meningkatkan kredibilitas mereka, dan membedakan diri dari pesaing, untuk pada akhirnya memajukan karir mereka, meningkatkan lingkaran pengaruhnya, dan memiliki dampak yang lebih besar. Jadi maksudnya itu, personal branding memang sengaja dilakukan untuk menguatkan citra diri yang diinginkan, dengan maksud seperti di atas. 

Bisa untuk meningkatkan kredibilitas, agar orang lebih percaya. Atau untuk membuat diri seseorang beda dari yang lain. Nah pada akhirnya tuh kalau sudah kuat personal brandingnya, diharapkan akan berpengaruh besar pada karir, atau kekuatan pengaruhnya. Paham ya, Teman-teman. 

Dasar aku. Meskipun sudah tahu pentingnya personal branding, tetap saja aku kurang memperhatikan urusan ini. Kadang malah jadi kebablasan cueknya. Nggak penting aku mau dikenal sebagai apa dan siapa, yang penting aku lakukan apa saja yang menurutku benar. Bandel banget sih, wkwk.

Kalau melihat teman-teman yang personal brandingnya kuat, kadang terlintas juga, kerennya mereka. Bisa konsisten dengan satu bidang sampai bisa menghasilkan karya di bidangnya. Beneran keren itu. Karena buat aku sama sekali bukan perkara mudah untuk teguh kukuh berlapis baja hanya konsen pada satu bidang saja.

Who Am I


Ada satu titik yang aku sempat galau tentang personal branding ini. Kok kayak aku ini nggak jelas gitu. Ngajar ngaji iya. Bisnis jalan. Organisasi ayok ajah. Dan organisasinya pun aneka ragam. Dari urusan sosial, politik, bisnis, sampai dawis. Jadi aku ini siapa.

Sempat iseng bikin kuis kecil di facebook, bertanya ke teman-teman dunia maya, mereka mengenalku sebagai apa dan siapa. Dan, jawabannya membuat tambah puyeng, karena gado-gado banget, hehe. Ada yang mengenalku sebagai aktivis salah satu parpol, ada yang bilang Rita adalah Hasanah Tour, ada juga yang istrinya pak Agung, hadeuh…

Multi Branding, Why Not


Untungnya, saat aku ngobrol sama teman seperjuangan belahan jiwaku, aku mendapatkan insight baru. Saat itu dia bilang, dia ingin membangun dirinya sebagai Leader, Entrepreneur, Sociopreneur, dan Influencer. “Emang bisa gitu, Bi?”, tanyaku. Karena selama ini aku tahunya kalau branding itu hanya satu saja. 

“Kenapa enggak? Coba, Umi kalau ditanya Nabi Muhammad itu siapa jawabnya apa,” jawabnya.

“Nabi,” kataku.

“Terus? Nabi saja?,” kejarnya.

Oiya ya, Nabi Muhammad itu, selain nabi, beliau juga kepala negara, komandan perang, bahkan pebisnis ulung. Aku manggut-manggut. Jadi nggak usah galau dong aku harusnya. Ada orang yang memang talentanya spesifik, namun ada pula yang multi talent. Baiklah kalau begitu, Kakak, aku jadi nggak galau lagi.

Personal Branding untuk Blog


Untuk blog, setelah menyimak clue dari Coach Marita agar memilih brand yang kita ada passion di situ, aku terlintas istilah mom bloggerpreneur. Clue nya adalah, saat menulis kita enteng, enjoy. Seperti yang aku tulis di atas, ketika diminta untuk membuat tulisan tentang blogger seperti apa aku ini, sejujurnya aku masih belum ngerti. Aku suka menulis tentang keluarga, baik sebagai ibu dari lima anak, maupun sebagai istri. Selain itu aku juga suka review-review tempat makan, tempat wisata, atau hotel. 

Sebenarnya aku suka nulis apa saja. Hanya memang paling seru itu kalau sedang menulis tentang kejadian-kejadian di rumah, atau saat nge review sesuatu. Rasanya kata-kata itu mengalir dengan amat lancar dan jemari menyambut dengan lincah di atas keyboard.

A Mom Bloggerpreneur

  
Kartu Nama Rita
www.ritakana.com

Kartu Nama Blogger
www.ritakana.com

Akhirnya aku memutuskan untuk menjadikan Mom Bloggerpreneur sebagai pilihan personal branding untuk blogku. Mom, mewakili tema keluarga. Bloggerpreneur dari kata Blogger dan Entrepreneur, yang artinya seorang blogger yang juga berwirausaha, Terjemah bebasnya menjadi seorang emak yang rempong dengan segala urusan rumah, tapi suka menulis dan cari duit, wkwk.

Eh, tunggu, agar tidak salah mengerti perlu aku tambahkan satu poin yang bagiku penting banget. Aku memang dari kecil suka jualan, tapi saat sudah berkeluarga, maka fokusku ke rumah. Karena aku juga sudah berjanji pada diriku sendiri, saat sudah bersuami, maka kehidupanku adalah pengabdian kepadanya, dalam rangka ketaatan pada Allah. Kok masih berbisnis? Nah, berarti aku berbisnis ini juga karena taat sama suami. Bukan karena kemauanku saja.

Tahu sendiri kan kehidupan politisi itu seperti apa. Up and down nya kenceng. Jadi kami memutuskan untuk berbisnis sebagai back up, berjaga dengan banyak kemungkinan. Harapannya sih, semua berjalan lancar dan selamat hingga ujung perjalanan. Karena mas bojo konsen di tugas kedewanan, maka akulah yang terjun ke dunia usaha secara langsung. Duh, demi apa coba aku jelasin kayak ginian. Haters will always be haters. Gak penting juga kali ya mikirin kata orang, hehe. 

Akhirnya


Seneng deh, akhirnya bisa mendefinisikan diri seperti itu. Meskipun iya, satu frasa itu tidak akan mampu mengcover keseluruhannya, tapi minimal ada identitas yang bisa dimunculkan. Bukan untuk apa-apa, minimal ketika tahu tentang diri sendiri, akan memudahkan ke depan untuk mengambil prioritas dan memutuskan banyak hal.

  
Kata Ali Bin Abi Thalib


Personal branding buatku lebih kepada cara untuk memahami diri sendiri. Menarik sih membicarakan lebih jauh tentang ini. Menurutmu gimana, Temans?

 


Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

14 komentar

  1. Keren mom bloggerpeuner, eh gtu bukan si nulisnya😅
    Aku masih bingung nih ka buat kasih gambaran diriku ini kyak gimana🙈

    BalasHapus
  2. Mom yang multitasking ya hehehe. Semangat terus mbak!

    BalasHapus
  3. Aku kalau ditanyak, mba Rita yg aku kenal adalah teman seperjuangan di Blogspedia, heheheh sekaligus pemilik tempat makan apa itu namanya yg dishare sama mba Marita lupa aku, terus yg punya Hasanah Tour :D

    Ayok mba, semangat branding kan semua :D

    BalasHapus
  4. Tokoh idolaku Nabi Muhammad, bu hehe

    BalasHapus
  5. Setuju. Branding memang harus kenal sama diri sendiri dulu. Waktu nulis tentang ini saya belum nemu seutuhnya branding saya. Belum klik aja. Kudu lebih lama lagi merenungnya.

    BalasHapus
  6. selalu salut dengan sosok ibu yang multitasking, to be a mom and then a blogger, it's cool

    BalasHapus
  7. Wah baru kepikiran dengan mom blogger preneur. Sound good. sukses selalu ya mom rita ..

    BalasHapus

Posting Komentar