Cerita Apa Saja Tentang Kita

3 Tips Saat Malas Menulis Datang


  
saat malas menulis datang


Saat malas melanda, tidak mudah untuk mengembalikan mood menulis. Itu kenapa banyak blog yang kemudian memfosil, alias mati suri, karena jarang di update tulisannya. Bukan hanya jarang, bisa-bisa beneran tidak pernah lagi di update. Duh, sayang banget ya.

Jujur memang nggak gampang menjaga semangat menulis. Apalagi kalau menulis blog masih dijadikan sambilan saja. Kebawa aktivitas yang lan, ya udah deh, lewat lagi.

Penyebab Malas Menulis


Tidak Punya Tujuan Yang Jelas


Saat awal mula ngeblog dulu kami para cupuers diingatkan oleh Coach tercinta, Mbak Marita, untuk memiliki tujuan. Karena pada akhirnya tujuan inilah yang akan menjaga semangat menulis.

Kalau tidak ada tujuan yang pasti dan jelas, akan mudah sekali rasa malas menghalangi kita untuk terus menulis.

Terlalu Banyak Aktivitas Lain


Ini nih, buatku yang paling sering jadi muncul malasnya. Karena aku tipe yang kudu sekali duduk jadi satu tulisan, maka untuk memutuskan mulai nulis juga butuh tekad kuat di antara banyak aktivitas lainnya.

Kebayang kudu merangkai kata, mencari keyword yang pas, menyiapkan infografis. Cukup bikin gamang memulai. Meskipun saat sudah dimulai akan keasyikan sendiri.

Tidak Ada Tantangan


Buatku, tantangan itu bikin muncul semangatnya. Kalau tidak ada tantangan tidak ada gairahnya, hehe. Maka, bergabung di kelas Blogspedia dan menjadi cupuers itu menurutku sangat menjaga keberlangsungan blogku. Karena di grup wa cupuers wajib perbulan setor 4 tulisan, atau akan dikeluarkan dari situ. Seru kan.

Tips Saat Malas Menulis Datang


Saat mager melanda, kalau aku biasanya melakukan ini :

Mencari Tantangan


Tantangan disini macem- macem bentuknya. Misalnya ikut lomba, atau challenge yang hadiahnya menarik. Aku juga ikut beberapa kelas blog, selain buat nambah ilmu, juga bagian dari tantangan itu sendiri. Karena biasanya setiap coach akan memberikan tugas di kelas masing-masing. Jadi mau nggak mau harus nulis kan.

Refreshing


Karena aku suka jajan dan jalan-jalan, aku juga suka merekomendasikan tempat makan atau tempat wisata yang aku kunjungi. Jadi, saat malas nulis aku cari tempat makan yang bagus, biasanya langsung pengen membagi pengalaman itu menjadi satu tulisan.

Ingat Lagi Tujuan Menulis


Ah, yang satu ini, beneran ya bisa menumbuhkan semangat nulis lagi. Selama tujuannya betul-betul dari hati, cara ini akan efektif untuk membangkitkan semangat menulis lagi.

Bisa jadi misalnya tujuan nulis untuk dapatkan cuan ya, boleh saja. Maka mengingat kalau nggak nulis bisa-bisa rekeningnya kosong bisa efektif untuk memacu semangat agar kembali nulis.

Selalu Kembali ke Titik Awal


Dalam bidang apapun, saat stuck alias nggak ada kemajuan, salah satu cara yang menurutku efektif adalah kembali ke titik awal. Maksudnya mengembalikan lagi ke niat awal semula kenapa mau melakukan sesuatu hal itu.

Misalnya saat mengikuti sebuah program diet. Eh, ehm, iya ini aku. Pastinya perjalanan mencapai body goals tidak akan mudah. Tantangannya berat banget, godaan juga tidak sedikit. Tapi kalau mengingat lagi kenapa aku perlu program ini, tekadnya akan membesar kembali. Karena aku mau tubuh yang lebih sehat, nggak gampang capek, enteng, wajah yang lebih segar, jadi aku akan lebih kuat menghadapi tantangannya.

Begitupun dalam hal menulis. Saat kembali memikirkan kenapa dulu aku ingin menjadi penulis blog, apa yang aku inginkan, apa yang aku tekadkan, , memori akan menelusuri kembali apa why terbesar dalam menulis. Sehingga efek berikutnya adalah muncul kembali semangat menulisnya.

Memang manusiawi ya saat malas nulis itu datang. Kuncinya kembali lagi pada diri sendiri. Karena sekuat apapun dorongan dari luar, kalau diri sendiri menyerah ya tetap tidak akan berefek. Nah, kalau kamu punya tips apa? Sharing yuk di kolom komen.
Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.

Related Posts

9 komentar

  1. Yuhuu.. kalau malas harus segera ingat kalau mau dikick dari grup ya Bu.. wkwk. Terus jadi semangat deh.

    BalasHapus
  2. Malas itu memang ada, tapi kalau pas lagi dapat satu aja semangat, kerjakan aja dah, kalau dibiarin makin ngelonjak malasnya (curhant)

    BalasHapus
  3. Setiap kali malas saya membuat sugesti 'awas loh kalau ga nulis, nanti kena tendangan marmar dan diasingkan sementara dari keluarga cupuer'. Seketika hati berteriak: laptol mana.. laptop... wkwkwkw.
    Alhamdulillah, ngebantu banget gabung dengan keluarga blogspesia buat ngajaga mood nulisnya

    BalasHapus
  4. Writer's block sering saya alami. Saya biasanya melakukan hobi lain selain nulis, seperti: olahraga, ngupi cantik di cafe bareng keluarga atau merawat tanaman hias... Setelah itu, biasanya minat nulis bisa semangat lagi. Oiya, tidur juga bisa jadi solusi lo

    BalasHapus
  5. huhu aku banget nih bun yang malas nulisnya lagi datang, baca ini jadi termotivasi lagi... sampe dua hari kemarin mau nulis kubpaksa tidur aja wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Sama nih sama saya yang harus sekali duduk kalau menulis. Apalagi kebanyakan nulis cerpen sekarang, suka hilang mood meskipun sudah ada sinopsia

    BalasHapus
  7. Aku Inget kewajiban dan impian aku Bun... Waah auto semangat nulis dah wkwk

    BalasHapus
  8. Hwakakaa aku juga pernah kena serangan malas tapi kemudian baca2 lagi tulisan lama ntar terpantik gitu buat nulis lagi. Aplagi klo suami dah mulai tanya2 hahahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar