Cerita Apa Saja Tentang Kita

BISNIS MINUMAN KEMASAN CUP PELUANG MENJANJIKAN


  
bisnis minuman kemasan cup
Sumber gambar : money.kompas.com

  
Bisnis minuman kemasan cup sedang tren lagi, setelah beberapa waktu sempat hype. Berbagai macam minuman dalam kemasan cup banyak dijumpai di pusat- pusat perbelanjaan,di pinggir-pinggir jalan, di area keramaian maupun di sudut-sudut kota.Kenapa minuman jenis ini banyak disukai, karena selain rasa yang beraneka ragam, juga segar dan secara harga sangat terjangkau. Dari sisi penjual pun bisnis minuman ini sederhana, tidak butuh resep khusus, praktis, dan margin keuntungannya lumayan.

Itu sebabnya sangat wajar kalau minuman dalam kemasan gelas plastik ini kian populer saat ini. Peluang usahanya juga sangat prospektif dengan berbagai keunggulannya. Kita simak yuk, apa saja keuntungan membuka bisnis minuman kemasan cup ini.

Bisnis Minuman Kemasan Cup Bisnis Prospektif dan Menguntungkan


Membuka usaha berjualan minuman ini cukup prospektif. Selain karena rasa kekinian yang banyak disukai generasi milenial, kemasannya yang praktis juga cocok sekali dengan budaya masa kini yang serba praktis dan mobile. Jadi kebutuhan akan makanan dan minuman yang bisa ditenteng kemana-mana menjadi relevan.

Kebutuhan akan mobilitas juga nyambung dengan maraknya penjualan secara online. Proses pengiriman minuman jarak jauh jelas membutuhkan kemasan yang aman dan anti tumpah. Berbeda dengan era sebelumnya yang identik dengan aneka ragam gelas, maka di era digital ini banyak diwarnai dengan aneka pilihan kemasan cup yang praktis.

Bisnis Minuman Kemasan Cup Peluang Usaha Untuk Semua Orang


Bicara usaha minuman kemasan ini jadi ingat cerita anakku yang masih kelas 6 SD. Karena ada program backpacker dari sekolah yang membutuhkan biaya besar, maka dari guru kelas mengajak anak-anak untuk berjualan agar bisa menambah uang saku. Dan kelompok anakku memilih berjualan minuman cup ini.

Ternyata seminggu mereka berjualan selalu terjual habis laris manis. Marginnya sangat lumayan, padahal modal tidak banyak. Hanya butuh bubuk minuman, air mineral untuk pelarut, es batu, serta kemasan cup lengkap dengan sedotannya.

Jadi kalau anak-anak SD saja bisa, tentu orang yang sudah lebih dewasa akan sangat memungkinkan untuk ikut berjualan minuman kemasan cup ini.

Kenapa semua orang cocok menjalani usaha minuman kemasan cup? Dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, berpendidikan tinggi atau tidak, pemilik modal besar atau kecil, semua bisa. 

Alasannya antara lain :

1. Bisnis ini modalnya kecil


Yang perlu disediakan hanyalah bubuk minuman kekinian, air mineral untuk pelarut, es batu, serta kemasan cup lengkap dengan sedotannya yang tentunya ini tidak butuh modal besar. Kalau satu kilo minuman dirasa terlalu mahal, bisa beli dalam kemasan kecil dulu.

Bisa juga memilih minuman serbuk sachet yang tidak kalah menariknya dengan harga sangat murah. Satu renteng minuman sachet isi 10 bungkus cukup dibeli dengan harga 10 sampai 11 ribu saja.

2. Mudah Cara Membuatnya


Cara membuat minuman hanya dengan melarutkan bubuk minuman dengan air hangat agar larut, lalu tambahkan air mineral. Setelah itu pindahkan ke cup yang sudah disiapkan terlebih dahulu dan sudah diisi es batu. Minuman segar dan lezat pun siap dinikmati.

3. Tidak Butuh Tempat Khusus


Untuk memulai bisnis minuman kemasan cup tidak perlu menyediakan tempat khusus. Bisa memanfaatkan teras rumah, atau dapur rumah. Dengan konsep jualan online tidak lagi perlu dirisaukan masalah tempat jualan ini. Cukup siapkan spanduk sebagai tanda disitu ada jualan minuman.

Jika ada modal lebih, bisa dikembangkan lebih luas dengan konsep franchise menggunakan booth-booth jualan dengan desain khusus. Prinsipnya, masalah tempat bisa disesuaikan dengan modal yang disediakan.

4. Marginnya Menarik


Modal sedikit, marginnya besar, siapa yang tidak mau. Minuman dengan modal satu sachet sekitar seribu rupiah, ditambah es batu dan cup sekitar seribu juga, bisa dijual seharga 5 ribu per cup nya. Asyik, kan. Wajar saja ada anekdot yang mengatakan kalau bisnis yang menarik itu jualan air, alias bisnis minuman. Karena harga pokok kecil, marginnya besar.

5. Bahan Mudah Didapatkan


Untuk mendapatkan bubuk minuman yang enak dan banyak variasinya bisa mencari grosir-grosir penjual minuman bubuk terdekat. Atau kalau mencari yang sachet bisa ke grosiran sembako terdekat biasanya banyak.

Tidak perlu menambahkan gula lagi, karena minuman serbuk biasanya sudah cukup manis.

6. Prospek Menguntungkan


Peluang bisnis minuman kemasan cup ini salah satu bisnis dengan prospek bagus. Karena modal lebih kecil dibanding mendirikan usaha minuman dengan konsep seperti tea bar, lapaki dalam food court, atau jenis minuman dengan konsep semacamnya..

Minuman kemasan cup juga biasanya punya target pasar tertentu seperti anak-anak, pelajar, dan bahkan orang dewasa juga suka dengan rasa legit guruh dan segarnya. Pembelinya sudah tertarget, bahan bakunya umumnya murah meriah, dan alat penunjangnya juga lebih hemat.

Bisnis ini juga berpeluang untuk dikembangkan dalam bentuk franchise dengan modal terjangkau sekitar 3 sampai 5 jutaan. Dengan harga franchise semurah ini tentu peluang untuk dibuka ke ratusan titik menjadi lebih mungkin.

Langkah Memulai Usaha Minuman Kemasan Cup


Ada dua pilihan dalam memulai bisnis minuman cup, yaitu :

1. Ambil Franchise dari Merek yang Sudah Ada


Keuntungan franchise :


  • Tidak perlu memikirkan resep dan konsep marketing


Karena biasanya franchisee sudah menyiapkan support marketing serta bahan dan takarannya. Kita tahu beres saja. Bahkan ada juga yang sudah menyiapkan pelatihan bagi pegawai yang akan menjadi penunggu lapak.

Poin ini juga membuat kita tidak berat mendongkrak merk sendiri.

  • Tidak buang waktu untuk coba-coba


Karena pemilik franchise biasanya akan membantu memberi penilaian tentang prospek dan lokasi yang kita ambil.

Kekurangan :


  • Modal di awal cukup besar


  • Kita tidak leluasa mengonsep sendiri bisnis kita


  • Membesarkan merek orang lain


2. Membuka Bisnis Minuman Kemasan Cup Sendiri


Kalau ingin memulai bisnis minuman kemasan cup sendiri, maka kita harus pastikan apa saja jenis minuman yang akan dijual, bagaimana komposisi bahannya,apa nama usaha atau mereknya, bagaimana rencana pemasarannya, serta menghitung perhitungan modal dan keuntungannya.

Jangan lupa juga untuk mengecek kontinuitas produksi dengan memastikan pemasok bahan baku yang aksesnya mudah dan murah.. Jangan sampai memilih usaha yang bahannya terlalu sulit didapatkan dan harganya tinggi.

Itulah beberapa hal yang terkait dengan bisnis minuman kemasan cup yang kembali menjadi tren di masa ini. Selamat mencoba.


Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

9 komentar

  1. Emang menjamur bisnis minuman kekinian ini,
    Di daerah saya malah tiap lapak berjarak dua meter jualan minuman kekinian ini, 😅

    BalasHapus
  2. Bener banget ini, bisnis minuman kemasan memang lagi booming dimana-mana dan laku keras pula. Terima kasih tips nya mba Rita

    BalasHapus
  3. Iya sekarang banyak banget jenis minuman. Hebat loh yang bikin boba itu bisa viral bahkan bantalnya aja viral banget

    BalasHapus
  4. Marginnya besar juga ya mbak Rita. Prospek banget kalau dijual di area sekolah, kampus, atau lingkungan anak kecil sampai remaja

    BalasHapus
  5. Prospek minuman instan Sekarang memang ckup menjajikan kak.. Asal tempat strategis juga

    BalasHapus
  6. Bener, jualan minuman gini banyak yang suka apalagi kalau dijajakan deket sekolahan, pasti pada doyannn

    BalasHapus
  7. Iya mbak, happening banget nih bisnis minuman.

    Cuma jujur, yg bikin masalah adalah cupnya itu. Kesadaran orang2 untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang, jadi sampah cup banyak bgt & bertebaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, setuju ini... bisnisnya menjanjikan tapi baiknya kalo ada pesan sponsor jg ya, misal didaur ulang atau buang pada tempatnya

      Hapus

Posting Komentar